Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Praktik Pembelajaran Diferensiasi, Sosial Emosional dan Penerapan Budaya Positif di Kelas

8 April 2022   10:32 Diperbarui: 8 April 2022   10:48 1291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran diferensiasi berkelompok (Dokpri)

Pada hari selasa, 5 April 2022 diadakan pendampingan Guru Penggerak oleh Pengajar Praktik yang hebat Bu Dini Siti Anggareni di SMAN 1 Cililin, mendampingi CGP SMAN 1 Cililin yaitu Siska Amelia dan Wety Dwi Yuningsih.
Kegiatan pendampingi diawali dengan diskusi dengan bapak Kepala Sekolah Bapak Utis Sutisna, M.Pd, tentang refleksi dan dukungan kepala sekolah terhadap CGP dan program Guru Penggerak.
Selanjutnya praktik mengajar penerapan budaya positif, pembelajaran diferensiasi dan sosial emosional. Kebetulan saya laksanakan di kelas 11 IPS 3.

Praktik Mengajar di Kelas 11 IPS 3

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Sistem Panca Indra Manusia. Karena saya mengajar di IPS dan supaya materi ini tidak membuat bosan murid-murid, maka saya rancang kelas di bagi menjadi 5 kelompok, yaitu
      Kelompok 1 : Panca Indra Kulit

Kelompok 2 : Panca Indra Hidung

Kelompok 3 : Panca Indra Lidah

Kelompok 4 : Panca Indra Telinga

Kelompok 5 : Panca Indra Mata

Kelompok 1 Kulit , produk lagu (Dokpri)
Kelompok 1 Kulit , produk lagu (Dokpri)
Kelompok Hidung, produk presentasi dan lagu (Dokpri)
Kelompok Hidung, produk presentasi dan lagu (Dokpri)
Kelompok Mata, produk presentasi ilmiah (Dokpri)
Kelompok Mata, produk presentasi ilmiah (Dokpri)

Selain itu karena saya akan melaksanakan pembelajaran diferensiasi maka pada minggu sebelumnya saya sudah membuat pemetaan kebutuhan siswa berdasarkan pada minat siswa, kesiapan materi yang dipilih dan profil belajar siswa. Saya memberikan kebebasan untuk tiap kelompok menampilkan presentasi panca indra sesuai dengan minatnya. Tabel Pemetaan Siswa terlampir di RPP.
Sebelum menyimak pemaparan praktik mengajar saya, bila ingin melihat RPP Pembelajarann Diferensiasi, Sosial Emosional dan Penerapan Budaya Positif Materi Panca Indra kelas 11 IPA IPS LM unduh disini)

1. Praktik Budaya positif
Tahap awal saya ajak murid- murid untuk membuat kesepakatan kelas tentang aturan dalam presentasi di kelas (budaya positif).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun