Unggahan-unggahan Erina Gudono di instagram seputar aktivitas kulinernya memuat kejujuran, spontanitas, dan otentisitas. Tiga aspek yang mestinya dimiliki oleh para kreator konten kuliner.Â
Konten para food vlogger, food influencer dan youtuber kuliner mulai membosankan. Padahal semakin banyak kreator di bidang kuliner mestinya menawarkan kebaruan dalam ragam kontennya.
Memang beberapa kreator masih mengasyikkan untuk disimak. Misalnya street foods village di youtube yang konsisten menayangkan petualangan mencicipi makanan-makanan jalanan, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Konten street foods village tidak neko-neko. Melulu tentang aktivitas membeli makanan seperti biasa. Dari kanal streetfood vilage bisa diketahui bahwa ternyata banyak makanan murah dan enak di kota-kota besar seperti Jakarta.
Kreator lain yang kontennya masih lumayan menarik ialah Separuh Aku Lemak. Penyuka bakso bisa betah menyaksikan konten-konten buatan Separuh Aku Lemak. Sebab kreator ini gemari menyajikan aktivitasnya saat jajan bakso. Walau kadang cara menyantapnya berlebihan karena suka menuangkan banyak sambal, tapi konten-kontennya cukup memancing selera makan.
Kreator lokal pun punya konten yang tak kalah menarik. Ambil contoh di Yogyakarta, banyak influencer makanan yang eksis di media sosial, terutama instagram. Konten-konten mereka lumayan memperkaya perbendaharaan destinasi kuliner bagi warga Yogyakarta sendiri maupun wisatawan.
Akan tetapi semakin hari berbagai konten kuliner dari banyak food vlogger, youtuber maupun influencer cenderung menjemukan. Konten mereka pun mulai sering digugat oleh netizen. Akurasi dan kebenaran informasinya banyak disorot. Otentisitasnya kerap dipertanyakan.Â
Pada berbagai konten kuliner yang diunggah di instagram maupun youtube, semakin mudah dijumpai komentar yang menyanggah soal informasi harga, porsi, hingga rasa. Beberapa kreator dianggap tidak jujur dalam memberikan review. Melebih-lebihkan satu hal dan menutup-nutupi hal lainnya. Seolah hal semacam itu sudah menjadi SOP bagi setiap food vlogger, food influencer atau youtuber kuliner.
Pendek kata, kita merindukan kreator konten kuliner yang otentik, jujur apa adanya, dan spontan tanpa dibuat-buat.Â
Untungnya ada Mba Erina Gudono, mantan finalis Puteri Indonesia yang kini nampak mulai bertransformasi menjadi konten kreator kuliner. Namanya semakin sering diperbincangkan di media sosial. Terutama karena aktivitasnya menikmati aneka hidangan yang diunggah ke story instagram.Â
Kini setiap foto makanan dengan sedikit keterangan yang diunggahnya selalu jadi trending topic. Orang ramai membahasnya. Bahkan, media-media turut memberitakan. Â Dengan sendirinya Mba Erina telah diakui dan memenuhi syarat sebagai kreator kuliner atau food influencer terkenal.Â