Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memungkinkan menggabungkan suatu object 3D ke lingkungan yang nyata, melalui sebuah web cam. Penemu dari teknologi ini adalah Prof Ronald T Azuma dari Jepang. Walaupun terhitung cangginh, teknologi ini bersifat Open Source, sehingga kita bebas untuk memakai dan mengembangkannya diantaranya Flartoolkit yang berbasis Flash, dan MyarToolkit untuk android. Cara kerja software ini bisa dilihat dari gambar berikut [caption id="attachment_119706" align="aligncenter" width="565" caption="http://www.hitl.washington.edu/artoolkit/documentation/userarwork.htm"][/caption] Markernya atau Patern nya berupa bangun persegi dengan ukuran tertentu, dengan ketentuan Ukiran Pattern(inci) Jarak dari Kamera (inci) 2.75 16 3.50 25 4.25 34 7.37 50 Cara penginstalan software ini cukup rumit, copy sini paste sana dan kadang filenya harus di download dari tempat yang berbeda. tidak percaya silahkan BACA INI dan INI , oleh karena ribetnya saya buat Instalernya yang bisa di download DISINI sehingga sekali klik, kita sudah mendapatkan sofwarenya Cara menggunakan Software ini adalah sebagai berikut
- cetak pattKanji.pdf dan pattHiro.pdf (ada di c: program filesArToolkitPaterns)
- Buat object 3D dengan Software 3D Studio Max, atau yang lainnyaExport ke format WRL dan simpan ke C: Programm Files ArToolKit bin wrl
- copy file bud_B.dat pada foleder tersebut, dan paste pada folder yang sama
- ubah nama file hasil paste tersebut dengan nama sesuka anda tapi ekstensinya harus tetap .dat
- buka file tersebut dengan wordpad
maka isinya sebagai berikut bud_B.wrl 0.0 0.0 0.0Â Â Â Â Â Â # Translation 0.0 0.0 0.0 0.0Â Â Â Â Â Â # Rotation 10.0 10.0 10.0Â Â Â Â Â Â # Scale
- ganti bud_B.wrl dengan nama wrl yang dibuat dengan 3DStudio Max
- buka file object_data_vrml dengan wordpad ( file ada di c : Program Files bin data )
maka isinya sebagai berikut#the number of patterns to be recognized 2 #pattern 1 VRMLÂ Â Â Wrl/bud_B.dat Data/patt.hiro 80.0 0.0 0.0 #pattern 2 VRMLÂ Â Â Wrl/snoman.dat Data/patt.kanji 80.0 0.0 0.0 ganti menjadi #the number of patterns to be recognized 1 #pattern 1 VRMLÂ Â Â Wrl/Nama dat yang anda buat.dat Data/patt.hiro 80.0 0.0 0.0
- Lihat hasilnya dengan klik SimpleVRML pada menu atau dekstop
kita bisa membuat patern sendiri, caranya
- Buat patern dengan ukuran kotak seperti hiro dan kanji
- klik buat marker pada menu atau dekstop
- Tekan Enter
- klik OK, maka akan tampil apa yang ditangkap webcam, tampilkan patern yang kita buat, bila sudah terlihat garis merah di kiri dan atas, serta garis hijau di bagian bawah dan kanan, klik gambar patern yang ditangkap kamera tersebut
- ketikan nama patt diawali dengan patt. misalnya patt.tatasurya
- patt tersebut akan tersimpan di c: Program Files ARToolKit bin, pindahkan ke c: Program Files ARToolKit bin data
Augmented Reality ini sangat cocok dipakai sebagai alat peraga pembelajaran, tapi disini dituntut kreatifitas seorang guru. Contoh pemakaian Augmented Reality 1. Tata Surya 2. Buku Ajaib Dunia Dinosaurus
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H