Mohon tunggu...
Warent Nteguh
Warent Nteguh Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Menulis, Membaca, Travelling, Game

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Beladiri Taekwondo Itu Keren

13 Juni 2024   21:22 Diperbarui: 14 Juni 2024   09:25 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengalamanku empat tahun bersama Taekwondo Indonesia di bawah bimbingan Club HATF Cabang Tangerang sangat berkesan. Bangga rasanya saat ini saya sudah sampai di titik sabuk merah strip 1, yakni tingkatan GEUP-1, yang kebetulan sesuai dengan kelas 8 SMP saya.

Awal mula saya terjun ke dunia taekwondo adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Di bawah bimbingan Sabeum-Sabeum yang hebat, saya dan teman-teman mulai berlatih sejak kelas 3 SD. Awalnya, saya tidak terbiasa bertelanjang kaki atau melakukan kegiatan fisik, namun perlahan saya menyesuaikan diri.

Di Club Taekwondo, kami diajarkan teknik-teknik dasar seperti menendang dan berbagai gerakan dasar lainnya. Pada awal pembukaan hingga empat bulan pertama, ekskul taekwondo sangat ramai. Namun, beberapa teman saya berhenti. Memang, dalam latihan olahraga atau ekskul jenis apapun, dukungan dari orang tua sangat dibutuhkan. Banyak anak lebih memilih bermain game sambil rebahan ('generasi rebahan') daripada berkeringat latihan fisik. Namun, saya tetap bersemangat dan terus berlatih.

Bangga rasanya mencapai sabuk merah strip 1 di usia 14 tahun. Perjalanan panjang saya di club taekwondo memberikan banyak manfaat yang lebih dari sekadar medali atau sertifikat.

Manfaat yang saya rasakan:

Manfaat pertama:Sebagai anggota taekwondo, saya mendapat keistimewaan dalam pergaulan sosial. Teman sebaya hampir tidak ada yang berniat membully atau melecehkan saya.

Manfaat kedua:Dari sisi pribadi, saya menjadi lebih:

  • Bertanggung jawab
  • Disiplin
  • Mampu bekerja sama
  • Taat beribadah dan patuh pada orang tua
  • Rajin
  • Mandiri
  • Hormat pada sesama
  • Menghargai orang lain
  • Positif dalam segala hal
  • Kreatif dan berpikiran maju

Manfaat ketiga:Di grup taekwondo, saya bergaul dengan teman-teman yang hebat, olahragawan, dan anti rokok serta narkoba. Kita tahu bahwa rokok dan narkoba merusak generasi muda.

Berdasarkan pengalaman saya, orang tua sebaiknya mendaftarkan putra-putrinya ke club olahraga sejak usia TK atau SD agar anak terbiasa dengan kegiatan fisik yang meningkatkan kecerdasan dan kreativitas.

Tingkatan sabuk taekwondo:

  • Sabuk putih
  • Sabuk putih kuning
  • Sabuk kuning
  • Sabuk kuning biru
  • Sabuk biru
  • Sabuk biru merah
  • Sabuk merah
  • Sabuk merah strip 1
  • Sabuk merah strip 2
  • Sabuk hitam (DAN I hingga DAN X)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun