Pada hari selasa, 5 April 2022 diadakan pendampingan Guru Penggerak oleh Pengajar Praktik yang hebat Bu Dini Siti Anggareni di SMAN 1 Cililin, mendampingi CGP SMAN 1 Cililin yaitu Siska Amelia dan Wety Dwi Yuningsih.
Kegiatan pendampingi diawali dengan diskusi dengan bapak Kepala Sekolah Bapak Utis Sutisna, M.Pd, tentang refleksi dan dukungan kepala sekolah terhadap CGP dan program Guru Penggerak.
Selanjutnya praktik mengajar penerapan budaya positif, pembelajaran diferensiasi dan sosial emosional. Kebetulan saya laksanakan di kelas 11 IPS 3.
Praktik Mengajar di Kelas 11 IPS 3
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Sistem Panca Indra Manusia. Karena saya mengajar di IPS dan supaya materi ini tidak membuat bosan murid-murid, maka saya rancang kelas di bagi menjadi 5 kelompok, yaitu
   Kelompok 1 : Panca Indra Kulit
Kelompok 2 : Panca Indra Hidung
Kelompok 3 : Panca Indra Lidah
Kelompok 4 : Panca Indra Telinga
Kelompok 5 : Panca Indra Mata
Selain itu karena saya akan melaksanakan pembelajaran diferensiasi maka pada minggu sebelumnya saya sudah membuat pemetaan kebutuhan siswa berdasarkan pada minat siswa, kesiapan materi yang dipilih dan profil belajar siswa. Saya memberikan kebebasan untuk tiap kelompok menampilkan presentasi panca indra sesuai dengan minatnya. Tabel Pemetaan Siswa terlampir di RPP.
Sebelum menyimak pemaparan praktik mengajar saya, bila ingin melihat RPP Pembelajarann Diferensiasi, Sosial Emosional dan Penerapan Budaya Positif Materi Panca Indra kelas 11 IPA IPS LM unduh disini)
1. Praktik Budaya positif
Tahap awal saya ajak murid- murid untuk membuat kesepakatan kelas tentang aturan dalam presentasi di kelas (budaya positif).