Ketrampilan berbicara adalah salah satu ketrampilan yang diperlukan oleh banyak orang. Berbicara terlihat mudah namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum. Sehingga diperlukan kemampuan atau ketrampilan untuk menguasainya. Meskipun terlihat mudah, berbicara didepan umum nyatanya merupakan hal yang menakutkan menurut sebagian orang apalagi untuk para siswa.  Banyak yang mengatakan "kan cuma ngomong doang, gampang mudah dilakukan". Tapi ternyata, ketika sudah berbicara di depan umum nyatanya banyak yang kurang pede dan malu .
Manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari senantiasa dihadapkan pada kegiatan berbicara. Di manapun kita berada, kita selalu dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara. Dengan berbicara seseorang berusaha mengungkapkan pikiran dan perasaannya kepada orang lain secara lisan.
Keterampilan  berbicara merupakan bagian dari kemampuan berbahasa yang bersifat aktif-produktif. Sekolah sebagai sarana Pendidikan diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berbicara siswanya.
Secara umum dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran di sekolah saat ini didominasi dengan kegiatan melatih kemampuan berbicara siswanya misal dalam kegiatan diskusi maupun presentasi.Â
Banyak siswa  menghadapi kesulitan  dalam mengungkapkan idenya di hadapan teman-temannya, ataupun sekadar bercerita di depan kelas atau pun berdiskusi secara teratur. Mereka seakan memiliki sikap enggan bahkan kebanyakan siswa malu untuk berbicara di depan teman - temannya.Â
Menurut mereka berbicara didepan kelas adalah hal yang menakutkan untuk sebagian besar siswa. Guru diharapkan berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan berbicara siswanya.
Ketakutan  untuk berbicara di depan umum  ternyata tidak hanya dirasakan oleh para siswa ketika disuruh tampil di depan. Bahkan ketakutan berbicara di depan umum nyatanya dirasakan juga oleh orang dewasa. Jadi, bukan cuma siswa saja  yang tiba-tiba deg-degan, keringat dingin, dan gugup kalau disuruh ngomong di depan umum. Di luar sana, banyak orang yang merasakan hal demikian. Agar kemampuan berbicara di depan umum meningkat perlu adanya Upaya pembelajaran yang baik di sekolah.
Upaya pengembangan pembelajaran yang baik adalah pembelajaran  yang aktif, inovatif, dan kreatif yang berpusat pada siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berbicara sehingga siswa akan terbiasa menyampaikan ide -- idenya tampa merasa takut . Guru yang baik selalu berpikir untuk mengaktifkan dan mengembangkan kemampuan siswanya dalam belajar.
Siswa perlu diberi kesempatan untuk mencoba mengembangakan dan menyampaikan idenya. Sehingga siswa terbiasa untuk mengasah kemampuan berbicaranya. Guru sebagai motivator diharapkan selalu memberikan motivasi agar kemampuan siswa khususnya dalam berbicara selalu meningkat. Salah satu kegiatan yang melatih kemampuan berbicara seseorang adalah kegiatan pidato atau ceramah.
Pidato adalah  kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Sedangkan ceramah merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum dalam situasi tertentu untuk tujuan tertentu dan kepada pendengar tertentu.