Mohon tunggu...
Ni Wayan Shinta Purnamasari
Ni Wayan Shinta Purnamasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa / Universitas Mercu Buana

Ni Wayan Shinta Purnamasari, NIM 43223010165, Prodi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dosen Pengampu: Prof. Dr. Apollo Daito, S.E., Ak., M.Si., CIFM., CIABV., CIABG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kebatinan Mangkunegaraan IV pada Upaya Pencegahan Korupsi dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri

30 November 2024   00:37 Diperbarui: 30 November 2024   00:37 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Latar Belakang Mangkunegara IV

Gambar 2 Dokpri TB2 Etik
Gambar 2 Dokpri TB2 Etik

Mangkunegara IV lahir dengan nama Raden Mas Sudiro, beliau merupakan putra ketujuh dari Kanjeng Pangeran Harya Hadiwijaya I dan Bandara Raden Ajeng Sekeli, putri dari Mangkunegara II. Ia tumbuh dalam lingkungan bangsawan Jawa yang berpegang teguh pada tradisi. Sejak kecil, ia telah menunjukkan bakat kepemimpinan, kecerdasan, dan ketertarikan pada seni serta sastra. Sebagai bangsawan, ia mendapat banyak pendidikan tradisional meliputi ajaran kejawen, sastra Jawa, filsafat, dan juga kepemimpinan.

Raden Mas Sudiro diangkat sebagai Mangkunegara IV pada tahun 1853, menggantikan pamannya selaku Mangkunegara III. Saat ia naik takhta, Mangkunegaran menghadapi tantangan besar akibat tekanan dari kolonial Belanda yang kala itu menguasai tanah Jawa. Di masa itu tekanan yang dihadapi oleh Mangkunegara IV meliputi, pertama sistem tanam paksa (Cultuurstelsel) dimana saat itu Belanda memanfaatkan tanah Jawa untuk menanam komoditas ekspor, seperti kopi, tebu, dan teh, yang mana hal tersebut menekan kehidupan rakyat. Kedua, perubahan struktur sosial yang diakibatkan oleh pengaruh kolonialisme yang menggeser pola kehidupan masyarakat, dari sistem tradisional ke sistem ekonomi berbasis uang. Dan yang ketiga, kemerosotan kerajaan jawa, dimasa itu kekuasaan politik tradisional seperti Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta semakin lemah di bawah kontrol Belanda. Namun, Mangkunegaran, sebagai kerajaan vasal, mempertahankan otonomi relatifnya.

Mangkunegara IV memiliki gaya kepemimpinan yang progresif dan bijaksana. Ia berusaha mengintegrasikan tradisi dengan modernitas, menciptakan pemerintahan yang tangguh di tengah dominasi kolonial Belanda. Dengan kemampuan diplomasi yang baik, ia mampu menjaga hubungan yang seimbang dengan pemerintah kolonial. Di bawah kepemimpinannya sebagai pemimpin yang visoiner, Mangkunegaran mengalami kemajuan pesat dalam berbagai bidang, seperti:

Dalam Bidang Ekonomi, Mangkunegara IV mengembangkan perkebunan kopi, tebu, dan tanaman ekspor lainnya yang menjadi sumber utama pendapatan Mangkunegaran. Kemudian mendirikan pabrik gula modern, salah satunya adalah Pabrik Gula Colomadu, yang menjadi tonggak industri gula di Jawa. Dan meningkatkan pengelolaan keuangan kerajaan melalui sistem administrasi yang transparan dan efisien.

Dalam Modernisasi Militer, Mangkunegara IV mampu menguatkan Legiun Mangkunegaran atau pasukan militer khusus kerajaan, yang menjadi simbol kekuatan otonomi Mangkunegaran dan simbol kemandirian politik Mangkunegaraan. Pasukan ini dilatih secara disiplin dengan pengaruh taktik modern.

Dalam Seni dan Budaya Jawa, Mangkunegara IV dikenal sebagai pelindung seni dan budaya Jawa. Selama masa kepemimpinannya, budaya dan seni Jawa mengalami banyak perkembangan, baik dalam seni tari dan musik, sastra Jawa, serta arsitektur bangunan.

  • Seni Tari dan Musik: Beliau mendukung pengembangan seni tari klasik dan musik gamelan, menciptakan beberapa komposisi yang masih dimainkan hingga kini.
  • Sastra Jawa: Mangkunegara IV menulis beberapa karya sastra penting, termasuk: Serat Wedhatama yang merupakan sebuah karya moral dan spiritual yang mengajarkan kebijaksanaan hidup. Dan Serat Wulangreh yaitu sebuah pedoman tentang tata krama dan etika hidup.
  • Arsitektur dan Kesenian: Ia juga merenovasi bangunan Pura Mangkunegaran, menjadikannya pusat kebudayaan Jawa yang megah.

Dalam dunia Pendidikan dan Sosial, Mangkunegara IV membuka akses pendidikan untuk anak-anak, yang mengajarkan nilai-nilai tradisional dan pengetahuan modern, sehingga mereka bisa mendapat pengajaran yang sama seperti anak bangsawan. Selain itu beliau juga melindungi kesejahteraan rakyat dengan mengurangi beban pajak dan memastikan keadilan dalam pengelolaan tanah.

Gambar 3 Dokpri TB2 Etik
Gambar 3 Dokpri TB2 Etik

Mangkunegara IV meninggal pada 2 September 1881, tetapi visi dan nilai-nilainya tetap hidup dalam sejarah Mangkunegaran dan budaya Jawa hingga saat ini. Kepemimpinan Mangkunegara IV mencerminkan integrasi antara tradisi dan inovasi, menunjukkan bagaimana seorang pemimpin lokal mampu menghadapi tantangan zaman dengan kebijakan yang relevan dan bijaksana. Selama hampir tiga dekade pemerintahannya, beliau membawa kemajuan besar bagi Mangkunegaran dan meninggalkan warisan yang berharga, diantaranya:

  • Karya Sastra: Serat Wedhatama dan Serat Wulangreh menjadi pedoman moral yang masih relevan hingga kini.
  • Pengembangan Ekonomi: Sistem perkebunan dan industri gula yang ia kembangkan menjadi contoh pengelolaan ekonomi mandiri.
  • Kebudayaan Jawa: Tradisi seni dan budaya yang dilestarikan di era Mangkunegara IV tetap menjadi bagian penting dari identitas budaya Jawa.
  • Inspirasi Kepemimpinan: Gaya kepemimpinannya yang inovatif dan visioner menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya.

Gambar 4 Dokpri TB2 Etik
Gambar 4 Dokpri TB2 Etik

Sebagai seseorang yang memiliki pengaruh dan andil dalam dunia sastra Jawa, Mangkunegara IV telah membuat dua karya yang sekarang telah menjadi warisan budaya, salah satunya ialah Serat Wedhatama. Serat Wedhatama adalah salah satu karya sastra monumental dan dianggap sebagai mahakarya dalam sastra Jawa karena menggambarkan kedalaman pemikiran filsafat, etika, dan spiritualitas yang tinggi. Ditulis pada abad ke-19, karya ini merefleksikan pandangan Mangkunegara IV tentang kehidupan, nilai moral, serta kebijaksanaan yang diharapkan dimiliki oleh seorang pemimpin dan individu dalam masyarakat Jawa.

Kata Wedhatama berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa Kuno. Wedha yang berarti ajaran atau ilmu pengetahuan, serta Tama yang berarti utama atau mulia. Secara harfiah, Wedhatama berarti "ajaran yang utama." Serat ini bertujuan memberikan pedoman bagi siapa saja yang ingin menjalani kehidupan dengan bijaksana, luhur, dan bermoral tinggi. Serat Wedhatama terdiri dari empat pupuh (bentuk tembang macapat) yang masing-masing memiliki karakteristik, pesan, dan fungsi yang berbeda:

  • Pupuh Pangkur : Mengajarkan pentingnya meninggalkan kesenangan duniawi yang bersifat fana untuk mencapai kebijaksanaan dan kedalaman spiritual. Menekankan perlunya pengendalian hawa nafsu dan fokus pada pengetahuan serta kebijaksanaan.
  • Pupuh Sinom : Berisi nasihat tentang pentingnya pendidikan moral sejak dini. Menekankan peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya untuk hidup berbudi pekerti luhur.
  • Pupuh Pucung : Menggambarkan kehidupan manusia yang penuh tantangan dan godaan. Memberikan pengajaran tentang pentingnya kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi ujian hidup.
  • Pupuh Gambuh : Menguraikan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Menekankan pentingnya ikhlas, pasrah, dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa untuk mencapai kedamaian sejati.
  • Pupuh Kinanti : Menjelaskan   tentang   ajaran   atau   konsep   tentang   bagaimana manusia mencapai kesempurnaan hidup

Gambar 5 Dokpri TB2 Etik
Gambar 5 Dokpri TB2 Etik

Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV tidak hanya menjadi pedoman spiritual dan moral, tetapi juga mencerminkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang luhur. Melalui ajarannya, Mangkunegara IV memberikan gambaran tentang bagaimana seorang pemimpin seharusnya bersikap dan menjalankan tanggung jawabnya dengan bijaksana. Nilai-nilai kepemimpinan dalam Serat Wedhatama dapat diterapkan tidak hanya pada masa itu, tetapi juga pada masa sekarang. Prinsip-Prinsip Kepemimpinan dalam Serat Wedhatama bisa berupa:

  • Penguasaan Diri (Pengendalian Hawa Nafsu)

      Dalam Pupuh Pangkur, Mangkunegara IV mengajarkan pentingnya seorang pemimpin memiliki kendali atas dirinya sendiri, terutama terhadap hawa nafsu duniawi seperti kekuasaan, keserakahan, dan amarah. Pemimpin yang baik harus memiliki jiwa yang tenang, tidak mudah terpengaruh oleh godaan materi atau tekanan emosi. Dengan penguasaan diri, seorang pemimpin mampu membuat keputusan yang bijaksana dan tidak egois. "Ngelmu iku kalakone kanthi laku" (Ilmu atau kebijaksanaan hanya dapat dicapai melalui usaha dan pengendalian diri)

  • Budi Pekerti Luhur

      Serat Wedhatama menekankan bahwa seorang pemimpin harus berbudi pekerti luhur. Pemimpin yang memiliki etika tinggi akan dihormati oleh rakyatnya. Dalam Pupuh Sinom, Mangkunegara IV menekankan pentingnya pendidikan moral sejak dini, yang menjadi dasar bagi pemimpin dalam menjalankan tugasnya dengan adil dan bijaksana.

  • Keseimbangan Duniawi dan Spiritual

      Dalam Pupuh Gambuh, Mangkunegara IV menyampaikan bahwa seorang pemimpin harus mampu menyeimbangkan antara tanggung jawab duniawi dan hubungan spiritual dengan Tuhan. Pemimpin yang memiliki hubungan kuat dengan Tuhan akan memiliki hati yang ikhlas dan pikiran yang jernih dalam menghadapi berbagai persoalan.

  • Keteladanan (Nitik Tirta Ing Arus)

      Seorang pemimpin yang baik harus menjadi teladan bagi rakyatnya. Dalam ajaran Mangkunegara IV, seorang pemimpin digambarkan seperti air mengalir yang membawa manfaat, tidak mendominasi, namun menjadi pengayom. Kepemimpinan bukanlah tentang kekuasaan, tetapi tentang pengabdian kepada rakyat. Pemimpin sejati harus menunjukkan sikap rendah hati, sabar, dan tidak sombong.

  • Kebijaksanaan dalam Mengambil Keputusan

      Dalam Pupuh Pucung, Mangkunegara IV mengingatkan pentingnya bersikap bijaksana dan mempertimbangkan segala aspek sebelum membuat keputusan. Pemimpin yang bijaksana adalah yang mampu melihat jauh ke depan, memperhitungkan dampak dari setiap tindakannya bagi rakyat dan negaranya.

  • Mengutamakan Pendidikan dan Pengetahuan

      Dalam Serat Wedhatama, ilmu pengetahuan dianggap sebagai pilar utama kepemimpinan. Pemimpin harus terus belajar, membuka wawasan, dan memahami kondisi rakyatnya. Pendidikan bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk membangun masyarakat yang cerdas dan berbudaya.

  • Pasrah kepada Tuhan

      Dalam Pupuh Gambuh, Mangkunegara IV mengajarkan sikap pasrah kepada Tuhan setelah melakukan segala usaha. Seorang pemimpin harus menyadari bahwa kekuasaannya hanyalah titipan dari Yang Maha Kuasa. Dengan pasrah, pemimpin akan terhindar dari kesombongan dan merasa lebih bertanggung jawab atas amanah yang diembannya.

Nilai-nilai yang tertuang dalam Serat Wedhatama tidak hanya bersifat teoretis, tetapi juga mencerminkan gaya kepemimpinan Mangkunegara IV selama memerintah Mangkunegaran (1853--1881). Kebijaksanaan dalam Diplomasi: Ia mampu menjaga hubungan baik dengan Belanda tanpa mengorbankan otonomi Mangkunegaran. Pengelolaan Ekonomi yang Mandiri: Ia mendirikan industri gula dan mengelola perkebunan secara efisien, menunjukkan kemampuan pengelolaan yang bijak. Pelindung Seni dan Budaya: Ia menjaga tradisi Jawa, menunjukkan bahwa pemimpin yang baik adalah yang melestarikan warisan budaya untuk rakyatnya.

Prinsip-prinsip nilai kepemimpinan dalam Serat Wedhatama akan tetap relevan di era modern. Misalnya saja dalam hal Etika dan Moral dalam Politik, dimana pemimpin yang beretika akan dihormati dan dipercaya rakyatnya. Kemudian seorang Pemimpin yang terus belajar mampu menghadapi tantangan zaman dengan inovasi mencerminkan prinsip pendidikan dan kecerdasan pemimpin. Adanya Kesadaran Spiritual dalam diri Pemimpin akan memiliki nilai spiritual cenderung lebih tulus dan bertanggung jawab. Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV tidak hanya menjadi pedoman spiritual dan moral bagi masyarakat Jawa, tetapi juga pedoman bagi pemimpin untuk menjalankan tugasnya dengan budi pekerti luhur, kebijaksanaan, dan pengabdian kepada rakyat. Dengan ajaran yang mendalam, Mangkunegara IV menunjukkan bahwa kepemimpinan sejati adalah tentang melayani, bukan sekadar memerintah.

Gambar 6 Dokpri TB2 Etik
Gambar 6 Dokpri TB2 Etik

Kategori Kepemimpinan "Raos Gesang" (menguasai rasa hidup) Mangkunegaran IV

Kategori Kepemimpinan "Raos Gesang" yang dirumuskan Mangkunegara IV menunjukkan kedalaman filosofi dan panduan praktis untuk seorang pemimpin agar mampu menjalankan tugasnya dengan kesadaran penuh terhadap kehidupan dan tanggung jawabnya. Raos Gersang terdiri dari empat bagian, yaitu:

Bisa Rumangsa, Ojo Rumangsa Bisa

Prinsip ini menekankan pentingnya seorang pemimpin memiliki kesadaran diri dan empati. Bisa rumangsa berarti seorang pemimpin harus memiliki kepekaan untuk memahami situasi, kebutuhan, dan perasaan orang lain. Ia mampu merasakan dan berempati kepada rakyatnya. Ojo rumangsa bisa adalah peringatan agar pemimpin tidak sombong dan merasa dirinya paling mampu atau mengetahui segalanya. Sikap rendah hati ini membantu pemimpin tetap terbuka terhadap masukan dan kritik dari orang lain. Intinya seorang pemimpin yang baik adalah yang peka dan mau belajar dari lingkungannya, bukan pemimpin merasa dirinya paling hebat.

Angrasa Wani

Dalam prinsip ini, keberanian menjadi salah satu kunci kepemimpinan. Angrasa Wani mengajarkan bahwa pemimpin harus berani mengambil tindakan meskipun penuh risiko, mencoba hal-hal baru dan inovatif demi kemajuan, menghadapi masalah atau tantangan dengan tegas tanpa rasa takut. Keberanian yang dimaksud tidak bersifat gegabah, melainkan keberanian yang didasari oleh kebijaksanaan dan perhitungan matang. Seorang pemimpin harus memiliki visi dan tidak takut menghadapi kritik atau kegagalan.

Angrasa Kleru

Prinsip ini menekankan pentingnya integritas dan keberanian moral. Angrasa Kleru mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki keberanian untuk mengakui kesalahan, mengakui kekurangan atau kebodohan yang mungkin dimiliki. Kemudian bertanggung jawab atas segala tindakan, baik yang berhasil maupun yang gagal. Dalam tradisi Jawa, mengakui kesalahan adalah sifat ksatria yang menunjukkan keluhuran budi seorang pemimpin. Dengan sikap ini, pemimpin akan mendapatkan kepercayaan rakyatnya karena ia dianggap jujur dan bertanggung jawab.

Bener Tur Pener

Prinsip ini membedakan antara bener (benar secara umum) dan pener (benar pada tempat dan waktu yang sesuai). Bener berarti tindakan atau keputusan yang sesuai dengan aturan, nilai, dan kebenaran universal. Pener menekankan bahwa kebenaran tersebut harus diterapkan secara tepat sesuai dengan konteks dan situasi. Dalam kepemimpinan, Bener Tur Pener menunjukkan bahwa seorang pemimpin tidak hanya harus adil dan bijaksana, tetapi juga mampu membaca situasi dan bertindak secara proporsional. Kebenaran yang tidak diterapkan dengan tepat waktu atau tempat bisa kehilangan nilainya.

