Eksplorasi Konsep Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Oleh Wati Pabalik, SE, Gr.,
CGP A9 dari SMP YPPK St. Don Bosco kabupaten Fakfak-Papua Barat
Salam dan bahagia bapak dan ibu guru hebat, kali ini saya menuliskan tugas alur merdeka yang kedua Eksplorasi Konsep Modul 3.3 Pengelolaan Program yang berdampak Positif pada Murid. Sama seperti tulisan-tulisan sebelumnya. Tulisan ini merupakan tugas yang akan di upload pada LMS PGP. Â
Adapun Tujuan Pembelajaran Khusus: Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:Â
- kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
- suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
- lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
- pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
1. Pertanyaan Pemantik
1.1.Menurut Ibu/Bapak, siapakah yang seharusnya memegang kendali terhadap proses pembelajaran murid?
1.2 Menurut Ibu/Bapak, dalam hal apa saja dan sebagai apa murid dapat mengambil kendali dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah?
- Bagaimana peran dan keterlibatan murid dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah dapat berkontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat?
- Bagaimana kita dapat melibatkan komunitas dalam mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid?
Jawaban
1. Menurut saya, proses pembelajaran murid seharusnya dikendalikan oleh murid itu sendiri. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu murid belajar dan mencapai tujuan mereka. Hal ini sejalan dengan konsep kepemimpinan murid (student agency) di mana murid memiliki otonomi atas pembelajaran mereka.
2. Murid dapat mengambil kendali dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah misalnya dengan Merancang kegiatan pembelajaran: Murid dapat merancang kegiatan pembelajaran yang mereka anggap menarik dan efektif.