asesmen. Hadir sebagai pembicara Ibu Yati (Kepala Sekolah SMP Labschool Kebayoran Lama, Jakarta).
Rabu siang, guru-guru SMPN 164 Jakarta Selatan berkolaborasi dengan guru-guru dari SMPN 53, SMPS Al Fajar, dan SMP Tarakanita III Jakarta belajarBeliau menjelaskan bahwa asesmen diagnostik adalah asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan, peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik.
Peserta pelatihan bertanya, "Apa fungsi asesmen diagnostik bagi peserta didik dan guru. Bu?" Beliau menjawab,”Bagi peserta didik asesmen diagnostik berfungsi untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan bagi guru asesmen diagnostik berfungsi untuk membantu engembangkan rancangan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.”
Bu Murni bertanya, ”Apa manfaat asesmem diagnostik bagi murid dan guru Bu?” ”Manfaat asesmen diagnostik bagi peserta didik adalah untuk mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dan kondisinya. Karena mendapatkan pembelajaran yang sesusi maka peserta didik lebih aktif selama KBM berlangsung. Dengan aktif mengikuti proses pembelajaran maka pencapaian hasil peserta didik bisa meningkat. Bagi guru, asesmen diagnostik memudahkan membuat rancangan pembelajaran yang mengakomodir kompetensi dan kondisi peserta didiknya. Guru mendapatkan umpan balik dari peserta didik di setiap pembelajaran.” Demikian Bu Yati menjelaskan.
Sekitar tiga minggu berikutnya, tepatnya Jumat, 13 Januari 2023 kami membedah materi dari beliau pada saat MGMP di ruang guru. Seru sekali suasananya. Secara jujur kami mengakui bahwa para guru jarang melakukan asesmen diagnostik. Bahkan untuk beberapa guru muda belum pernah melakukan asesmen diagnostik baik di sekolah yang lama maupun ketika bergabung di SMPN 164.
Dari hasil diskusi MGMP tersebut kami menjadi semakin paham bahwa dalam pelaksanaannya asesmen diagnostik dibagi menjadi dua, yaitu asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif. Asesmen diagnostik kognitif adalah asesmen yang dilakukan pada awal dan akhir pembelajaran untuk memantau seberapa jauh peserta didik bisa memahami tema pembelajaran.
Asesmen diagnostik kognitif sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung sehingga bisa juga disebut asesmen formatif. Asesmen diagnostik kognitif juga bisa dilakukan di pertengahan atau akhir semester dalam bentuk ujian atau disebut juga asesmen sumatif.
Asesmen diagnostik kognitif bertujuan mengidentifikasi pencapaian kompetensi peserta didik. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi rata-rata peserta didik. Membentuk kelas remidial yang mampu mengakomodir peserta didik dengan kemampuan di bawah rata-rata.
Tahapan asesmen diagnostik kognitif meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Kegiatan pada tahap persiapan yaitu membuat jadwal pelaksanaan asesmen, mengidentifikasi tema-tema pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar dan menyusun pertanyaan sederhana.