Mohon tunggu...
WardahMima
WardahMima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gaya Pengajaran Guru Terhadap Semangat Belajar Siswa

19 November 2024   08:08 Diperbarui: 19 November 2024   08:23 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gaya mengajar guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses belajar siswa. Gaya mengajar yang efektif dapat meningkatkan pencapaian akademik siswa.

Aspek penting mengenai bagaimana gaya pengajaran dapat memahami semangat belajar siswa:
1. Gaya pengajaran interaktif
Gaya pengajaran yang interaktif, di mana guru melibatkan siswa secara aktif dalam diskusi pemecahan masalah aktivitas kelompok, cenderung meningkatkan semangat belajar siswa. Siswa merasa dihargai dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
Contohnya guru menggunakan metode tanya jawab, permainan edukatif atau proyek kolaboratif untuk menarik perhatian siswa.
2. Gaya pengajaran otoriter
Gaya pengajaran yang terlalu otoriter di mana guru mendominasi kelas tanpa memberi ruang bagi kreativitas atau partisipasi siswa, dapat menurunkan semangat belajar, dan siswa sering merasa tertekan serta takut membuat kesalahan.
Contohnya guru yang hanya memberikan ceramah tanpa memberi kesempatan siswa bertanya atau berpendapat.
3. Gaya pengajaran inovatif
Guru yang menggunakan teknologi media kreatif atau pendekatan yang tidak bisa sering memicu rasa ingin tahu dan semangat belajar siswa, hal ini terutama berlaku bagi generasi muda yang akrab dengan teknologi.
Contohnya penggunaan aplikasi pembelajaran dan video interaktif.
5. Gaya pengajaran yang empatik
Guru yang menunjukkan empati terhadap kebutuhan dan kesulitan siswa biasanya mampu membangun hubungan positif, yang meningkatkan semangat belajar. Siswa merasa didukung dan termotivasi untuk berusaha lebih baik.
Contohnya guru mendengarkan masalah pribadi siswa dan memberikan dorongan moral.

Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas gaya pengajaran:
1. Kesesuaian dengan karakter siswa
Tidak semua siswa merespon dengan baik pada satu jenis gaya pengajaran. Beberapa mungkin lebih suka pendekatan langsung, sementara yang lain membutuhkan pendekatan kreatif.
2. Lingkungan kelas
Lingkungan yang nyaman dan kondusif juga mendukung gaya pengajaran yang diterapkan.
3. Kompetensi guru
Guru yang memahami materi dan metode pengajaran dapat mempengaruhi semangat belajar siswa lebih efektif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun