Pada pertemuan kali ini Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok, dan masing-masing kelompok diminta untuk membuat pertanyaan dan menjawabnya sesuai dengan gambar yang ada di LKPD.Â
Berikut adalah LKPD Fotoperiodisme dan Embriogenesis (Unduh Disini)
Berikut adalah video materi yang wajib di lihat supaya dapat mengerjakan LKPD Fotoperiodisme dan Embriogenesis
Setelah melihat video pembelajaran, tiap kelompok diminta untuk berdiskusi dan membuat satu pertanyaan dan jawabannya pada tiap bagian foto untuk kelompoknya. Dan silahkan untuk berdiskusi serta menjawab LKPD pada kertas presentasi yang sudah disiapkan, dan dihias seindah mungkin.Â
Berikut adalah contoh kertas presentasi yang dibuat oleh tiap kelompokÂ
Untuk presentasi tiap kelompok, peserta didik diminta untuk presentasi di luar kelas. Ini merupakan permintaan dari peserta didik, supaya tdak bosen di ruang kelas.Â
- Presentasi dalam bentuk stand to stand, berikut ini cara melaksanakan presentasi Visit Stand to Stand
- Kertas presentasi ditempel di tempat yang diinginkan
- 2 perwakilan kelompok menjaga kertas presentasi (menjaga stand)
- Tugas dari kedua anak yang menjaga stand adalah menjawab semua pertanyaan dari pengunjung.
- Sisa anggota kelompok lainnya berbagi tugas untuk mengunjungi stand- stand kelompok lain.Â
- Pengunjung berhak mengajukan pertanyaan kepada teman yang menjaga stand
- Pengunjung berkewajiban memberikan komentar baik positif maupun negatif terhadap kertas presentasi yang dikunjungi dan berkewajiban memberikan nilai sesuai dengan penilaain dan penggalian data atau informasi. Kisaran nilai antara 80 - 100
- Setelah semua kelompok berkunjung dan memberi nilai, maka nilai di jumlahkan di bagi menjadi 6, maka dihasilkan nilai kelompokÂ
- Presentasi tiap kelompok berupa laporan hasil kunjungan kepada kelompok lain, memberikan komentar, kritik dan saran untuk kelompok lainnya.Â
- Refleksi oleh perwakilan peserta didik terhadap metode presentasi visit stand to stand dan di luar ruangan.
Berikut adalah video dokumentasi pembelajaran fotoperiodisme dan embriogenesis dengan metode presentasi visit stand to standÂ
Di Luar KelasÂ
Presentasi di Dalam Kelas
Refleksi pada tiap kelas, bahwa hampir semua peserta didik merasa bahagia, karena ada variasi dalam presentasi kelompok, mempunyai pengalaman yang berbeda dan seru, kelemahannya tidak semua stand bisa dikunjungi oleh setiap peserta didik.