Mempromosikan sebuah bisnis bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan skill, waktu, dan usaha yang keras agar bisnis yang dibangun bisa berkembang dengan baik. Tak sedikit dari mereka para pelaku bisnis kesulitan dan bahkan gagal dalam mempromosikan bisnis mereka.Â
Dahulu, media iklan pun cukup terbatas. Televisi, radio, koran, papan reklame, dan brosur, adalah contoh -- contoh media promosi yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Namun media promosi seperti itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan cenderung kurang efisien dan memiliki banyak keterbatasan.
Saat ini, dunia sudah memasuki era digital. Teknologi komunikasi dan informasi digital sudah banyak berkembang. Sudah banyak bermunculan platform -- platform baru yang dapat dijadikan sebagai media komunikasi, dan saat ini sudah mulai dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai metode pemasaran yang biasa kita kenal dengan metode pemasaran digital atau digital marketing.Â
Digital marketing terdiri dari berbagai macam saluran baik organik maupun berbayar seperti Google Ads, Instagram, Facebook, Youtube, SEO, dan masih banyak saluran lain yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk maupun bisnis mereka.Â
Digital marketing sudah menjadi senjata utama bagi para pelaku bisnis karena bisa memberikan banyak keuntungan. Dan berikut adalah 5 keuntungan menerapkan Digital Marketing di era digital.
1. Hemat Biaya Marketing
Menghemat biaya promosi menjadi alasan utama bagi para pelaku bisnis menerapkan metode digital marketing. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membuat brosur, spanduk, baliho, maupun iklan di media cetak dan televisi.Â
Cukup dengan menggunakan media digital seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Tiktok. Bahkan untuk saluran berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads, biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau.
2. Jangkauan yang Luas dan Lebih Tepat Sasaran
Dengan menggunakan metode digital marketing, anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas karena anda dapat menggapai konsumen dari manapun dan tidak terbatas letak geografis.Â
Bahkan anda dapat menentukan karakter konsumen seperti apa yang akan anda jadikan sebagai target promosi baik dari profesi, usia, jenis kelamin, hobi, kebiasaan, lokasi, dan sebagainya.