Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Merdeka Belajar Bab Sistem Koordinasi Kelas 11 IPA IPS LM

27 Maret 2022   10:29 Diperbarui: 27 Maret 2022   10:35 859
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan bagaimana saya mengajar bab Koordinasi di kelas 11 IPA IPS LM. Bab Koordinasi adalah salah satu Bab terbanyak materinya karen aterdiri dari materi Sistem Saraf, Sistem hormon dan Panca Indera. Maka pertemuan untuk bab Koordinasi saya rancang menjadi 10 kali pertemuan dengan pertemuan seminggu 2 kali. 

Tapi di musim pandemi sekarang yang terkadang membuat kita harus melakukan pembelajaran daring maka satu minggu hanya satu pertemuan jadi saya tetap targetkan untuk 5 minggu bab Koordinasi selesai. Satu minggu, saya hanya diberi waktu 60 menit untuk mengajar baik daring ataupun luring. 

Maka tiap minggu saya akan beri 2 LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Bila harus blended learning, maka saya bagi 2 sesi, 30 menit pertama untuk pertemuan google meet bagi yang daring, dan 30 menit kemudian untuk pertemuan tatap muka di sekolah. Masing-masing mengerjakan LKPD berbeda sehingga bisa saling bertukar jawaban dan masing-masing anak akan mendapatkan pembahasan 2 LKPD sekaligus dalam satu kali pertemuan tiap minggunya. 

Untuk RPP Sistem Koordinasi, yang ada baru RPP Daring Sistem Koordinasi (unduh disini)

Berikut adalah video pembelajaran pada bab Sistem Koordinasi

Sel saraf ( Neuron )


Mekanisme Penghantaran Impuls


Sistem Saraf Pusat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun