Mohon tunggu...
Wardatus Sholihah
Wardatus Sholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Malang

Semangatt

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Seberapa Pentingnya Moral Untuk Anak Usia Dini?

5 November 2022   10:49 Diperbarui: 5 November 2022   10:53 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konsep Perkembangan Moral Anak (fatonikeren.blogspot.com)

Terkadang kita menganggap bahwa perkembangan moral itu tidak begitu penting bagi diri kita sendiri. Nyatanya jika kita lihat-lihat perkembangan zaman saat ini perkembangan moral itu begitu penting khususnya untuk anak usia dini karena perkembangan moral mengajarkan kepada anak untuk bersikap sopan kepada kedua orang tua, guru dan orang-orang yang lebih tua dari mereka. Jika perkembangan moral tidak diajarkan sejak anak usia dini maka dampaknya akan terlihat saat masa-masa remaja mereka. Terkadang kita melihat hal-hal yang berhubungan dengan kurangnya moral yang dimiliki yaitu saat berada di sekolah. Biasanya anak remaja banyak yang berperilaku tidak sopan dengan gurunya, seperti mendahulukan gurunya ketika sedang berjalan bersama, menganggap gurunya sebagai temannya sendiri, dan masih banyak lagi. Na hal tersebut jika kita cari tahu pasti ketika masa-masa usia dini orang tua kurang memperhatikan perkembangan moralnya.

Na maka dari itu, di artikel kali ini kita akan membahas tentang perkembangan moral anak usia dini. Ayo kita cari tahu apa si perkembangan moral itu? Bagaimana si teori perkembangan moral menurut Piaget dan Kolhberg? Apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan moral anak usia dini? Apa saja tahap perkembangan nilai moral anak? Bagaiman upaya meningkatkan perkembangan moral anak usia dini?

Perkembangan Moral Anak Usia Dini

Pendidikan pertama yang diterima seorang anak pada tahap kehidupannya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan hal itu sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak selanjutnya. Agar anak memiliki masa depan jangka panjang, pendidikan anak usia dini memiliki peranan penting. Anak akan berkembang terus menerus sepanjang hidupnya. Tingkat pendidikan anak tidak mempengaruhi perkembangannya, yang akan berlanjut secara terus-menerus sampai anak akhir hayatnya.

Perkembangan moral pada anak usia dini merupakan suatu metode untuk memperkenalkan aturan-aturan sosial kepada lingkungan sejak dini. Upaya perkembangan moral tidak hanya dilakukan sebagai bagian dari kehidupan budaya, tetapi juga dilakukan sebagai bagian dari upaya pelestarian etika, norma, nilai-nilai dan tata krama yang sejalan dengan kehidupan manusia yang sudah diajarkan dan ditanamkan sejak dini.

Pada saat lahir, tidak ada anak manusia yang memiliki hati Nurani atau skala nilai. Akibatnya, setiap bayi yang baru lahir dapat di anggap amoral atau nonmoral (Fawzia A. Hadis, 1999:75). Maksud dari pendapat tersebut bahwa kemuliaan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya terletak pada keagungan manusia yang menjunjung tinggi moralitas dalam kehidupannya. Tentunya hal tersebut memerlukan proses pendidikan yang tidak mudah.

Perkembangan perilaku moral anak jelas berbeda-beda, ada kalanya berkembang pesat dan ada kalanya berkembang terlalu lambat. Salah satu proses yang dialami anak dalam bentuk perubahan tingkah laku, budi pekerti, maupun akhlak mulia, dan perkembangan karakter anak berbeda-beda sesuai dengan bertambahnya usia.

Perkembangan ini terjadi dalam tubuh atau pikiran anak. Untuk membantu anak memahami perbedaan antara benar dan salah dan bagaimana berperilaku dengan tepat, orang tua dan guru harus lebih memperhatikan bagaimana anak-anak mereka berkembang di sekolah.

Ketika seorang anak melakukan kesalahan, orang tua dapat menegur anak dan memberikan penjelasan atas kesalahan tersebut serta memberi tahu anak tentang perilaku buruk yang dilakukannya. Orang tua mempunyai peran penting di rumah dalam bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak mereka agar memiliki perkembangan moral yang baik. Pengasuhan yang seperti itulah sangat berpengaruh baik terhadap pembentukan moral dalam diri anak.

Teori Perkembangan Moral Menurut Piaget

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun