Mohon tunggu...
Wayan Dewantara
Wayan Dewantara Mohon Tunggu... Konsultan - The Writers newbie

Menjadikan menulis sebagai napas

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Komporsiana

25 Oktober 2019   06:41 Diperbarui: 25 Oktober 2019   06:45 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Buka mata buka group WA, ternyata ada challenge dari Kak Hariadhi buat nulis di blog. Kalo soal nulis, ayolah kita belajar. Bakal ada keuntungannya, biarpun ga tahu kapan.

Ga semua hal harus menguntungkan kan kan yach?  Belajar apapun pasti bakal sering ketemu halangan dan gangguan. Termasuk belajar menulis. Padahal kita sudah belajar menulis sejak SD kelas 1. Sebagian malah sejak sebelum masuk SD.  Kenapa masih harus belajar? 

Buat saya belajar menulis membantu merunutkan jalan pikiran. Karena tulisan kita maunya dibaca orang lain kan?  Kalo mereka belum mengerti isi tulisan saya, jangan-jangan tulisan saya (dan logika pikiran saya)  belum jelas. 

Pekerjaan saya sebagai Konsultan memaksa saya untuk banyak menjelaskan kepada klien. Perlu cara yang cepat, tepat dan langsung kena sasaran. Meski lebih banyak komunikasi lisan, tetap saja perlu menulis laporan-laporan. Dan itu ga diukur dari banyaknya lembaran atau hitungan kata, semakin ringkas semakin baik. Jadi, belajar menulis wajib. 

Saya juga punya prinsip jika belajar lebih banyak ketika kita berbagi lebih sering. Dan menulis tidak mengenal batasan waktu. Kapan saja saya bisa menulis dan artinya saya juga bisa berbagi kapan saja. Bonus kalo ternyata banyak yang like dan respon.

Nah itu buat saya. Kalo buat teman-teman, apa keuntungan menulis sehingga harus dipelajari? 

Silakan kasih ide buat bahan belajar kita bersama yach. 

#TheWriters 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun