Mohon tunggu...
Weedy Koshino
Weedy Koshino Mohon Tunggu... Lainnya - Weedy Koshino

Konnichiwa! Ibu 2 anak yang hidup di Jepang. Ingin membagi pengalaman selama hidup di Jepang. Penulis Buku Unbelievable Japan 1,2,3 dan Amazing Japan. Yoroshiku Onegaishimasu.

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Ma, Kulitku Kok Hitam?

24 September 2014   20:46 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:40 2054
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1411541354186432811


Saat pulang sekolah sibungsu terlihat sangat murung dan sedih, yang biasanya turun bis langsung ngeloyor bersama teman-temannya. Ini terus menggandeng tangan saya sampai masuk kedalam rumah. Setelah menaruh tas dan ganti baju, saya coba tanya ada masalah apa di sekolahnya. Belum dijawab, nangisnya sudah kejer, ia mengatakan diejek temannya karena warna kulitnya yang gelap. Ah masalah ini lagi deh.

Inilah yang saya takutkan, sering saya tulis tentang keadaan lingkungan sini yang selalu mencibir sesuatu yang sedikit saja berbeda dari mereka. Dan saya dan anak-anak saya adalah contoh yang paling rentan untuk mengalami apa yang disebut dengan Ijime (bully). Syukurnya saya sudah berhasil melalui semua kisah yang ada disini, sampai akhirnya saya merasa sudah bagian dari masyarakat sini. Tapi bagaimana dengan anak-anak saya?

Anak-anak saya suka saya ajak bercanda kalau mereka ada yang menanyakan tentang darah half mereka. Untuk sisulung yang sangat persis dengan papanya pastilah bukan suatu masalah lagi, lalu gimana dengan si bungsu anak perempuanku yang kata orang-orang plek plek mirip mamanya?

Sibungsu berkulit gelap sama seperti saya, makanya kena deh dia kadang suka ditanya-tanya sam temennya? Kalau urusan mata belo sibungsu ternyata cukup bangga juga dia karena itu salah satu faktor bisa dikatakan cantik kata sibungsu bangga, tapi kulit hitaam..?

Sambil guyon saya suka bilang sama sibungsu, ga papa aku hitam yang penting cantik kayak mamaku...dan anehnya sibungsu makin kejer nangisnya, huwaaa mama kawaikunaaiiii...(mama gak cakeepp!!) halah tobatt deh gak manjuur tapi malah dihina dinaa wkwkwkwk

Kalau sudah gini biasanya saya pelukin dia sampe pules tidur, nah pas bangun baru deh saya suka bilang, gak usah malu kulitnya hitam yang penting yasashi, baik hatinya.

Sekarang kamu punya temen gak di kelas? Tanya saya ke si bungsu, ada dong ma, ada iori chan, akiho chan, hayato kun, kyochan, banyakk...

Nah kenapa kamu banyak temennya? Karena kulit kamu hitam eh salah, karena kamu anak yang baik dan sayang sama teman, kamu pernah ambil karet kunciran iori chan ga? Atau robekin origaminya akiho chan? Gak kan, jadi gak papa ah kulitnya hitam kan bisa pake nivea creamnya mama tuh lama-lama kulitnya bisa putih mulus kayak yang di TV, kalau anak yang nakal gak punya temen kesepian. Pilih kulit hitam tapi banyak temen, apa kulit putih tapi kesepian??

Si bungsu mikir lalu tersenyum begitu sumringah dan semangat sambil teriak, Iya maaa.. aku mau kulit putih tapi banyak temen!!

Gubrak, lah dia bikin pilihan sendiri wkwkwk yowes deh yang tuwek ngalah hahaha

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun