Mohon tunggu...
Warent Nteguh
Warent Nteguh Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Menulis, Membaca, Travelling, Game

Selanjutnya

Tutup

Diary

Semangat Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024 Tingkat Kota Tangerang

12 Juni 2024   15:14 Diperbarui: 17 Juni 2024   09:46 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebenarnya, roh dan semangat OSN 2024 sudah hampir berlalu dari pikiranku. Namun, dukungan dan motivasi dari guru, keluarga, sahabat, dan teman se-club di WhatsApp group memberikan semangat untuk terus belajar dan memperdalam pelajaran di bidang sains IPA.

Berikut kisahnya:

Sekolah kami mengikuti ajang kompetisi akademik, yakni Olimpiade Sains Nasional (OSN). Seleksi dilakukan sebanyak tiga kali untuk seluruh kelas 7 dan 8. Dari seleksi tersebut, saya dan empat teman saya terpilih mewakili OSN Tingkat Kota. OSN Tingkat Kota berlangsung di akhir bulan Mei yang lalu. Saya dan teman-teman telah mengikuti lomba ini dengan antusias.

Kami semua menunggu hasil pengumuman kelulusan yang dijadwalkan pada tanggal 12 Juni. Hari yang dinanti-nanti akhirnya tiba. Guru kami mengirimkan PDF berisi daftar nama siswa yang lolos ke OSN Tingkat Provinsi melalui WhatsApp group.

Ternyata, nama saya tidak tercantum. Artinya, saya tidak lolos untuk masuk tingkat provinsi. Sedih, kecewa, dan penyesalan tentu ada. Namun, perasaan itu tidak berlangsung lama karena guru-guru dan orang tua saya selalu berkata bahwa kalah menang adalah biasa, dan yang terpenting adalah proses dan semangat belajar yang sudah saya jalani.

Meskipun saya belum lolos ke OSN-P, kebersamaan dan ilmu pengetahuan yang telah kami dapatkan dari guru pendamping IPA selama tiga bulan ini sangat berharga. Sepulang sekolah, kami berlima selalu masuk ke ruangan OSN IPA untuk menerima pelajaran dan mengerjakan soal-soal IPA. Lelah memang, tapi tetap menyenangkan.

Kiat-kiat saya dalam mempelajari bidang studi IPA:

  • Rajin membaca dari berbagai sumber.
  • Mengaplikasikan ilmu di kehidupan sehari-hari.
  • Rajin latihan soal-soal.

Kini, saya mengucapkan, "Selamat berjuang di OSNP kakak-kakak! Semangat dan tetap sehat yaa."

Untuk ibu guru pendamping, saya mengucapkan terima kasih atas ilmunya dan trik-trik cerdasnya.

Dan buat teman-teman yang belum lolos ke OSNP, tetap semangat ya guys, dan semoga kita bertemu lagi di olimpiade tahun depan.

Saya bangga ikut Olimpiade Sains Nasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun