[caption id="attachment_314663" align="aligncenter" width="300" caption="Muhajir, Siswa Kelas 6 (Dok ITM) "][/caption]
Pesona Menakjubkan: Irwan Thahir Manggala - Usaha menulis yang berpadu antara proses dan hasil ternyata sudah bisa ditampilkan dalam publik non Kompasianer. Saya kian terpesona dan sekaligus mendapat peluang menjadikan Kompasiana sebagai partner dengan lembaga sekolah. Jerih payah perjalanan panjang menulis di media sosial saatnya dibuktikan khasiat manjurnya. Asyik rasanya sudah punya komunitas pembaca Kompasiana
Sebagai pengguna media sosial bisa berbesar hati karena tulisan-tulisan di media sosial Kompasiana tidak hanya dibaca oleh kompasianer. Tulisan-tulisan lepas - yang belum/tidak berbentuk buku dilirik siswa setingkat SD di Madrasah Ibtidaiyah Darul Rasyidin Dusun Balang Ajia Desa Samangki Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. 6 dari siswa kelas 6 cukup sigap mau dan mampu memberi respon balik dari tulisan di Kompasiana.
1. Titip Album Foto Keluarga di Kompasiana(Sri Ayu Kartika, kelas 6)
2. Â 2014, Tahun Buku Anak, Lilis Karlina(kelas 6)
3. (Dokumen Foto), Syarwansyah (kelas 6)
4. Pesan'Kemajemukan' Siswa Madrasah, Agus Salim(kelas 6)
5.(Dokumen Foto), Hariadi (kelas 6)
6. Anak-anak Kreatif, Ramlah(kelas 6)
7. Tulisan Ini Didukung 100 Foto Aktual, Ratna(kelas 6)
8. Sekolah Kompasiana Ada di Rumahku, Harianti(kelas 6)
Kemarin saya melaporkan perkembangan daya kreasi siswa kelas 6 kepada Kepala MI Darul Rasyidin. Dua hari mengisi waktu di kelas ujian itu sangat memberi inspirasi. Pada awalnya saya memberi gambaran tentang perlu dan pengaruh sebuah sisa hidup dan sepeninggal dari dunia. Saya menguatkan siswa dengan perbandingan umur dan masa perjuangan nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad. Saya mengilustrasikan nabi Nuh, dengan usia yang lebih dari 1000 tahun- hanya dapat meraup ummat pengikut tidak lebih dari 1000 orang. Sementara Nabi Muhammad hanya bertahan dengan umur 63 tahun tahun, namun sampai kini gaungnya masih terus berjalan- hingga akhir jaman. Al-Qur'an adalah inspire moment untuk pembuktian dan ketahanan perjuangan Nabi Muhammad hingga akhir zaman.
[caption id="attachment_314664" align="aligncenter" width="300" caption="Siswa kelas 6 (Dok ITM) "]

Saya membagikan tulisan-tulisan saya dari hasil print kopi Kompasiana. Saya membagikan kepada siswa per tulisan. Banyak siswa tidak memahami maksud terselubung umtuk membangun  minat baca sekaligus menulis. Saya diuntungkan dengan bekal tulisan saya di Kompasiana yang banyak menggunakan foto. Siswa yang mendapatkan tulisan didampingi foto lebih cepat berinteraksi daripada tulisan yang tidak berfoto. Tumpukan foto yang belum dipindahkan kedlam Kompasiana saya tempatkan dalam dua bundel file. Syarwansyah dan Hariadi cukup tanggap dengan komentar(terlampir).
Seperti apa gambaran proses pengenalan tulisan-tulisan Kompasiana kepada anak setingkat madrasah ibtidaiyah(SD)? Semoga koleksi foto-foto ini bisa membantu meperjelas:
[caption id="attachment_314667" align="aligncenter" width="300" caption="Siswa kelas 6 (Dok ITM) "]

[caption id="attachment_314669" align="aligncenter" width="300" caption="Seiswa kelas 6 (Dok ITM) "]

[caption id="attachment_314670" align="aligncenter" width="300" caption="Siswa kelas 6 (Dok ITM) "]

[caption id="attachment_314672" align="aligncenter" width="300" caption="Tulisan Hariadi, kleas 6 (Dok ITM) "]

[caption id="attachment_314673" align="aligncenter" width="300" caption="Siswa kelas 6 (Dok ITM) "]

[caption id="attachment_314674" align="aligncenter" width="300" caption="Siswa kelas 6 (Dok ITM) "]

[caption id="attachment_314675" align="aligncenter" width="300" caption="Siswa kelas 6 (Dok ITM) "]

Siswa saya yang berada di daerah dusun bisa jadi kian bersemangat dengan koleksi tulisan-tulisan saya di Kompasiana. Saya sendiri sudah memprediksikan akan ada anak-anak dari daerah pinggiran pelosok akan dapat melanjutkan misi dan eksistensi Andrea Hirata(Laskar Pelangi) dan atau Ahmad Fuadi(Negeri Lima Menara). Semoga.
Pattunuang Asue 010314
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI