Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Merasakan "Semangat Muda" dan Optimisme Masa Depan lewat Danamon Digital Journey

29 November 2017   17:01 Diperbarui: 29 November 2017   17:14 1596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dunia digital telah melahirkan banyak perubahan. Tidak hanya dalam praktik kehidupan masyarakat, tapi juga dalam bisnis perbankan. Selama beberapa tahun terakhir kita menyaksikan bank-bank berlomba melakukan terobosan dengan berbagai cara, terutama mengandalkan teknologi digital, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan masyarakat. Kita juga sudah merasakan manfaat dari berbagai layanan dan fasilitas bank yang semakin mempermudah urusan bertransaksi, melakukan pembayaran, transfer, dan sebagainya. 

Namun, dunia digital yang semakin maju saat ini tak lagi cukup hanya direspon dengan "cara biasa". Perilaku, kebiasaan, dan kebutuhan masyarakat yang sudah jauh berkembang karena pengaruh teknologi digital menuntut bank untuk menyesuaikan diri secara tepat. Bank perlu berinovasi dengan mengedepankan bettercustomer experience yang mengacu pada trend gaya hidup digital terkini.

Hal itulah yang dilakukan oleh Bank Danamon. Bank yang didirikan pada 1956 dengan nama Bank Kopra Indonesia ini memperteguh transformasi digitalnya dengan mengoptimalkan dan mengkolaborasikan berbagai sarana komunikasi/publikasi, mulai dari website, twitter, facebook, instagram, hingga youtube. Bank Danamon menyebut terobosannya ini sebagai Digital Journey.

Corporate Website Modern

Era perjalanan digital ala Danamon ditandai dengan peluncuran corporate websitewww.danamon.co.id yang lebih modern. Melalui situs web dengan pilihan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tersebut, Bank Danamon tidak hanya memperkenalkan profil perusahaan, mengkomunikasikan produk dan layanannya, tapi juga menginformasikan kebijakan, prestasi, serta berita-berita lainnya yang perlu diketahui oleh masyarakat dan nasabah. Semuanya bisa diakses melalui bilah utama di bagian atas tampilan home.

Website Bank Danamon juga menyertakan bilah samping yang menyediakan akses pintas untuk lima fitur, yaitu Hubungi Kami,  Kurs,  D-Point, Temukan Kami, dan E-Banking. Kelimanya bisa diakses dengan mudah dan lancar. Ketika mencoba fitur Temukan Kami, didapatkan informasi tentang kantor cabang dan ATM Danamon terdekat disertai bantuan peta digital yang akurat.

Tampilan modern corporate website Bank Danamon (sumber: danamon.co.id).
Tampilan modern corporate website Bank Danamon (sumber: danamon.co.id).
Corporate website Bank Danamon dengan layanan Saatnya Pegang Kendal (sumber: danamon.co.id).
Corporate website Bank Danamon dengan layanan Saatnya Pegang Kendal (sumber: danamon.co.id).
Dari segi isi, informasi-informasi yang ditampilkan pada bilah utama dan samping mungkin tidak jauh berbeda dengan website bank pada umumnya. Tapi bagi masyarakat yang sudah melekat dengan informasi perbankan, pasti akan merasakan inovasi dan perubahan yang dilakukan Bank Danamon. 

Kesan dinamis dan "muda" sangat terasa ketika berselancar di website Danamon. Foto-foto menarik berukuran besar ditampilkan secara bergulir di bagian depan sebagai teaser dari informasi yang ada di dalamnya. Selain tampilan yang kekinian, kontennya juga mudah diaskes dan menarik disimak . Berbagai informasi disusun dalam kategori-kategori secara rapi sehingga halaman home tidak terlihat sesak, meski ada banyak foto yang disajikan.

Hal baru lainnya dari corporate website Danamon adalah hadirnya subkanal "Saatnya Pegang Kendali" yang menjadi media sosialisasi sekaligus sarana bagi Danamon untuk mengajak nasabah dan masyarakat untuk mengembangkan hidup. Ada enam kategori di "Saatnya Pegang Kendali", yaitu Featured, Untuk Kamu yang Muda, Memulai Karir & Usaha, Anda & Keluarga Tercinta, Tumbuhkan Pendapat/Bisnis, Rencana Hari Tua.

Setiap kategori berisi informasi dan tips yang berguna sehingga masyarakat mendapatkan pengalaman lebih ketika mengaksesnya. Satu lagi, semua keunggulan yang dihadirkan website Bank Danamon juga bisa diakses melalui perangkat smartphone.

Media Sosial yang Kreatif dan Komunikatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun