Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Pelatihan Mandiri PMM Topik Refleksi Diri Model Awal-Tengah-Akhir Pembelajaran Biologi

18 Juni 2023   09:40 Diperbarui: 18 Juni 2023   09:45 11232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama peserta didik (doc.pribadi)

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan bagaimana saya melaksanakan aksi nyata dengan topik Refleksi diri pada kelas 10 yaitu pembelajaran presentasi daur biogeokimia secara berkelompok. Pada aksi nyata ini saya mengambil Praktek model Refleksi awal- tengah dan akhir pembelajaran. 

Refleksi adalah proses memeriksa diri dan mengevaluasi diri yang dilakukan secara berkelanjutan oleh pendidik yang efektif, dengan tujuan meningkatkan profesionalitas dalam praktek mengajar.

Pada aksi nyata ini saya laksanakan di kelas 10 MIPA 8 yang berjumlah 35 siswa, saya bagi menjadi 5 kelompok, sehingga ada 5 lembar Refleksi untuk 1 kelas, karena 1 lembar Refleksi mewakili peserta didik satu kelompok.

Terdapat 5 orang rekan Guru yang akan memberikan umpan balik pada pelaksaanan pembelajaran Daur Biogeokimia dengan model praktek Refleksi awal-tengah dan akhir pembelajaran. Kelima rekan Guru adalah

  1. Dry Anggi , Guru PJOK
  2. Siska Amelia, Guru Sejarah
  3. Ruslan, Guru Bahasa Indonesia
  4. Annisa Rahmanda, Guru Bahasa Jerman
  5. Haryadi Fadillah, Guru PKWU

Deskripsi

Umpan Balik di Awal Pembelajaran

Sebelum pembelajaran dimulai saya memberikan dokumen berupa RPP, LKPD dan assessment yang aan digunakan pada saat mengajar kepada kelima rekan Guru saya. Komentar dari kelima rekan Guru terhadap awal pembelajaran bahwa administrasi pembelajaran sudah lengkap dan Guru serta semua peserta didik sangat siap dalam melakukan kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

Dan umpan balik peserta didik juga terlihat dari kesiapan dan antusias peserta didik di awal pembelajaran. Mereka sudah mempersiapkan dengan sangat baik miniature Daur Biogeokimia yang siap dipresentasikan di depan kelas.

Umpan balik yang saya dapatkan tidak mempengaruhi rancangan pembelajaran yang sudah saya buat, karena menurut rekan Guru saya Rancangan pembelajaran yang saya buat sudah lengkap dan baik.

Umpan balik di Tengah Pembelajaran

Pada pertengahan pembelajaran,saya mendapatkan umpan balik dari rekan Guru yaitu hampir semua peserta didik dalam kelas sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran presentasi daur biogekimia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun