Mohon tunggu...
wawan s
wawan s Mohon Tunggu... Buruh - Belajar menulis

Belajar menulis. Menulis sambil belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Antara "Medium is The Message" dan "Medium is The Massage"

7 Desember 2021   18:07 Diperbarui: 7 Desember 2021   18:14 1853
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

"Medium isthe message" adalah gagasan terkenal dari Marshal McLuhan. Tapi mungkin jugaAnda akan menemukan artikel yang menulis bahwa adigum tersebut adalah "mediumis the massage." Mana yang benar? Apakah hanya sekedar salah ketik?

 Ternyata ini bukan sekedar salah ketik. Karena keduanya adalah benar. 

 "Medium isthe message," medium (alat yang menghantar) adalah pesannya. Bagaimana mungkinmedium bisa menjadi pesan. Ketika kita membaca koran, apa mungkin koran itubisa menjadi pesan. Bukankah yang menjadi pesan adalah tulisan yang ada dalamkoran tersebut.

 Menurutpengamatan McLuhan, pesan yang dikirim satu orang ke orang lain relatif sama.Antara jaman pra sejarah, jaman logam, jaman sebelum masehi, jaman awal masehi jaman revolusi industri sampai abad modern ini, konten pesan yang dikirimantara satu orang kepada orang lain adalah relatif sama. Yang membedakan adalahmedia yang digunakan. 

Pada masa lalu dikenal bahasa isyarat, kemudian bahasalisan, bahasa gambar/simbol, bahasa tulisan abjad. Kemudian memasuki jamanmedia massa yang dimulai dari tulisan yang cetak pada kertas, kemudian adavideo dan foto. 

Pada masa berikutnya, tulisan dan gambar tersebut ternyata bisamasuk dalam media yang diistilahkan sebagai "dunia maya." Pesannya tetaprelatif sama, yaitu isi (konten) media.

 Maka yangmembuat berbeda bukanlah isi yang disajikan oleh media, namun bagaimana mediatersebut berinteraksi dengan penggunannya. Membaca berita di koran denganmenonton berita di TV akan berbeda. Membaca berita di koran bisa dihentikansewaktu-waktu, bisa diulangi jika tidak jelas. 

Tetapi berita di TV, kalau sudahlewat akan ketinggalan. Sama-sama gambar bergerak, antara TV dan internet jugaberbeda. Perbedaan-perbedaan inilah yang akan mengubah pengguna media tersebut.Atau dengan kata lain, yang mengubah pengguna bukanlah isi atau konten media,namun media itu sendiri yang mengubah penggunanya. 

 Lalu adaadigum "medium is the massage." Massage artinya pijatan. Orang yang dipijatakan merasakan sensasi yang bisa dikatakan sebagai kenikmatan. Orang yangdipijat juga akan mengalami perubahan, dari badan yang kurang nyaman menjadibadan yang lebih nyaman. Melalui adigum "medium is the massage," McLuhan inginmenyatakan bahwa media-media tertentu lebih nikmat untuk dikonsumsi. Kenikmatan-kenikmatanini sangat mungkin akan menyebabkan ketagihan.

 Padahal, dalam gagasan "medium is the massage," penggunaan media bisa mengubahpenggunanya. Maka, ketika ketika pengguna media ini sudah kecanduan, pelan danpasti ia akan mengalami perubahan. Karena perubahan ini terjadi secara pelan,dan pada banyak orang, katakan pada setengah generasi manusia, maka tidakbanyak yang mampu menyadari perubahan ini. Mereka menganggap sesuatu yangsebenarnya adalah perilaku kecanduan media sebagai kewajaran.

 Inilah pentingnya gagasan yang dicetuskan oleh Marshal McLuhan 40 tahun yang lalu,sebelum internet dan handphone lahir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun