Tujuan Pembelajaran Khusus:
1. CGP dapat merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilalui.
2. CGP dapat mengambil pembelajaran dari proses kolaborasi dan hasil pekerjaannya sendiri.
Peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi dalam diskusi?
Peristiwa yang terjadi pada saat diskusi adalah CGP saling memberikan komentar terhadap pemetaan kekuatan untuk pencapaian visi, dan sebagian besar lebih menguatkan lagi, sehingga membuat CGP makin percaya diri dengan kekuatan yang dimiliki dan semangat untuk mewujudkan visinya. Pemberian kekuatan dan masukan membangun dari rekan CGP lain membuat saya semakin bersemangat untuk mewujudkan visi sebagai Guru Penggerak. Dalam diskusi Fasilitator juga memberikan umpan balik yang positif terhadap semua pemetaan kekuatan para CGP.
Perasaan apa yang muncul saat proses pembelajaran?
Perasaan bahagia, semangat, antusias karena mendapatkan banyak sekali ide dan inspirasi dari pemetaan kekuatan rekan CGP yang lain, membuat saya semakin mantap dan semangat untuk mewujudkan visi sebagai Guru Penggerak. Banyak sekali kelebihan rekan CGP yang membuat saya ingin mencontoh dan menerapkan dalam pembelajaran saya di sekolah. Bahagia karena terus mendapatkan ilmu baru, ide baru dan inspirasi baru untuk mewujudkan visi sebagai Guru Penggerak
Pembelajaran apa saja yang diperoleh melalui peta kekuatan?
Setelah menyusun pemetaan kekuatan untuk pencapaian visi, pembelajaran yang saya dapat adalah bahwa kekuatan adalah hal positif yang wajib kita gali, sehingga kita tahu sampai di mana kekuatan kita untuk bisa menyusun strategi untuk mencapai visi kita. Bukan hal negatif yang kita gali karena dapat membuat kita tidak bersemangat bahkan putus asa. Jadi pemetaan kekuatan hal positif itu wajib kita lakukan dan sangat penting untuk mewujudkan visi kita sebagai Guru Penggerak.
Jika saya ingin membuat perubahan dengan konsep inkuiri apresiatif