Mohon tunggu...
Wayan Dresti Yasa
Wayan Dresti Yasa Mohon Tunggu... Guru -

saya seorang pendidik di wilayah kabupaten Karangasem Bali, profesi sebagai pendidik sudah saya geluti selama 6 tahun. selanjutnya sambil mengisi kekosongan waktu, selain hobi saya juga gemar ngeblog. salah satunya di kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Ayo Bertamasya ke Bogor

8 Februari 2018   17:53 Diperbarui: 8 Februari 2018   18:08 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
anitanet.staff.ipb.ac.id

Bogor adalah salah satu tempat destinasi kunjungan yang paling sering saya kunjungi, karena memiliki banyak tempat wisata juga kulinernya yang tidak kalah dengan daerah lain.

Wajah kota bogor yang sangat adem, dengan suasana kota yang ramah, seakan terus memanggil para pelancong untuk segera mengunjunginya. Cocok untuk para pelancong yang menginginkan kedamaian dan kesejukan, selain untuk menikati alam juga untuk menikmati kuliner.

Petualangan pertama saya ke Bogor, di bimbing oleh Pande Putu Arimbawa yang kebetulan waktu itu sedang kuliah di IPB bogor dan sekarang dia suda menetap di bogor, bersamanya saya dikenalkan berbagai transportasi dari dan menuju ke Bogor. Setelah saya terbiasa dengan trasportasi barulah saya memulai petualangan dengan menggunakan sepeda motor menuju puncak gunung salak untuk tangkil ke Pura Jagatkarta yang juga merupakan salah satu Pura terbesar di wilayah Bogor yang menjadi daya tarik bagi umat Hindu di seluruh Indonesia, sungguh tempat yang sangat indah Pura Jagatkarta berada di kaki gunung salak. Pemandangan dan suasananya sangat indah, pokoknya sejuk banget deh, tempatnya recommended banget. Selanjutnya saya melakukan perjalanan spiritual menuju Pura Giri Kusuma yang ada di Perum IPB Bogor di tengah kota bogor. Setelah puas dengan perjalanan wisata spiritual selanjutnya menikmati kuliner khas kota bogor.

Kali ini saya mencoba Toge Goreng salah satu kuliner khas kota bogor dengan bahan toge dan mie kuning serta tahu, cara pembuatan makanan ini direbus diatas wajan dengan campuran sedikit air, setelah itu ditambah ketupat dan disajikan dengan piring. Rasanya nendang banget, kalau yang belum pernah coba makanan ini, silahkan datang saja ke bogor. 

Selain toge goreng, kuliner yang saya coba adalah Asinan Bogor, nah makanan ini sudah sangat terkenal diseluruh Indonesia, yang uniknya makanan ini adalah rasanya yang pedas nanum ada rasa asemnya, pokoknya rada gemana gitu kalau menikmatinya. Nah sebagai oleh-oleh saya pilih roti unyil untuk di bawa pulang ke Bali, roti unyil dari kedengarannya sudah cukup unik dan menggugang rasa untuk mencoba menikmati dan menjadikan oleh-oleh,, memang benar roti ini sangat kecil, hanya cukup sekali kunyah saja, disamping itu memang rasanya juga berbeda dari roti-roti yang lain.

Setelah puas menikmati kuliner, destinasi selanjutnya adalah menikmati suasana puncak Bogor, kali ini saya menghabiskan waktu di Taman Safari Indonesia juga tempat wisata di Bogor yang paling ramai di kunjungi pada akhir pekan. Taman Safari Indonesia yang berada di kawasan wisata Puncak menawarkan pengalaman melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan yang hidup di habitat aslinya. Selain menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan di siang hari, Taman Safari Cisarua juga mempunyai program safari malam sehingga anda dapat melihat kegiatan hewan di malam hari.

 Apabila anda ingin berkunjung ke Taman Safari pada akhir pekan, perlu diingat bahwa pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional kawasan puncak memberlakukan sistem satu arah, biasanya satu arah naik pada jam 9 pagi sampai dengan jam 11.30 siang, dan satu arah turun pada jam 3 sore sampai dengan jam 6 sore. Harga tiket masuk Taman Safari Indonesia adalah 150,000 Rupiah per orang.

Karena terbatasnya waktu liburan maka hanya beberapa tempat wisata yang dapat saya kunjungi, tempat wisata yang saya kunjungi terakhir adalah Kebun Raya Bogor , tempat ini adalah kebun botani dengan luas lebih dari 85 hektar dan mempunyai koleksi tumbuhan sebanyak lebih dari 15,000 tumbuhan. Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata di Bogor yang paling cocok untuk berpiknik, sehingga tidak aneh apabila pada akhir pekan Kebun Raya Bogor penuh dengan pengunjung. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah 15,000 Rupiah per orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun