Pada tahun ajaran baru ini diharapkan sekolah melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka, maka hampir semua sekolah mengadakan IHT (In House Training) untuk membahas Implementasi Kurikulum Merdeka.Â
Ada perubahan kata dari kurtilas ke kurikulum merdeka. Pada Kurikulum Merdeka, tidak ada penetapan KI-KD yang ada adalah keseragaman CP (Capaian Pembelajaran). Berikut adalah CP semua mata pelajaran dan semua fase (Unduh Disini)
Setelah kita membaca CP (Capaian Pembelajaran) maka kita lakukan analisis CP untuk bisa menjadi TP (Tujuan Pembelajaran). Pelajaran Biologi pada Fase E setara dengan kelas 10 mendapatkan 72 jam pelajaran (JP) dalam satu tahun dan 36 JP untuk proyek kolabirasi dalam satu tahun. Jadi dalam satu semester mendapat 72 dibagi 2 yaitu 36 jam pelajaran (JP).
Sesuai dengan CP terdapat 5 materi atau Bab atau Konten yang harus dipelajari di Fase E yaitu
- Keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya
- Virus dan peranannya,Â
- Inovasi teknologi biologi,Â
- Komponen ekosistem dan interaksi antar komponen
- Perubahan lingkungan.
Kelima materi tersebut dibagi menjadi 2, untuk semster pertama dipelajari keanekaragaman dan virus. Sedangkan untuk semster kedua adalah inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, dan perubahan lingkungan.
Untuk semester pertama, 36 jam pelajaran dibagi 2 materi, jadi masing-masing mendapat 18 JP (1 minggu = 2 JP) maka terdapat 9 kali pertemuan. Jadi materi keanekaragaman hayati mendapatkan 9 kali pertemuan dan virus mendapatkan 9 kali pertemuan.Â
Tahap awal kita analisis CP menjadi Lingkup materi (Konten) dan Unit pembelajaran.Â
Semester 1
Konten : Keanekaragaman Hayati
Unit Pembelajaran :
- Tipe Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas)
- Tipe Ekosistem (Air dan Darat)
- Penyebaran Flora dan Fauna Indonesia
- Ancaman dan Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati
- Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
- Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan
- Tata Nama Bionomial Nomenklatur
- Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
- Pembuatan Kladogram