Gambar 7 Dokpri TB2 Etik
Gambar 7 Dokpri TB2 Etik

Kategori Kepemimpinan Mangkunegaran IV

Kategori kepemimpinan yang dimaksud menegaskan pada nilai-nilai moral dan filosofi yang diajarkan Mangkunegara IV dalam menjalankan peran kepemimpinannya. Konsep-konsep ini tidak hanya menjadi panduan pribadi, tetapi juga teladan bagi para pemimpin dalam berbagai konteks. Menurut Mangkunegara IV, terdapat empat kategori kepemimpinan:

Aja Kagetan (Jangan Mudah Kaget dengan Realitas)

Prinsip ini mengajarkan pentingnya ketenangan dan kedewasaan dalam menghadapi segala bentuk perubahan, tantangan, atau situasi yang tak terduga. Seorang pemimpin harus bisa tetap tenang dan tidak mudah panik saat menghadapi masalah besar. Bersikap bijaksana dan mengambil waktu untuk merenungkan solusi terbaik. Mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi, baik dalam situasi yang penuh tekanan maupun perubahan drastis. Pemimpin yang baik adalah mereka yang tidak mudah terkejut atau kehilangan kendali dalam menghadapi realitas kehidupan, melainkan menjadikannya peluang untuk bertindak bijaksana.

Aja Dumeh (Jangan Mentang-mentang atau Sombong)

Prinsip ini mengajarkan kerendahan hati dan menghindari sikap arogan. Dalam konteks kepemimpinan, Aja Dumeh memiliki  arti tidak menggunakan kekuasaan atau wewenang untuk berbuat sewenang-wenang. Tidak sombong atau merasa lebih unggul dibandingkan orang lain. Mengingat bahwa kekuasaan hanyalah amanah, bukan hak yang mutlak. Pemimpin harus selalu rendah hati, tidak memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi, dan memahami bahwa kepercayaan yang diberikan kepadanya adalah tanggung jawab besar.

Prasaja (Sederhana, Secukupnya)

Prinsip Prasaja menekankan gaya hidup yang sederhana dan tidak berlebihan. Dalam kepemimpinan, Prasaja tercermin melalui kehidupan yang tidak mewah atau boros, meskipun memiliki kekuasaan dan akses terhadap berbagai fasilitas. Tindakan yang tidak berlebihan, fokus pada esensi kebutuhan daripada kemewahan. Mengedepankan pengabdian kepada rakyat daripada pencitraan atau gaya hidup yang mencolok. Kesederhanaan adalah cerminan integritas seorang pemimpin. Pemimpin yang sederhana akan lebih dekat dengan rakyatnya dan mampu memberikan teladan dalam hidup secukupnya.

Manjing Ajur-Ajer (Cair dan Melebur dengan Semua Kalangan)

Prinsip ini menggambarkan kemampuan seorang pemimpin untuk berbaur dengan semua lapisan masyarakat tanpa memandang status atau latar belakang. Seorang pemimpin harus bersikap inklusif dan mampu menjalin hubungan baik dengan siapa saja. Berempati dan memahami kebutuhan serta pandangan berbagai kelompok masyarakat. Bersedia melayani publik secara langsung tanpa merasa terganggu oleh perbedaan sosial atau budaya. Seorang pemimpin yang Manjing Ajur-Ajer dapat menjadi teladan karena mampu mendekatkan diri kepada rakyatnya, memperlancar komunikasi, dan menciptakan rasa harmoni dalam masyarakat.

Gambar 8 Dokpri TB2 Etik
Gambar 8 Dokpri TB2 Etik

Kategori Kepemimpinan  Asta Brata (Serat Ramajarwa R.Ng. Yasadipura)

Asta Brata adalah ajaran kepemimpinan dalam tradisi Jawa yang terdapat dalam Serat Rama atau dikenal sebagai Serat Ramajarwa karya R.Ng. Yasadipura. Ajaran ini menguraikan delapan prinsip kepemimpinan yang diambil dari sifat-sifat alam atau elemen tertentu, yang dijadikan panduan bagi seorang pemimpin untuk memerintah dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab.

Ambeging Lintang (Sifat Bintang)

Seorang pemimpin harus menjadi petunjuk dan contoh bagi rakyatnya, seperti bintang yang memberikan arah dalam gelap. Pemimpin harus menjadi teladan dalam tindakan, moralitas, dan kebijaksanaan. Ia harus memiliki visi yang jelas dan mampu memberikan panduan kepada rakyatnya. Implementasinya ialah pemimpin menunjukkan arah yang benar, menjadi sumber inspirasi, dan menjaga komitmen terhadap tanggung jawabnya.

Ambeging Surya (Sifat Matahari)

Pemimpin harus memancarkan terang dan kekuatan, seperti matahari yang memberikan energi kepada semua makhluk. Pemimpin harus bersikap adil, memberikan keadilan tanpa pilih kasih, dan menghidupkan semangat rakyatnya dengan keberanian dan kekuatan moral. Implementasinya, seorang pemimpin memberikan rasa optimisme, mendorong kemajuan, dan menjadi sumber kekuatan bagi masyarakat.

Ambeging Rembulan (Sifat Bulan)

Pemimpin harus mampu memberikan kehangatan dan kedamaian, seperti sinar bulan yang menerangi malam. Dengan kata lain, pemimpin harus memiliki sikap lembut, penuh kasih, dan mampu meredakan ketegangan dalam masyarakat. Implementasinya, pemimpin menciptakan harmoni, menenangkan suasana konflik, dan memberikan rasa nyaman kepada rakyatnya.

Ambeging Angin (Sifat Angin)

Pemimpin harus bersifat sejuk dan menghidupkan, seperti angin yang memberikan kesejukan dan napas kehidupan. Pemimpin harus peka terhadap kebutuhan rakyat, memberikan solusi atas permasalahan, dan membawa kesejukan dalam suasana yang penuh tekanan. Implementasi pemimpin harus menjadi pendengar yang baik, memberikan kebijakan yang menenangkan, dan menghadirkan keseimbangan dalam masyarakat.

Ambeging Mendhung (Sifat Awan)

Pemimpin harus bersikap berwibawa dan membawa anugerah, seperti awan yang memberikan hujan kepada bumi. Jadi, seorang pemimpin harus memancarkan wibawa yang dihormati dan memberikan manfaat nyata kepada rakyatnya. Implementasinya, pemimpin memberikan bantuan, menciptakan kebijakan yang membawa kesejahteraan, dan menjaga martabat kepemimpinannya.

Ambeging Geni (Sifat Api)

Pemimpin harus bersikap tegas dan menegakkan hukum, seperti api yang mampu membakar dan menyucikan. Jadi seorang pemimpin harus mampu menegakkan hukum dengan adil, tegas terhadap kesalahan, tetapi tetap bijaksana dalam menghukum. Implementasinya, pemimpin harus memegang prinsip keadilan, menindak pelanggaran hukum, dan memastikan ketertiban masyarakat.

Ambeging Banyu (Sifat Air)

Pemimpin harus bersifat menampung dan mengayomi, seperti air yang menerima apapun yang datang kepadanya. Pemimpin harus bersikap inklusif, mampu menerima semua aspirasi rakyat tanpa diskriminasi, dan fleksibel dalam menghadapi perubahan. Implementasinya, pemimpin harus berpikiran terbuka, memahami perbedaan pendapat, dan merangkul semua golongan dalam masyarakat.

Ambeging Bumi (Sifat Tanah)

Pemimpin harus bersifat kokoh dan memberikan kesejahteraan, seperti bumi yang menopang kehidupan semua makhluk. Seorang pemimpin harus memiliki ketahanan, kesabaran, dan memberikan kehidupan yang sejahtera bagi rakyatnya. Implementasinya, pemimpin menjadi fondasi yang kuat bagi masyarakatnya, memberikan rasa aman, dan menciptakan kebijakan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bersama.

Gambar 9 Dokpri TB2 Etik
Gambar 9 Dokpri TB2 Etik

Tingkatan Kepemimpinan Mangkunegara IV

Mangkunegaran IV mengajarkan bahwa kepemimpinan dapat dikelompokkan menjadi tiga tingkatan, yaitu Nistha, Madya, dan Utama. Ketiga kategori ini menggambarkan kualitas seorang pemimpin, mulai dari yang paling rendah hingga yang paling ideal. Ajaran ini menjadi pedoman untuk mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan, baik dalam konteks pemerintahan maupun kehidupan sehari-hari.

Nistha

Merupakan kategori kepemimpinan yang buruk dan tidak benar. Pemimpin pada tingkatan ini gagal menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Ia mungkin bertindak tidak adil, tidak mempedulikan kebutuhan rakyatnya, dan cenderung menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi. Pemimpin seperti ini sering kali menjadi sumber masalah karena kurangnya integritas, moralitas, dan kecakapan dalam memimpin. Dalam ajaran Mangkunegaran IV, Nistha dianggap sebagai peringatan agar seorang pemimpin tidak terjebak pada perilaku yang merugikan rakyat dan dirinya sendiri.

Madya

Merupakan kategori kepemimpinan yang berada di tingkat menengah. Pemimpin dalam kategori ini memiliki pemahaman yang baik tentang hak dan kewajibannya. Ia mampu menjalankan tugas dengan jelas, adil, dan seimbang. Pemimpin Madya biasanya cukup kompeten dalam mengelola urusan pemerintahan atau organisasi, tetapi ia cenderung terbatas pada tugas-tugas formal. Meski telah menunjukkan tanggung jawab, pemimpin Madya masih belum sepenuhnya melampaui standar biasa dalam memberikan pengabdian atau inovasi yang luar biasa.

Utama

Merupakan tingkatan kepemimpinan yang tertinggi dan ideal. Pemimpin Utama tidak hanya memahami dan menjalankan tugasnya dengan baik, tetapi juga melampaui harapan. Ia mampu berpikir jauh ke depan, memberikan solusi inovatif, dan mengutamakan kepentingan rakyat atau organisasi di atas kepentingan pribadi. Pemimpin dalam kategori ini bersikap visioner, bijaksana, dan memiliki moralitas yang tinggi. Ia mampu menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk berkembang dan menciptakan perubahan yang positif. Dalam filosofi Mangkunegaran IV, pemimpin Utama adalah teladan yang sempurna dalam memadukan kekuatan, kelembutan, keadilan, dan kebijaksanaan.

Ketiga kategori ini menjadi kerangka kerja untuk memahami perjalanan dan kualitas seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang baik harus berusaha untuk terus meningkatkan diri dari tingkat Nistha ke Madya, hingga mencapai tingkatan Utama. Filosofi ini menekankan bahwa kepemimpinan sejati tidak hanya tentang jabatan atau kekuasaan, tetapi tentang kemampuan untuk memberikan manfaat yang nyata dan mendalam bagi masyarakat.

Gambar 10 Dokpri TB2 Etik
Gambar 10 Dokpri TB2 Etik

Kategori Kepemimpinan (Serat Pramayoga karya Ranggawarsita)

Serat Pramayoga karya Ranggawarsita memberikan panduan yang mendalam mengenai kualitas kepemimpinan yang ideal. Dalam karya ini, terdappat beberapa kategori kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk dapat menjalankan tugasnya dengan bijaksana dan efektif, serta membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Setiap kategori menggambarkan peran tertentu yang sangat penting dalam kepemimpinan, dan kesemua prinsip ini saling melengkapi untuk membentuk pemimpin yang utuh.

Seorang pemimpin yang baik harus mampu mewujudkan kehidupan yang baik, atau dalam bahasa Jawa disebut Hang Uripi. Hal ini berarti bahwa pemimpin harus fokus pada pembangunan yang tidak hanya menjamin kelangsungan hidup rakyat, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup mereka. Pemimpin harus memastikan bahwa masyarakatnya dapat hidup dalam keadaan yang sejahtera, dengan akses terhadap kebutuhan dasar, serta kesempatan untuk berkembang baik secara sosial, ekonomi, dan pendidikan. Pemimpin yang mampu menciptakan kondisi yang mengarah pada kehidupan yang baik akan dihormati oleh rakyatnya karena ia menunjukkan keberpihakan kepada kesejahteraan mereka.

Kepemimpinan juga memerlukan keberanian untuk berkorban. Dalam konteks ini, Hang Rungkepi mengajarkan bahwa seorang pemimpin tidak boleh hanya mementingkan kenyamanan atau kepentingan pribadi. Ia harus siap berkorban demi kepentingan masyarakatnya, baik itu berupa waktu, tenaga, atau sumber daya lainnya. Pemimpin yang berani berkorban akan menunjukkan komitmen yang kuat terhadap tugas dan tanggung jawabnya. Ini juga mencakup keberanian dalam mengambil keputusan yang mungkin tidak populer tetapi sangat penting untuk kepentingan jangka panjang rakyat atau organisasi.

Pemimpin yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau Hang Ruwat. Kepemimpinan tidak hanya tentang menjalankan rutinitas sehari-hari, tetapi juga tentang kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan atau krisis yang muncul. Pemimpin harus memiliki kejelian dalam menganalisis masalah, serta kebijaksanaan untuk menentukan solusi yang tepat. Dengan kemampuan ini, pemimpin akan dapat menyelesaikan berbagai hambatan yang muncul, serta memastikan bahwa kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan lancar meskipun dalam situasi yang sulit.

Perlindungan atau Hang Ayomi adalah kualitas lain yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin harus berperan sebagai pelindung bagi rakyatnya, terutama bagi mereka yang lemah, terpinggirkan, atau rentan. Pemimpin yang memberikan perlindungan akan menciptakan rasa aman di masyarakat, dan rakyat akan merasa dilindungi dari ancaman atau ketidakadilan. Perlindungan ini tidak hanya mencakup perlindungan fisik, tetapi juga perlindungan emosional dan sosial, yang menciptakan stabilitas dalam kehidupan masyarakat.

Selanjutnya, seorang pemimpin juga harus dapat menyala dan memberikan motivasi kepada rakyatnya, yang dalam istilah Hang Uribi berarti menjadi sumber inspirasi dan semangat. Pemimpin yang akan memotivasi rakyatnya untuk terus berjuang, bekerja keras, dan tidak menyerah dalam menghadapi tantangan. Pemimpin yang bisa menjadi teladan dalam memberikan semangat dan energi positif akan membantu rakyatnya untuk berkembang, bahkan dalam keadaan sulit sekalipun.

Harmoni dan kerukunan adalah aspek penting dalam kepemimpinan yang harus diwujudkan oleh seorang pemimpin. Dalam ajaran Ha Memayu, pemimpin diminta untuk menciptakan suasana yang harmonis di masyarakat, di mana setiap individu merasa dihargai dan diperlakukan dengan adil. Pemimpin yang tidak hanya menjaga keseimbangan dan keindahan hubungan antar manusia, tetapi juga berusaha mencegah perpecahan dan konflik. Pemimpin semacam ini adalah penyatu yang membawa kedamaian dalam masyarakat.

Pemimpin yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk membuat persatuan di antara rakyatnya. Ha Mengkoni mengajarkan bahwa pemimpin harus dapat mengatasi perbedaan dan mempersatukan masyarakatnya. Di tengah perbedaan suku, agama, atau pandangan, pemimpin harus mampu mengarahkan masyarakat untuk bekerja sama demi kepentingan bersama. Dengan menciptakan persatuan, pemimpin akan memperkuat dasar sosial dan politik yang memungkinkan tercapainya tujuan bersama.

Akhirnya, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mengatur dan menata berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dalam ajaran Ha Nata, pemimpin harus mampu mengelola dan mengatur urusan pemerintahan atau organisasi dengan bijaksana. Ini mencakup perencanaan, pengelolaan sumber daya, serta pengambilan keputusan yang efektif untuk menciptakan sistem yang berjalan dengan baik. Pemimpin yang tahu bagaimana mengelola waktu, anggaran, dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Gambar 11 Dokpri TB2 Etik
Gambar 11 Dokpri TB2 Etik

Lakon Wayang atau pada "Serat TRIPAMA/TRIPOMO"

Serat Tripama atau Tripomo adalah salah satu karya sastra yang menggambarkan tokoh-tokoh wayang dan karakter-karakter ksatria yang menjadi teladan dalam kehidupan. Dalam konteks ini, ada tiga tokoh utama yang disebut sebagai 3 Ksatria Keteladanan Utama, yaitu Bambang Sumantri, Kumbakarna, dan Adipati Karna. Setiap tokoh tersebut memiliki nilai-nilai moral dan kepemimpinan yang bisa dipetik sebagai contoh bagi para pemimpin dan masyarakat. Masing-masing dari mereka memiliki karakteristik unik yang mencerminkan nilai-nilai keteguhan hati, kesetiaan, dan kecintaan terhadap tanah air.

Bambang Sumantri (Patih Suwanda)

            Bambang Sumantri, yang juga dikenal sebagai Patih Suwanda, merupakan sosok ksatria yang memiliki sifat Guna Kaya (berkemauan keras) dan Purun (mampu bertahan dalam kesulitan). Ia adalah contoh pemimpin yang memiliki tekad yang kuat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. Bambang Sumantri adalah simbol dari orang yang memiliki kemauan yang sangat keras untuk mencapai tujuannya, meskipun harus menghadapi berbagai kesulitan dan rintangan.

Bambang Sumantri memiliki adik bernama Sukrosono, yang merupakan seorang raksasa. Hubungan antara Bambang Sumantri dan Sukrosono menggambarkan bahwa meskipun ada perbedaan fisik atau sifat, yang satu menjadi ksatria yang bertekad kuat sementara yang satu lagi memilih jalan berbeda, namun keduanya tetap menunjukkan nilai-nilai kekuatan dan karakter yang luar biasa. Bambang Sumantri, sebagai tokoh dengan kemauan keras, tetap bisa menjadi teladan dalam keteguhan dan keberaniannya.

Kumbakarna

            Kumbakarna adalah adik dari Rahwana, raja raksasa yang terkenal dalam kisah Ramayana. Kumbakarna memiliki sifat yang sangat berbeda dengan Rahwana meskipun mereka adalah saudara. Kumbakarna adalah seorang raksasa yang sangat mencintai tanah air atau negaranya, yaitu Alengka. Meskipun ia tahu bahwa adiknya, Rahwana, melakukan banyak kesalahan, Kumbakarna tetap memiliki kecintaan yang besar terhadap tanah airnya dan ingin melindunginya. Ia merupakan contoh dari kesetiaan terhadap tanah air dan keluarga, serta memiliki keberanian yang luar biasa untuk berperang demi negara.

Meskipun dalam pertempuran Kumbakarna harus menghadapi banyak tantangan, ia tetap menjadi simbol dari rasa cinta tanah air yang tulus dan perjuangan yang tanpa henti untuk menjaga kehormatan dan stabilitas negaranya. Sifat-sifat inilah yang menjadikan Kumbakarna sebagai salah satu tokoh yang dihormati, meskipun ia harus menghadapi kekalahan.

Adipati Karna

            Adipati Karna adalah salah satu tokoh paling terkenal dalam epik Mahabharata dan dikenal sebagai anak buangan dari Kunti, ibu dari Pandawa Lima. Karna menunjukkan kesetiaan dan keteguhan yang luar biasa, bahkan ketika menghadapi berbagai ujian berat dalam hidupnya. Meskipun ia mengetahui bahwa ia adalah anak kandung dari Kunti, yang merupakan ibu dari Pandawa Lima, Karna tetap setia kepada sahabatnya, Duryodhana, dan memilih untuk berjuang di pihak Kurawa.

Karna adalah contoh dari orang yang sangat memegang teguh janji yang telah diucapkan, bahkan jika itu harus mengorbankan kebahagiaan dan kebaikannya sendiri. Ia dikenal karena sikap kesetiaannya kepada Duryodhana, yang membuatnya tetap berada di pihak Kurawa meskipun tahu bahwa ia bertarung melawan saudara-saudara kandungnya sendiri, yaitu Pandawa. Keteguhannya dalam menepati janji dan kesetiaan yang tidak tergoyahkan membuatnya dihormati, meskipun pada akhirnya ia tewas di tangan adiknya sendiri, Arjuna, dalam pertempuran besar di Kurukshetra.

Karna mengajarkan kita tentang keteguhan hati dalam menjalankan keputusan dan kesetiaan yang kadang harus dibayar dengan pengorbanan yang besar. Keputusan-keputusan Karna sering kali sulit dan penuh dilema, tetapi ia tidak pernah mundur dan tetap berpegang pada prinsipnya. Meskipun pada akhirnya ia harus tewas di tangan Arjuna, saudara kandungnya, kesetiaannya tetap menjadi teladan utama dalam hal menepati janji dan kesetiaan.

Gambar 12 Dokpri TB2 Etik
Gambar 12 Dokpri TB2 Etik

Kebatinan Mangkunegaran IV Pada Upaya Pencegahan Korupsi Dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri

Kebatinan Mangkunegaran IV dalam pencegahan korupsi dan transformasi kepemimpinan diri sendiri sangat dipengaruhi oleh ajaran-ajaran spiritual dan filsafat hidup yang dipegang oleh beliau. Sebagai seorang pemimpin yang sangat memperhatikan kebatinan dan spiritualitas, Mangkunegara IV menjadikan pemimpin sebagai contoh bagi masyarakat, baik dalam hal moralitas, kejujuran, maupun integritas. Kebatinan beliau tidak hanya berfokus pada dimensi religius atau spiritual semata, tetapi juga pada penerapan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kaitannya dengan kepemimpinan dan pencegahan korupsi.

  • Pencegahan Korupsi dalam Kebatinan Mangkunegaran IV

      Mangkunegaran IV memiliki pemahaman yang dalam tentang pentingnya menjaga integritas pribadi dan menghindari korupsi dalam kehidupan bernegara. Dalam ajaran kebatinan yang beliau anut, pemimpin tidak hanya dituntut untuk bijaksana dalam membuat keputusan, tetapi juga harus menjaga kesucian hati dan keluhuran moral. Menurut beliau, seseorang yang memiliki niat baik, hati yang bersih, dan kesadaran spiritual tinggi tidak akan mudah terjerumus pada perbuatan yang merugikan orang lain, termasuk korupsi. Pencegahan korupsi dalam perspektif Mangkunegaran IV dapat dilihat melalui beberapa aspek kebatinan yang beliau terapkan:

  • Pengendalian Diri dan Pengorbanan Hawa Nafsu

      Salah satu prinsip utama dalam ajaran kebatinan Mangkunegaran IV adalah pentingnya pengendalian diri. Pemimpin harus mampu menahan diri dari godaan materi dan hawa nafsu duniawi, yang sering menjadi akar dari perilaku korup. Dalam kebatinan, pengendalian diri ini tidak hanya dilakukan secara lahiriah, tetapi juga dalam dimensi batin, melalui praktik tirakat, puasa, dan olah batin. Melalui cara ini, pemimpin dapat membersihkan hati dan pikirannya dari dorongan untuk mengambil keuntungan pribadi dari kekuasaan yang dimiliki.

  • Kepemimpinan dengan Keteladanan

      Mangkunegaran IV mengajarkan bahwa pemimpin yang baik harus menjadi teladan bagi masyarakatnya. Kepemimpinan yang baik bukan hanya tentang mengatur dan mengontrol, tetapi juga menunjukkan integritas melalui tindakan nyata. Pemimpin yang baik harus selalu menjaga hubungan yang transparan, adil, dan beretika, serta mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi atau golongan. Dalam hal ini, beliau percaya bahwa dengan memimpin dengan hati dan integritas, pemimpin bisa menginspirasi rakyat untuk menghindari perbuatan tercela seperti korupsi.

  • Prinsip Kejujuran dan Keadilan

      Kejujuran adalah nilai kebatinan yang sangat ditekankan oleh Mangkunegaran IV. Dalam ajaran beliau, kejujuran bukan hanya diukur dari perkataan, tetapi juga dalam tindakan sehari-hari. Pemimpin yang jujur akan menjaga transparansi dalam setiap keputusan yang diambil, serta senantiasa memperlakukan rakyat dengan adil. Keadilan menjadi prinsip penting dalam menghindari ketidakberesan dan penyalahgunaan wewenang, yang sering kali menjadi penyebab korupsi.

  • Transformasi Memimpin Diri Sendiri

      Mangkunegaran IV tidak hanya memperhatikan aspek kepemimpinan eksternal terhadap rakyat, tetapi juga transformasi diri sendiri. Dalam kebatinan beliau, seorang pemimpin harus mampu memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain. Transformasi ini berfokus pada pembentukan karakter, pengembangan kedalaman batin, dan pemahaman diri.

  • Olah Batin dan Keseimbangan Raga dan Jiwa

      Mangkunegaran IV percaya bahwa untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus mampu menjaga keseimbangan antara aspek raga (fisik) dan jiwa (batin). Oleh karena itu, beliau menekankan pentingnya olah batin, yang dapat dilakukan melalui meditasi, puasa, dan tirakat. Olah batin ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran diri dan keseimbangan emosional, yang memungkinkan seorang pemimpin untuk tidak terjebak dalam ambisi pribadi atau emosi yang dapat merusak integritasnya.

  • Keterbukaan dan Refleksi Diri

      Dalam kebatinan, seorang pemimpin diajarkan untuk selalu melakukan refleksi diri. Hal ini bertujuan agar pemimpin dapat mengevaluasi setiap tindakannya, mendengar masukan dari orang lain, dan memperbaiki diri. Mangkunegaran IV percaya bahwa pemimpin yang tidak terbuka terhadap kritik dan tidak melakukan introspeksi akan mudah terjerumus dalam kesalahan dan penyalahgunaan wewenang, yang dapat mengarah pada perilaku korup.

  • Pendidikan Moral dan Etika

      Transformasi diri juga mencakup pendidikan moral dan etika yang kuat. Mangkunegaran IV sangat menekankan pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter seorang pemimpin. Pemimpin yang baik harus memiliki akhlak mulia, keteguhan prinsip, dan komitmen untuk berbuat baik, baik kepada sesama manusia maupun terhadap alam semesta. Pendidikan ini tidak hanya terbatas pada pendidikan formal, tetapi juga mencakup pendidikan batin yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang sabar, bijaksana, dan berhati bersih.

  • Mengutamakan Kepentingan Rakyat

      Pemimpin yang mampu memimpin dirinya sendiri, menurut Mangkunegaran IV, adalah pemimpin yang selalu mengutamakan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi. Dalam kebatinan, ada ajaran yang menyatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa mengendalikan ego dan ambisinya, serta senantiasa menempatkan kepentingan rakyat dalam setiap keputusan yang diambil. Ini adalah bentuk nyata dari transformasi kepemimpinan, yang dimulai dengan pembersihan hati dan pemurnian niat.

Kesimpulan dari seluruh materi yang telah dibahas di atas menunjukkan bahwa kepemimpinan Mangkunegaran IV tidak hanya berfokus pada aspek politik atau kekuasaan, tetapi juga mencakup dimensi moral, spiritual, dan kebatinan yang mendalam. Mangkunegaran IV sebagai seorang pemimpin memiliki prinsip-prinsip luhur yang mencerminkan nilai-nilai integritas, kesetiaan, dan kecintaan terhadap tanah air, yang sangat relevan dalam pencegahan korupsi dan dalam mengembangkan kepemimpinan yang bijaksana.

Pemimpin ideal, menurut ajaran Mangkunegaran IV, adalah mereka yang memimpin dengan hati, mengendalikan hawa nafsu, dan menjaga kebersihan batin. Melalui praktik olah batin, tirakat, dan puasa, seorang pemimpin dapat memperbaiki dirinya sendiri dan menghindari perilaku yang merugikan negara atau rakyat. Dalam hal pencegahan korupsi, Mangkunegaran IV menekankan pentingnya pemimpin yang tidak terpengaruh oleh godaan materi dan duniawi, serta tetap berpegang pada prinsip moral dan kejujuran dalam setiap keputusan yang diambil.

Selain itu, beliau juga mengajarkan bahwa kepemimpinan yang efektif dimulai dari transformasi diri. Seorang pemimpin yang mampu memimpin dirinya sendiri dengan integritas, kesadaran diri, dan kesediaan untuk selalu mendengarkan masukan serta berintrospeksi akan mampu menjadi teladan bagi masyarakatnya. Kebersihan hati, kesetiaan pada prinsip, dan pengabdian kepada rakyat menjadi kunci penting dalam menjalankan pemerintahan yang adil dan penuh kasih sayang.

Secara keseluruhan, ajaran dan kebatinan Mangkunegaran IV menawarkan panduan bagi para pemimpin untuk memimpin dengan kejujuran, keteladanan, dan komitmen moral yang kuat, serta mengutamakan kepentingan rakyat dan negara di atas segala kepentingan pribadi. Kepemimpinan yang berbasis pada nilai-nilai kebatinan ini tidak hanya menghasilkan pemimpin yang bijaksana, tetapi juga dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera, harmonis, dan bebas dari penyalahgunaan kekuasaan.

Daftar Pustaka

Achmad Miftachul 'Ilmi, M. R. (2022). Konseling Realita Berbasis Nilai-Nilai Serat Wedhatama untuk Membentuk Karakter Unggul .

Komarudin, A. (2014). Konsep Kepemimpinan Jawa K.G.P.A.A Mangkunegara IV (Studi Terhadap Serat Wedhatama).

Gozali, Nono. (2000). Serat Wedhathama: Ajaran Kepemimpinan Mangkunegaran IV. Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Hadi, H. P. (2006). Kebatinan dan Kepemimpinan dalam Tradisi Jawa: Perspektif Mangkunegaran IV. Jakarta: Gramedia.

Yasadipura, R.Ng. (2003). Serat Ramajarwa: Asta Brata dalam Kepemimpinan. Surakarta: Sekolah Tinggi Seni Indonesia.

Supeni, S. (2013). Implementasi Nilai-nilai Budaya Jawa Melalui Ajaran Kepemimpinan Mangkunegara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun