Mohon tunggu...
Rismawati Mangunsong
Rismawati Mangunsong Mohon Tunggu... -

Pemerhati lingkungan yg suka travelling dan menulis..

Selanjutnya

Tutup

Money

Bunga KPR BTN yang Mencekik

23 Agustus 2014   16:09 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:46 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Ketika membaca iklan pameran BTN di koran, saya jadi teringat pengalaman saya yang menjadi nasabah KPR di BTN. Di 2011 saya pun mengambil KPR di BTN di pameran. Saat itu BTN menawarkan 7% bunga tetap setahun. Saya percaya bahwa BTN adalah bank negara yang punya komitmen dalam memberikan fasilitas KPR yang bagus kepada masyarakat (tentunya dalam hal bunga) sehingga saya mengambil rumah type 36. Karena rumah di Depok maka saya pun masuk dalam BTN Depok.

Setelah bunga promosi selesai, BTN pun menaikan bunga saya menjadi 12%. Saya kaget dan mencoba mengajukan surat permohonan ke BTN di bulan Maret 2012 dan karena tidak ada jawaban saya susul dengan permohonan dengan mendatangani BTN Depok di Oktober 2012 dan juga secara tertulis melalui surat yang dikirim melalui jasa kurir. Upaya tidak berhenti, saya coba menelpon BT Depok. Namun semua usaha tersebut tidak membuahkan hasil jawaban, malah di tahun 2013 bunga KPR saya naik menjadi 12,5%. Saya marah sekali. Tetapi karena waktu itu sibuk saya tidak sempat untuk melanjutkan upaya saya. Di awal tahun 2014 bunga KPR saya naik lagi menjadi 13% dan saya sudah putus asa terhadap BTN. Bulan Mei 2014 saya mencoba membuat pernyataan komplain atas permohonan saya yang tidak pernah terjawab melalui BTN Mampang. Namun tidak ada jawaban dan di awal July saya menelpon BTN Call Center mengenai hal tersebut dan BTN meminta maaf dan berjanji akan menindaklanjuti permohonan saya dan saya disuruh menunggu untuk mendapatkan no pengaduan. Saya tunggu berhari-hari namun BTN Call Center tidak pernah mencoba menghubungi saya dan akhirnya saya menghubungi BTN Call Center seminggu kemudian untuk mendapatkan no pengaduan #00241296. Tanggal 17 Juli saya mencoba menelpon BTN Call Center dan ternyata belum ada jawaban mengenai pengaduan saya dan saya dijanjikan akan diinformasikan kembali paling lambat 20 hari setelah pengaduan sesuai dengan SOP mereka mengenai jawaban pengaduan. Namun sampai hari ini 24 Agustus saya belum mendapatkan informasi apapun mengenai permohonan saya, yang ada malah bunga KPR saya naik lagi menjadi 13,5%. Saya harap bagi yang ingin ambil KPR agar hati-hati dengan jebakan bunga KPR BTN. Bunganya sangat mencekik dan pelayanan sangat tidak bagus. Hal ini sangat tidak sesuai dengan visi misi BTN yang ingin membantu rakyat dalam hal perumahan. Saya berharap BTN bisa merespon permasalahan saya ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun