Mohon tunggu...
Heryani Sulistiowati
Heryani Sulistiowati Mohon Tunggu... Guru - Pecinta literasi

Penyuka bacaan dan masakan enak.

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Langgam Nyai Bagelen Karya Penulis Purworejo Juara 1 Nasional!

13 November 2023   13:01 Diperbarui: 11 Juli 2024   23:54 634
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Koleksi Foto GWP https://www.instagram.com/p/CzbLsIQxT0W/?img_index=2

Novel berjudul Langgam Nyai Bagelen karya Dewo Pasiro penulis Purworejo berhasil menjadi pemenang lomba menulis novel nasional bertema "TAWA: Cerita Khatulistiwa," yang diselenggarakan Gramedia Writing Project dan Penerbit Buku Kompas tahun 2022.

Jakarta. Minggu, 21 Mei 2023, Penganugerahan pemenang di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam acara Berkawan dengan Buku, Dewo Pasiro berhasil meraih juara satu dan novelnya diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas.  Dalam acara tersebut juga dihadiri penulis lain seperti Henry Manampiring, Candra Malik, dan narasumber lainnya sebagai pembicara.

Koleksi Foto GWP https://www.instagram.com/p/CzbLsIQxT0W/?img_index=2
Koleksi Foto GWP https://www.instagram.com/p/CzbLsIQxT0W/?img_index=2

Novel bergenre roman, fiksi sejarah, dan misteri ini berhasil memikat para juri. Melalui seleksi yang cukup ketat dan lama sepanjang 2022 hingga awal 2023, akhirnya dipilih enam juara dan Langgam Nyi Bagelen menjadi pemenang utama, "Melalui Novel tersebut, saya berharap kebudayaan dan kisah di Bagelen-Purworejo dikenal lebih luas." Kata Dewo. "Novel Langgam Nyai Bagelen mulai ditulis 2017 silam, dengan riset yang cukup lama. Selain mengangkat tema budaya, buku ini mengisahkan dua tokoh utama bernama Johan dan Lya yang penuh misteri," imbuhnya, Selasa (31/10/23).

Novel tersebut kini sudah terbit dan launching perdana pada 27 Oktober 2023 di Acara Festival Kata, Jakarta, dan telah tersedia di Gramedia.

Berikut cuplikan blurb buku Langgam Nyai Bagelen:

Negeri Medang Gele, yang kini bernama Bagelen. Sesuai tradisi, di sana tak boleh ada yang memelihara lembu dan tak diperkenankan menanam kedelai. Di tanah leluhur penuh budaya kuat ini, hiduplah gadis bernama Lya yang tinggal bersama kakek dan neneknya. Hidupnya yang damai terusik oleh kedatangan Johan, pemuda dari Jakarta yang mencari inspirasi di Bagelen. Ada sekat besar yang memisahkan antara kisah masa lalu dan masa kini di Bagelen. Namun semua mulai terkuak tatkala Johan hendak menuliskan kisah Nyi Bagelen, sosok legendaris di tanah itu yang dikabarkan moksa. Ditemani Lya yang gemar sejarah, Johan mengungkap satu per satu kisah yang tersimpan di tanah Bagelen. Namun, tiba-tiba di tengah kedekatan mereka, Lya lenyap secara misterius setelah menyaksikan pentas seni tari Dolalak. Mampukah Johan dan Lya kembali bertemu?

Identitas Buku

Judul: Langgam Nyai Bagelen, Penulis: Yusuf Mahessa Dewo Pasiro, Jumlah Halaman: 240, Penerbit: Penerbit Buku Kompas, Tanggal Terbit: 24 Okt 2023, Berat: 0.25kg, ISBN: 786231600837, Lebar: 14 cm, Bahasa: Indonesia, Panjang: 21cm, Sumber: Gramedia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun