Pada tulisan sebelumnya saya membicarakan bagaimana cara menganalisa Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) (Klik Disini), maka sekarang saatnya kita membuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran. - Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut. - Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Berdasarkan keterangan diatas, maka hal yang wajib ada di ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) adalah Tujuan Pembelajaran dan urutannya (Kode) dan juga jumlah jam pelajaran (JP).Â
Kolom pada ATP saya buat menjadi nomor Bab (Materi/konten) kemudian Capaian Pembelajaran (CP) kemudian kolom kode yang terdiri dari 3 angka misal 10.1.3 artinya 10 menunjukkan kelas, 1 menunjukkan bab atau materi yang pertama, sedangkan angka 3 menunjukan urutan tujuan pembelajaran pada bab tersebut.Â
Untuk lebih jelasnya boleh dilihat video pembuatan ATP (Alur ujuan Pembelajaran)
Bila ingin mengunduh hasil ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) (Unduh Disini)
Untuk selanjutnya kita akan membuat MA (Modul Ajar). Demikian tadi pemaparan saya tentang pembuatan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), mudah-mudahan dapat menginspirasi... Salam sehat selalu...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H