[caption caption="(Sepakbola lebih menarik dibanding sex / sumber :Nissan)"][/caption]Banyak hal menarik yang bisa diangkat dalam sepakbola seperti halnya begitu seru dan berlanjutnya konflik PSSI dengan Kemenpora RI yang mendekati masa setahun sejak PSSI dibekukan. Tapi kali ini penulis tidak ingin mebahas tentang konflik diatas karena sudah banyak yang membahasnya dan lebih mengangkat sisi lain dunia sepakbola yang layak untuk dibagi. Setelah kentut menjadi bahasan penulis, selanjutnya survey menjadi tema yang akan diangkat.
Soal survey didunia sepakbola, penulis pernah menulis suporter di Liga Primer yang akan diajak kencan oleh wanita di Inggris dan cukup mengagetkan kala mengetahui suporter MU, Chelsea hingga Liverpool menjadi suporter yang tidak ingin diajak kencan. Justru klub suporter promosi, AFC Bournemouth yang menjadi terdepan untuk diajak kencan. Tapi kali yang diangkat adalah survey soal antara Sepakboal dan SEX, mana yang akan dipilih oleh responden sebagai sumber survey.
Baru-baru ini salah satu sponsor Liga Champions Eropa yakni NISSAN melakukan survey terhadap 5,000 responden yang berada di Inggris, Jerman, Italia dan Spanyol yang notabene merupakan negara dengan liga dengan klub-klub yang terkenal di Eropa. Nissan menggandeng Norstat Ltd untuk melakukan survey yang dilakukan bulan Februari kemarin dengan  4 pertanyaan yang berkaitan dengan Liga Champions Eropa.
Empat pertanyaan yang diajukan kepada responden salah satunya adalah persoalan tentang ‘Apa yang lebih menarik antara Menonton Bola atau Sex?’. Dan jawabannya cukup mengejutkan dimana hampir 55 persen responden di keempat negara diatas mengatakan menonton sepakbola lebih menarik dibandingkan dengan Seks. Dan Inggris menjadi negara yang respondennya terbanyak menjawab sepakbola lebih terdepan dibanding dengan urusan SEKS yakni 3,5 jam berbanding 2,1 jam.
Dari hasil survey juga dapat mengidentifikasikan kondisi resaponden di keempat negara dimana rata-rata 3,2 jam/minggu digunakan untuk menonton sepakbola. Â Lalu 2,6 jam/minggu berolahraga yang mereka dan 2,4 jam/minggu untuk melakukan hubungan seks.sedang yang menjawab klub sepakbola yang mereka dukung sebagai sesuatu yang menarik dalam hidup mereka hanya dibawah 24 persein saja.Â
Berikut rangkuman hasil survey yang dilakukan oleh NISSAN :Â
Sepakbola lebih penting dibanding SeksÂ
Lebih dari setengah (55%) dari Eropa dari Inggris, Italia, Perancis, Jerman dan Spanyol mengatakan menonton sepak bola adalah kegiatan yang membuat mereka bersemangat minggu-ke-minggu atau bulan-ke-bulan. Ini diikuti dengan hobi (53%), berhubungan seks (52%), atau menikmati hari bersama keluarga (52%). Persentase Pria lebih banyak dibanding wanita dalam memilih sepakbola dibandingan dengan hubungan seks. Â
Klub dan Pemain yang paling menarik
Lionel Messi sebagai pemain terbaik FIFA Ballon d’ Or 2015 serta menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Barcelona menjadi pemain yang menarik untuk ditonton oleh responden (69 persen), disusul saingannya Cristiano Ronaldo (52 persen) dan Neymar Jr (31 persen). Sedang klub Messi, Barcelona menjadi klub paling menarik (64 persen) disusul Real Madrid (60 persen) dan Bayern Muenchen (41 persen).
Klub favorit lebih menarik dibanding dengan Pekerjaan Â
Seperempat responden (24 persen) memilih klub sepakbola favorit mereka dibandinga dengan pekerjaan yang mereka lakoni (18 persen). Responden asal Inggris lebih menggilai klub sepakbola mereka sebagai salah satu aspek penting dalam kehidupan mereka.Â
Final Liga Champions Eropa sebagai acara tahunan paling menarik Â
Hampir tiga perempat responden (73 persen) memilih final Liga Champions Eropa sebaga acara olahraga tahunan yang menarik dan lebih dari seperempatnya (28 persen) menulis dalam buku harian mereka. Dan lebih keren lagi adalah 53 persen responden secara emosional acara olahraga yang paling mereka berharap untuk setiap tahun adalah final Liga Champions UEFA. Bahkan, lebih dari satu dari empat (28%) dari Eropa ini menulis buku harian mereka bebas untuk final.Â