[caption caption="Formula ilmiah mengukur nilai kegembiraan (sumber : inside world football)"][/caption]
Ingat dong artikel penulis sebelumnya tentang survey yang dilakukan oleh NISSAN selaku sponsor Liga Champions Eropa mengenai aktivitas yang dilakukan suporter klub Eropa disaat libur utamanya saat midweek kala liga champions digelar. Ternyata hasil survey tersebut mempelihatkan aktivitas menonton klub kesayangan bertanding lebih penting dari aktivitas seks serta aktivitas lainnya dan termasuk final liga Champions antara Barcelona vs Juventus sebagai acara paling favorit dari hasil survey tersebut.
Baru-baru ini Nissan yang bekerjasama dengan Universitas Loughborough telah mengembangkan Excitement Index yang merumuskan sebuah temuan dimana detak jantung rata-rata akan mencapai nilai 122 bpm ketika menikmati saat menyenangkan dalam sebuah laga sepakbola dan angka tersebut berbanding lurus dengan denyut jantung saat puncak-puncaknya hubungan seks sebagaimana yang ditemukan dalam studi ilmiah tersebut.
“Denyut jantung tertinggi adalah 154 bpm di Perancis saat Paris St Germain mencetak gol ke gawang Chelsea,” ungkap Nissan dalam siaran pers-nya.
Excitement Index yang dikembangkan oleh Nissan menggunakan data yang diambil dari reaksi fisiologis penggemar sepakbola saat menonton pertandingan di liga champions Eropa. Suporter yang diambil datanya dilengkapi dengan peralatan yang berguna untuk mengukur dan memantau variabel berupa detak jantung, tingkat pernafasan dan aktivitas electro dermal yang kemudian akan dicocokkan degan data pertandingan untuk melihat saat-saat puncak ‘kegembiraan’ suporter terjadi.
Dan para peneliti berhasil mendapatkan sebuah formula ilmiah dari apa yang telah mereka uji cobakan dengan tetap memasukkan unsur-unsur dalam sebuah pertandingan sepakbola seperti jumlah gol, jumlah kartu serta situasi saat terjadi gol. Formula yang dikembangkan oleh Nissan bisa dilihat pada foto diatas.
“Excitement / semangat adalah jantung dari semua aktivitas yang ada di Nissan. Ikon mobil super GT-R Nissan dan sponsor yang ada di liga champions adalah dua contoh bagaimana Nissan membawa inovasi untuk kegembiraan semua orang,” ungkap Jean Pierre Diernaz, Wakil Presiden untuk Pemasaran Nissan Eropa.
“Dulu kita menilai sebuah laga menarik berdasarkan feeling dan sekarang kita dapat menggunakan metodoligi ilmiah yang digunakan secara obyektif untuk mengukur tingkat kegembiraan/kesenangan suporter selama pertandingan berlangsung,” ujar Dr. Dale Esliger dari Universitas Lougborough.
Bagaimana pandangan rekan Kompasioner dari hasil analisa diatas?
Salam Sepakbola,
Wefi
Sumber rujukan : insideworldfootball