Sistem Pengendalian Manajemen yaitu proses yang menjamin sumber-sumber yang diperoleh dan dipergunakan secara maksimal dalam mencapai sebuah tujuan organisasi sehingga organisasi dapat berkembang pesat.
Tujuan adanya sistem pengendalian diharapkan dapat membantu manajemen dalam memutuskan apa yang seharusnya dilakukan oleh organisasi, dan bagian dari sistem pengendalian adalah perbandingan penyelesaian aktual dengan perencanaan yang telah dibuat.
Setiap perusahaan memerlukan pengendalian manajemen, karena sistem tersebut didesain untuk mengatur aktivitas anggota organisasi melalui para pemimpin (manajer) organisasi agar sesuai dengan tujuan yang diinginkan perusahaan.
PT Matahari Department Store Tbk (Matahari) adalah perusahaan retail yang menyediakan pakaian, pernak-pernik, perlengkapan kecantikan, dan perlengkapan rumah untuk konsumen yang menghargai mode dan nilai tambah. Jaringan pemasok lokal dan internasional terpercaya, gabungan antara mode yang terjangkau, gerai dengan visual menarik, berkualitas dan modern, memberikan pengalaman berbelanja yang dinamis dan menyenangkan, menjadikan Matahari sebagai department store pilihan utama bagi kelas menengah Indonesia yang tengah tumbuh pesat.
Sebagai perusahaan retail terkemuka di Indonesia, PT Matahari Department Store Tbk memiliki sistem pengendalian manajemen yang canggih dan terintegrasi untuk mengelola operasi bisnisnya. Beberapa kondisi nyata yang mungkin ada dalam sistem pengendalian manajemen PT Matahari Department Store Tbk adalah sebagai berikut:
1) Pemantauan Penjualan dan Stok
PT Matahari Department Store Tbk menggunakan sistem komputerisasi yang canggih untuk memantau penjualan harian dan persediaan barang di setiap gerai. Hal ini memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi tren penjualan, mengelola stok dengan efisien, dan menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan.
2) Analisis Kinerja Gerai
Perusahaan ini melakukan pemantauan kinerja gerai secara teratur dengan menggunakan berbagai metrik kinerja seperti omset penjualan, margin laba, dan tingkat kepuasan pelanggan. Informasi ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja setiap gerai dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.