Mohon tunggu...
Wawan Ridwan AS
Wawan Ridwan AS Mohon Tunggu... Guru - Guru dari Cikancung

Konsep, Sikap, Action menuju Good Respect.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Teacherpreneurship : Meningkatkan Daya Saing Siswa di Era Global

2 Februari 2025   09:16 Diperbarui: 2 Februari 2025   10:42 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Teacherpreneurship tidak hanya menuntut guru untuk memperkuat keterampilannya sendiri. Guru dituntut untuk memperkuat keterampilan peserta didiknya melalui empat level kemampuan penguasaan kompetensi guru; kemampuan merefleksi materi pembelajaran; kemampuan pengelolaan teknologi; serta kemampuan entrepreneur."

Teacherpreneurs adalah mereka yang ahli dalam pengelolaan pembelajaran di kelas seperti umumnya, namun mereka juga memiliki waktu, tempat dan penghargaan untuk menelurkan dan menjalankan ide mereka sendiri persis seperti para pengusaha (Barnett Berry)

Teacherpreneurs merupakan seorang agen of change yang mampu beradaptasi dengan semua perubahan, kreatif dalam menulis, melakukan penelitian, mengembangkan media pembelajaran dan perangkat teknologi baru. Karya inovatif tersebut bisa mendukung kegiatan pembelajaran agar lebih berkualitas. yang memiliki kebutuhan tinggi untuk berprestasi, energik dan berani mengambil risiko (David McClelland).

Teacherpreneurs mengelola kelas mereka dengan pola pikir kewirausahaan dalam proses pembelajaran, membantu siswa untuk tertarik, memahami, dan memotivasi, menghasilkan dan mempraktikkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk  mencapai potensi terbaik mereka dengan dorongan seorang pendidik.

Dimensi psikososial seorang teacherpreneur juga dapat dikenali dari keterampilan yang diperoleh melalui 4O (olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga). Teacherprenur dapat menjadi solusi yang meningkatkan kualitas kompetitif sumber daya manusia (SDM), dalam hal ini mahasiswa, tenaga pendidik itu sendiri, dan seluruh ekosistem pendidikan.

Keterampilan teacherpreneur diperoleh melalui pengembangan kebiasaan di dalam dan di luar kelas yang kemudian dibentuk dan tercermin dalam perilaku guru. Menjadi sebuah urgensi untuk meningkatkan dan memperkuat kemampuan dan karakter guru. Hal ini karena peran guru dalam proses pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan sangatlah penting. Hal ini juga dijelaskan dalam UURI No. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005.

Permasalahan dalam proses  belajar mengajar menimbulkan tantangan tersendiri bagi guru. Saat ini, guru tidak hanya perlu memiliki keterampilan, tetapi juga harus lebih proaktif, kreatif, inovatif, dan efektif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar seiring dengan peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini diperlukan. Integritas karakter, semangat kewirausahaan. Kombinasi keterampilan guru dan sifat kepribadian ini kemudian disebut " teacherpreneurship".

Para pendidik saat ini harus berpikir dan berusaha  menjadi teacherpreneurs. Hal ini karena keterampilan "Teacherpreneurs" dianggap sangat tepat untuk memecahkan tantangan pendidikan masa kini. Individu dituntut untuk mampu bersaing secara global. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mengikuti tren dan perkembangan zaman agar dapat mencetak generasi yang baik dan berkarakter kuat. Terlebih lagi, perkembangan teknologi yang pesat telah membuat pembelajaran mata pelajaran sains menjadi lebih terfasilitasi..

Langkah perumusan kegiatan pendidik ini memperhatikan dan mengacu pada pendekatan pembelajaran SETS yaitu Science (Pengetahuan yang berorientasi pada pendidik), Environment (Lingkungan yang berorientasi pada peserta didik), Technology (Teknologi yang berorientasi pada teknologi terkini) and Society (Masyarakat yang berorientasi pada sekolah, orang tua/wali dan masyarakat). Dimana pendekatan pembelajaran ini sesuai dengan dukungan yang diharapkan dari keberhasilan pendidikan dan penguatan karakter teacherpreneur.

Kemampuan Teacherpreneur Guru

1. Kemampuan Penguasaan Kompetensi Guru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun