Ada beberapa tipe pengguna dalam menggunakan mesin pencari atau Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Tipe tersebut berkaitan dengan tujuan dari dari pengguna itu sendiri.
1. Navigational
Penguna tipe ini menggunakan Search Engine hanya sebagai navigasi saja. Mungkin Anda dan saya juga sering menjadi tipe ini. Misalnya Anda atau saya mau ke website kompas, tapi tidak atau lupa alamat websitenya. Maka Anda / saya akan menggunakan Google. Terus Anda / saya ketik “kompas” di Google, cari, dan Google menampilkan alamat website kompas; Mesin Pencari hanya digunakan sebagai navigasi.
2. Informational
Pengguna tipe ini menggunakan Search Engine untuk mencari informasi. Mungkin Anda dan saya juga sering termasuk dalam tipe ini. Jika saya akan mencari informasi mengenai cara membuat blog di Kompasiana maka saya akan mengetik “membuat blog di kompasiana”. Atau, misnya saya akan mencari informasi tentang kadar gula normal, kata kunci yang akan saya gunakan adalah “kadar gula normal”. Search Engine digunakan untuk mencari informasi.
[caption caption="Caption Sendiri"][/caption]
3. Commercial Investigational
Pengguna tipe ini biasanya menggunakan Search Engine untuk mencari informasi karena memang ingin membeli barang yang diinginkan. Misalnya Karlos ingin membeli hape merek “Somy Imperial 4G”, maka dia akan mencari di Google dengan mengetik “Review Somy Imperia 4G”. Cerita, Karlos ada niat besar untuk membeli hape tersebut.
4. Transactional
Sedangkan mereka yang termasuk tipe ke empat adalah merela yang sudah pasti akan beli barang yang diinginkan. Dia biasanya akan cari di Google, “beli baju koko lengan pendek”.
Informasi dasar seperti ini biasanya digunakan oleh kawan – kawan yang bergelut di bidang Digital Marketing. Dengan dasar ini, mereka akan menentukan tipe mana yang digunakan dalam riset kata kunci sehingga mencapai goal yang dicanangkan.