Mohon tunggu...
Waras Non Sari
Waras Non Sari Mohon Tunggu... Guru - Saya adalah lulusan PPG Prajabatan Gelombang 1 UAD

Hai everyone! Sekarang, sedang aku sedang belajar bermudah dalam positif thinking segala hal

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Esai Pelaksanaan Proyek Kepemimpinan Bagi Individu PPG Prajabatan 2022

28 Oktober 2023   19:59 Diperbarui: 28 Oktober 2023   20:11 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan adalah wadah bagi calon guru yang mungkin belum memiliki keterampilan dalam mengajar maupun memimpin. Dengan adanya proyek kepemimpinan  ini  sangat  baik  untuk  memberikan  pengertian  sekaligus  contoh  dan kegiatan dalam memimpin yang baik. Dalam mengikuti proyek kepemimpinan 1 ini, saya mendapat kesempatan untuk bekerja kelompok bersama teman-teman hebat dari berbagai daerah, sikap, sifat, dan pengalaman. Dalam proyek ini kami memiliki rencana untuk mengoptimalisasi laboratorium Fisika SMA melalui workshop penyusunan panduan praktikum atau LKPD. Manfaat dari kegiatan  yang akan diadakan adalah peserta workshop mendapatkan ilmu untuk melakukan penyusunan panduan praktikum atau LKPD, dan menghasilkan draf LKPD yang siap digunakan dalam pembelajaran.  Kelompok  kami  telah  melaksanakan  perencanaan  dengan  baik. Dalam kelompok masing-masing anggota memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus diemban yang akan saling melengkapi. Kinerja dan kemajuan kelompok baik terbukti hingga saat ini, keterkaitan dengan acara seperti proposal sudah jadi dan direvsisi sesuai refleksi atau masukan dari pihak luar yaitu Kepala Sekolah salah satu SMA. Komunikasi antar kelompok juga dapat berlangsung dengan baik dan aktif dengan adanya diskusi tukar pikiran, sanggah, dan saran untuk kebaikan dalam acara. Kelompok terdiri dari anggota yang memiliki pengalaman beragam yang mendapatkan tugas sesuai dengan porsinya.

Berkaitan dengan kerjasama kelompok dengan teman-teman yang memiliki beragam latar belakang dari segi usia, kesibukan, dan kematangan tentunya memberi pengalaman emosi tersendiri. Meski demikian, kami selalu memegang kewajiban kepada tugas kelompok kami yang harus memberikan progress atau kemajuan di setiap minggunya. Saya juga merasa beruntung dapat bekerja kelompok dengan teman-teman yang konsisten sehingga kerja dan kemajuan kami dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan sedikit hambatan yang dapat dilewati bersama. Melalui Proyek Kepemimpinan ini, saya juga merasa senang karena dapat berkuliah untuk mencari masalah di lapangan dan solusinya. Diskusi di belakang layar, presentasi, dan refleksi adalah kegiatan kami yang berulang untuk memberikan penambahan keahlian/keterampilan. Terimakasih teman-teman, pak Eko selaku dosen mata kuliah, pihak luar terkait, dan UAD.

Pada mata kuliah Projek Kepemimpinan ini betul-betul memberikan pengalaman dan pelajaran kepada saya tentang diskusi kelompok akan suatu rancangan kegiatan yang bertahap dan saling berkaitan di setiap tahapannya. Tanpa disadari hal tersebut juga dapat melatih kesadaran saya untuk melakukan tahapan refleksi dalam setiap tahapan kegiatan. Saya juga berharap, hal yang sudah baik ini dapat saya terapkan tidak hanya di diskusi kelompok selama perkuliahan ini saja tetapi juga dapat saya terapkan di duni nyata/kerja nantinya.

Peran saya di dalam keanggotaan panitia proyek yang akan dilaksanakan adalah sebagai penanggung jawab humas. Dalam hal ini saya bekerja sebelum pelaksanaan workshop untuk mengkomunikasikan terkait acara dengan pihak pengisi seminar, mengkomunikasikan terkait perizinan menggunakan laboratorium dengan pihak sekolah yang dituju, dan mengkomunikasikan terkait sebaran poster workshop dengan pihak peserta (guru, komunitas guru, mahasiswa, dan komunitas mahasiswa).

Refleksi diri terkait dengan keterlibatan diri dalam proses belajar Proyek Kepemimpinan ini, yaitu saya ingin lebih baik dalam:

Mengikuti diskusi kelompok secara online dengan cepat dan tanggap

Mementingkan kepentingan kelompok diatas kepentingan pribadi. Terkadang, saya masih tetap berada di kolom chat lain atau layar lain ketika obrolan di grup kelompok baru dimulai

Memberikan dengan ikhlas waktu, tenaga, pikiran untuk mencapai visi dan misi kelompok

Mencermati lebih detail atau mengoreksi hasil kerja diskusi kelompok setelah diskusi kelompok selesai. Seringkali, saya tidak melakukan hal demikian dan teman saya yang lebih sering mengingatkna hal-hal terkait koreksi hasil diskusi bersama di grup

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun