Mohon tunggu...
Barkah Apri Saputro
Barkah Apri Saputro Mohon Tunggu... -

mahasiswa ...........

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Terpadu

14 Oktober 2010   12:54 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:26 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembelajaran terpadu merupakan suatu terobosan dalam dunia pendidikan yang memunculkan pembaharuan dalam dunia pendidikan. Konsep pembelajaran terpadu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Berpusat pada anak (Child centered)

2. Memberikan pengalaman langsung (Otentik)

3. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai minat dan kebutuhan anak

4. Menyajikan berbagai konsep bidang studi dalam suatu pembelajaran

5. Bersifat luwes

6. Pemisahan bidang studi tidak begitu jelas

Dari ciri-ciri diatas dapat dijabarkan bahwa pembelajaran terpadu mengutamakan kebebasan anak untuk memiliki dan memahami materi belajar dengan cara yang baru yang tentunya membuat peserta didik tidak takut menghadapi pelajaran. Pengalaman yang diberikan langsung dalam pembelajaran akan tetap bertahan dan selalu teringat sebagai sesuatu yang menyenangkan, tetapi kesenangan siswa juga harus diberi batasan-batasan tertentu agar siswa tidak menyalahi aturan yang diterapkan. Adanya batasan pada siswa dallam menguasai konsep-konsep pembelajaran tersebut harus diimbangi dengan sikap pengendalian diri yang kuat sehingga guru berkewajiban menanamkan masing-masing siswa untuk dapat mengendalikan diri. Pengendalian akan didapat melalui proses,laksana petani menanam padi disawah dimana petani tersebut harus rajin merawat, menjaga, dan memberi nutrisi kepada padi tersebut, begitu juga dengan guru yang harus memberikan sikap pengendalian diri dengan baik dan melalui beberapa siklus. Bila siswa menikmati dalam belajar, maka pembelajaranpun akan berhasil dengan sempurna diterapkan terhadap siswa, layaknya pasangan yang saling mencintai, mereka akan saling mengerti dan memberi tanpa kenal batas waktu.

Pembelajaran terpadu mempunyai kelebihan untuk menjadikan anak tidak bosan terhadap materi pelajaran. Anak akan merasa senang dan mencintai materi pelajaran tanpa ada rasa takut ataupun ketidakmampuan. Karena kegiatan yang dilakukan akan diseleksi sesuai dengan kesukaan peserta didik, maka hal ini akan menimbulkan motivasi baru yang lebih menggairahkan. Terpenting siswa diarahkan untuk mendapatkan rekaman pengalaman baru karena siswa dilibatkan langsung dalam materi sehingga keterampilan siswa pun dapat diasah dengan baik dan benar yang berdampak juga terhadap perwujudan anak yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Di era sekarang hampir survei membuktikan bahwa kehidupan akan menjorok ke model individualistic. Menurut Thomas Hobbes, negara yang menganut paham individualistic meliputi eropa barat dan amerika. Untuk itu dengan jiwa warga indonesia yang mementingkan musyawarah dan tenggang rasa agar jangan sampai dirusak karena konsep pendidikan yang salah yang menjurus kepada ajaran Thomas Hobbes.

Prinsip-prinsip Pembelajaran Terpadu

1. Prinsip Pelaksanaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun