guru di sekolah tempat saya bertugas sedang disupervisi. Supervisi dilakukan untuk tetap menjaga kualitas pembelajaran. Supervisornya adalah kepala sekolah, para wakil kepala sekolah dan guru-guru senior. Kebetulan saya disupervisi oleh Bu Suziana, wakil kesiswaan.
Dalam 3 minggu terakhir ini paraSecara etimologi (asal usul) katanya supervisi berasal dari kata "super" dan "visi" yang berarti melihat, meninjau, menilik, menilai yang dilakukan atasan kepada bawahan. Pada proses pembelajaran supervisi dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior dengan tujuan untuk memberikan bantuan kepada guru agar bisa mengembangkan kemampuannya dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.
Pada supervisi kali ini kebetulan saya menyampaikan tema pembelajaran tentang teks ulasan untuk pertemuan yang terakhir. Ada pun tujuan pembelajarannya adalah setelah dijelaskan tentang struktur, ciri-ciri bagian dan kaidah kebahasaan teks ulasan peserta didik diharapkan dapat: 1.1. menguraikan struktur teks ulasan dengan tepat. 1.2. menguraikan ciri-ciri kebahasaan teks ulasan dengan tepat.1.3. merencanakan penulisan teks ulasan dengan tepat. 1.4. menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahsaan teks ulasan dengan tepat.
Tahapan kegiatannya terdiri dari kegiatan awal, inti, dan penutup. Kegiatan awal meliputi: mengucapkan salam, bertegur sapa, berdoa, dan presensi. Menyampaikan tujuan pembelajaran. Â Menyampaikan manfaat pembelajaran. Melakukan apersepsi dengan menghubungkan pengetahuan, pengalaman lama, dan pengetahuan, pengalaman baru. Kegiatan ini bertujuan agar memudahkan peserta didik memahami tema pembelajaran yang akan dipelajari.
Kegiatan inti terdiri dari dua bagian yaitu pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Kegiatan pada pertemuan pertama meliputi peserta didik mencermati contoh teks ulasan yang diberikan guru. Menentukan struktur teks ulasan. Menentukan kaidah kebahasaan. Diskusi interaktif dengan guru. Refleksi.
Kegiatan pada pertemuan kedua terdiri dari peserta didik mengamati langkah-langkah menyusun teks ulasan. Mendiskusikan hal-hal yang kurang dipahami. Membaca sebuah buku fiksi. Menulis identitas, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi. Melaporkan hasil kerja. Peserta didik dan guru membahas hasil kerja.
Kegiatan penutup antara lain adalah peserta didik dan guru membuat kesimpulan mengenai tema yang baru saja dipelajari. Guru melakukan refleksi untuk menilai apakah pembelajaran hari ini sudah mencapai tujuan. Guru menyampaikan informasi tema pembelajaran selanjutnya. Guru menutup pembelajaran dengan memberikan penguatan dan motivasi. Siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran dengan tema di atas.
Komponen dan perilaku apa sajakah yang sebaiknya dipersiapkan guru ketika akan disupervisi? 1. menyambut/ mengucapkan salam, dan melakukan presensi, 2. berdoa sebelum pembelajaran. 3. menyampaikan tujuan pembelajaran. 4. menyebutkan laman/ moda yang digunakan. 5. menuliskan alokasi waktu. 6. menyampaikan materi/ tema pembelajaran. 7. mengembangkan live skill. 8. menyampaikan manfaat belajar tema tersebut. 9. menyampaikan pembahasan. 10. pembahasan tema disampaikan secara sistematis. 11. mengembangkan kompetensi peserta didik. 12. menumbuhkan sikap positif. 13. menyampaikan durasi waktu. 14. mempersilakan peserta didik bertanya. 15. memberikan umpan balik. 16. menyampaikan lembar aktivitas peserta didik. 17. mengumpulkan lembar aktivitas. 18. menyiapkan lembar penilaian sikap. 19. menyampaikan tes lisan dan atau tulisan. 20. melakukan penilaian keterampilan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H