Hujan mulai turun saat kereta Fajar Utama Solo dari Jakarta yang akan menuju Stasiun Balapan Solo singgah di Stasiun Kutoarjo pada Minggu (13/11/2022). Sementara satu jam lagi saya akan tiba di Stasiun Yogyakarta.
Dalam pikiran saya hujan kemungkinan besar juga sedang atau akan turun di Yogyakarta. Cukup merepotkan jika harus berjalan menjinjing tas dan koper menuju titik jemput ojek online di luar stasiun sambil membentangkan payung.
Memang bisa menunggu hujan reda atau mungkin hujan tak turun sama sekali di Yogyakarta. Namun, tak ada salahnya bersiap.
Oleh karena itu, saya putuskan untuk memesan taksi dari Stasiun Yogyakarta selagi saya masih berada di Stasiun Kutoarjo. Harapannya saat tiba di Yogyakarta dan hujan sedang turun, taksi untuk saya sudah tersedia.
Sebenarnya di dekat pintu kedatangan Stasiun Yogyakarta ada layanan pemesanan taksi online secara instan. Sebut saja Grab Car Instan dan Go Car Instan. Akan tetapi berdasarkan pengalaman, layanan taksi instan tersebut lebih mahal dan tetap butuh waktu untuk menunggu armada taksinya.
Maka bukan cara itu yang saya pilih untuk memesan taksi. Saya memanfaatkan aplikasi KAI Access yang biasa digunakan untuk membeli tiket kereta api. Sebab sekarang aplikasi tersebut memiliki fitur dan layanan yang lebih beragam. Bisa untuk memesan makanan di kereta. Bisa pula untuk memesan taksi guna antar jemput penumpang dari dan menuju stasiun.
Hujan yang turun di Stasiun Kutoarjo mendorong saya untuk mencobanya kali pertama. Pemesanan taksi pun saya lakukan saat kereta sedang berhenti di stasiun ini.
Memesan taksi menggunakan aplikasi KAI Access ternyata mudah. Mula-mula saya membuka menu tiket dan memilih tiket aktif yang keretanya sedang kita tumpangi.
Otomatis saya akan dibawa ke halaman boarding pass. Pada bagian paling bawah halaman boarding pass ada menu "Layanan" yang ketika diklik akan tersedia beberapa layanan yang bisa ditambahkan. Yakni "Bagasi Sepeda", "Taksi", "Asuransi Perjalanan", "Railfood", dan "Bus".
Ketersediaan pilihan layanan tergantung setiap stasiun dan kereta. Misal, di stasiun tertentu layanan Taksi tidak bisa dipilih yang artinya antar jemput taksi belum difasilitasi oleh KAI Access.