Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Laporan IKI TRK Jabar: Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Metode TTB Bab Metabolisme Kelas 12

3 September 2022   22:36 Diperbarui: 3 September 2022   22:39 1941
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran Metode TTB 

A. Deskripsi Permasalahan yang dihadapi

Masalah yang dihadapi adalah kurangnya minat literasi dari peserta didik, diantarnya literasi digital, yaitu melihat video pembelajaran. Kemudian kurangnya minat menulis informasi, jadi hanya  di dengarkan saja tanpa di tulis. Dan untuk meningkatkan kemampuan dalam membagikan informasi atau sharring dengan teman. Jika untuk presentasi di depan kelas, ada peserta didik yang belum sanggup maka ini dilatih untuk bisa sharring dengan teman sebangku, sehingga berlatih untuk bisa menuampaikan sesuatu dengan tepat.  

B. Akar Permasalahan

Permasalahan ini terjadi karena efek dari musim pandemi, dimana peserta didik harus belajar di rumah, dan tentunya peserta didik kurang mendapat pengalaman pembelajaran seperti berdiskusi, presentasi, bersosialisasi dengan Guru dan teman.  

C. Alternatif Solusi

Berdasarkan masalah yang dihadapi maka saya sebagai Guru membuat metode pembelajaran yang dapat mengatasi masalah yaitu metode pembelajaran TTB (Tonton Tulis dan Bagikan)  

Tahapan Metode TTB adalah

  1. Tahap pertama : Tonton video pembelajaran materi Metabolisme. Peserta didik yang duduk di bangku sebelah kanan mempelajari tentang anabolisme, sedangkan    bangku sebelah kiri mempelajari katabolisme
  2. Tahap kedua : Tulis semua informasi yang didapat dari melihat video pembelajaran sesuai dengan bagiannya.
  3. Tahap Ketiga : Bagikan informasi kepada teman sebangku, sehingga semua menjadi mengerti tentang metabolisme yaitu anabolisme dan katabolisme 

Tahap pertama Tonton video pembelajaran
Tahap pertama Tonton video pembelajaran
Tahap kedua Tulis informasi yang didapatkan dari video pembelajaran
Tahap kedua Tulis informasi yang didapatkan dari video pembelajaran
Tahap ketiga Bagikan informasi ke teman sebangku
Tahap ketiga Bagikan informasi ke teman sebangku
D. Hasil Pemecahan Masalah

Setelah metode pembelajaran TTB di terapkan di kelas 12 IPA / IPS LM ternyata membuat peserta didik menjadi aktif, semua melaksanakan tahapan TTB dengan hati bahagia, dan materi Metabolisme lebih mudah untuk dihafalkan dengan metode pembelajaran TTB.  Hasil belajar peserta didik juga meningkat dilihat dari nilai kuis yang 90% mendapatkan nilai sempurna 100. 

 E. Pemecahan Masalah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun