Mohon tunggu...
Wicaksono cahyo nugroho
Wicaksono cahyo nugroho Mohon Tunggu... Guru - jabatan guru matematika

"Saya adalah seseorang yang antusias dan penuh semangat dalam menjalani kehidupan. Saya menemukan kegembiraan dalam dua bidang yang berbeda namun sangat mencerminkan sisi berbeda dari kepribadian saya. Pertama, sebagai seorang pencinta matematika, saya merasa seperti seorang penjelajah yang terus mengeksplorasi dunia angka dan pola. Melalui matematika, saya menemukan keindahan dalam struktur dan logika yang mendasarinya. Saya senang dengan tantangan yang matematika tawarkan, dan selalu siap mengasah kemampuan berpikir kritis dan analitis saya. Selain itu, di luar dunia angka, saya juga seorang pecinta olahraga, terutama badminton. Memegang raket dan berada di lapangan membuat saya merasa hidup dan bugar. Olahraga ini mengajarkan saya tentang kerja keras, dedikasi, dan disiplin. Saat bermain badminton, saya menemukan semangat kompetitif dan kepuasan dalam mencapai hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Menggabungkan kedua hobi ini memberi saya keseimbangan yang penting dalam hidup. Di satu sisi, saya menikmati melibatkan otak saya dalam matematika yang penuh dengan teka-teki dan penyelesaian masalah. Di sisi lain, saya menemukan cara untuk melepaskan energi dan menjaga kesehatan melalui badminton yang mengasyikkan. Meskipun dua bidang ini berbeda, keduanya melengkapi satu sama lain dan membantu saya menjadi pribadi yang lebih baik dan beragam."

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Guru Matematika dan Murid: Menemukan Harmoni di Kelas

30 Juni 2024   07:32 Diperbarui: 30 Juni 2024   07:33 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Guru Matematika dan Murid Nakal: Menemukan Harmoni di Kelas

**Pendahuluan**

Mengajar adalah sebuah seni yang melibatkan pengetahuan, kesabaran, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai karakter siswa. Dalam dunia pendidikan, seorang guru matematika sering dihadapkan pada berbagai tantangan, salah satunya adalah menghadapi murid yang dianggap nakal. Artikel ini akan mengupas bagaimana seorang guru matematika bisa membangun hubungan yang positif dengan murid yang memiliki perilaku menantang.

**Karakteristik Murid Nakal**

Murid yang sering dianggap nakal biasanya menunjukkan perilaku seperti berbicara di luar giliran, mengganggu teman sekelas, tidak mengerjakan tugas, atau bahkan menentang guru. Perilaku ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah di rumah, kurangnya minat pada mata pelajaran, atau bahkan kebutuhan untuk mendapatkan perhatian.

**Strategi Menghadapi Murid Nakal**

1. Memahami Latar Belakang Siswa
   Sebagai langkah pertama, penting bagi guru untuk memahami alasan di balik perilaku murid. Apakah ada masalah di rumah? Apakah mereka merasa tertinggal dalam pelajaran? Dengan memahami latar belakang siswa, guru dapat lebih efektif merancang pendekatan yang tepat.

2. Membangun Hubungan yang Positif
   Membina hubungan yang baik dengan siswa adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Seorang guru bisa mencoba untuk lebih mengenal siswa, mendengarkan keluhan mereka, dan menunjukkan bahwa mereka peduli. Misalnya, berbicara dengan siswa secara pribadi untuk mengetahui minat dan hobi mereka bisa membantu membangun kepercayaan.

3. Menggunakan Metode Pengajaran yang Menarik
   Mata pelajaran matematika sering dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian siswa. Untuk mengatasi hal ini, guru bisa menggunakan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Misalnya, menggunakan permainan atau aplikasi yang melibatkan konsep matematika, atau memberikan contoh nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

4. Memberikan Pujian dan Penghargaan
   Pujian bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk mendorong perilaku positif. Ketika siswa menunjukkan perbaikan, sekecil apa pun, berikan pujian. Ini tidak hanya meningkatkan motivasi mereka tetapi juga membuat mereka merasa dihargai.

5. Menetapkan Aturan yang Jelas
   Penting bagi guru untuk menetapkan aturan yang jelas dan konsisten di kelas. Siswa harus tahu apa yang diharapkan dari mereka dan konsekuensi jika mereka melanggar aturan. Namun, penting juga untuk menerapkan aturan ini dengan cara yang adil dan tidak otoriter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun