Refleksi diri pada kelas 10 yaitu pembelajaran presentasi daur biogeokimia secara berkelompok. Pada aksi nyata ini saya mengambil Praktek model Refleksi awal- tengah dan akhir pembelajaran.Â
Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan bagaimana saya melaksanakan aksi nyata dengan topikRefleksi adalah proses memeriksa diri dan mengevaluasi diri yang dilakukan secara berkelanjutan oleh pendidik yang efektif, dengan tujuan meningkatkan profesionalitas dalam praktek mengajar.
Pada aksi nyata ini saya laksanakan di kelas 10 MIPA 8 yang berjumlah 35 siswa, saya bagi menjadi 5 kelompok, sehingga ada 5 lembar Refleksi untuk 1 kelas, karena 1 lembar Refleksi mewakili peserta didik satu kelompok.
Terdapat 5 orang rekan Guru yang akan memberikan umpan balik pada pelaksaanan pembelajaran Daur Biogeokimia dengan model praktek Refleksi awal-tengah dan akhir pembelajaran. Kelima rekan Guru adalah
- Dry Anggi , Guru PJOK
- Siska Amelia, Guru Sejarah
- Ruslan, Guru Bahasa Indonesia
- Annisa Rahmanda, Guru Bahasa Jerman
- Haryadi Fadillah, Guru PKWU
Deskripsi
Umpan Balik di Awal Pembelajaran
Sebelum pembelajaran dimulai saya memberikan dokumen berupa RPP, LKPD dan assessment yang aan digunakan pada saat mengajar kepada kelima rekan Guru saya. Komentar dari kelima rekan Guru terhadap awal pembelajaran bahwa administrasi pembelajaran sudah lengkap dan Guru serta semua peserta didik sangat siap dalam melakukan kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).
Dan umpan balik peserta didik juga terlihat dari kesiapan dan antusias peserta didik di awal pembelajaran. Mereka sudah mempersiapkan dengan sangat baik miniature Daur Biogeokimia yang siap dipresentasikan di depan kelas.
Umpan balik yang saya dapatkan tidak mempengaruhi rancangan pembelajaran yang sudah saya buat, karena menurut rekan Guru saya Rancangan pembelajaran yang saya buat sudah lengkap dan baik.
Umpan balik di Tengah Pembelajaran
Pada pertengahan pembelajaran,saya mendapatkan umpan balik dari rekan Guru yaitu hampir semua peserta didik dalam kelas sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran presentasi daur biogekimia.