Berbicara terkait analisis sosial dakwah, tidak terlepas dari tujuan dari analisis itu sendiri. Adapun tujuan dari analisis sosial dakwah adalah untuk mengukur dari pada efektivitas dari dakwah itu sendiri. Apakah memang efektif dengan kondisi  sosial masyarakat hari ini.  Juga kemudian untuk mengidentifikasi konteks kebutuhan masyarakat. Sehingga pendakwah sudah memastikan konten  yang di bawa sudah sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat itu sendiri. Kemudian halnya juga untuk mengembangkan strategi dakwah yang efektif, dengan keadaan sosio kultur masyarakat yang berbeda beda analisis dakwah memastikan strategi yang paling efektif untuk menghadapi masyarakat yang berbeda beda. Terakhir untuk mengukur dampak dari sosial dakwah itu sendiri. Jangan sampai dakwah itu tidak berdampak apapun terhadap sosial, atau bahkan malah berdampak buruk bagi masyarakat dan sosial itu sendiri.
 Objek daripada analisis sosial dakwah
1. Masyarakat
2. Aktivis Dakwah
3. Pesan Dakwah
Peranan dakwah dalam menghadapi isu sosial. Dakwah harus mampu menghadapi isu isu sosial hari ini. Jangan sampai dakwah melenceng dari apa yang memang trending dari permasalahan sosial. Dakwah jangan sampai enjoy dan tenang hanya menyampaikan ajaran ajaran agama semata. Akan tetapi dia lua menyampaikan nilai-nilai universal, yang mampu menembus tembok dan sekat-sekat agama dan komoditas.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI