Mohon tunggu...
Wandha Audia Magfirah
Wandha Audia Magfirah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

"Don't let the noise of other's opinions drown out your own inner voice" - Steve Jobs

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Pokok dalam Aspek Pasar

5 Oktober 2023   18:37 Diperbarui: 5 Oktober 2023   18:42 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam Jurnal Risti Yuniarsih, dkk, mengatakan bahwa hal pokok dalam aspek pasar yaitu permintaan dan penawaran yang di mana permintaan adalah factor yang mempengaruhi permintaan suatu jasa yang mencakup harga barang itu sendiri, harga barang lainnya, pendapatan, selera jumlah penduduk dan faktor khusus, serta penawaran ialah jumlah barang/jasa yang ditawarkan produsen yang harganya naik/turun di waktu tertentu (Yuniarsih, R, dkk, 2023). Sejalan dengan jurnal sebelumnya, dalam jurnal Santi Nurjannah juga mengatakan bahwa hal pokok/penting dalam aspek pasar yaitu penawaran dan permintaan. Sehingga pada aspek ini menunjukkan hasil yang positif bahwa penjualan produk minuman instan CheckHup setiap tahunnya mengalami permintaan 7-8% per tahun (Nurjannah, S, 2013). Dalam jurnal utama juga sependapat seperti jurnal-jurnal sebelumnya bahwa konsep pokok/utama pada aspek pasar terfokus pada permintaan dan penawaran, yang di mana pada poin permintaan menunjukkan jumlah permintaan produk pada usaha pakaian Ginza.id dapat mencapai 10-20 baju setiap harinya tetapi meningkat drastic Ketika menjelang hari-hari besar seperti lebaran, tahun baru dan natal yang mencapai 40-50 baju setiap hari sedangkan pada poin penawaran menunjukkan bahwa Ginza.id memberikan penawaran yang menarik bagi konsumennya dengan adanya potongan harga bagi konsumen yang membeli produk dalam jumlah besar dan pembeli grosiran (Sapulette, S.G, dkk, 2023).

Dalam jurnal utama aspek pasar dan pemasaran menjadi peran penting untuk berlanjutnya usaha/bisnis. Aspek ini dilakukan untuk menilai penjualan produk yang dipasarkan serta pengembangan usaha/bisnis yang direncanakan (Sapulette, S.G, dkk, 2023). Kemudian dalam jurnal Dony Yanuar berbeda pendapat dengan jurnal utama yang mengatakan bahwa konsep pokok dalam aspek pasar ada 3 yaitu permintaan, penawaran, dan bentuk pasar yang menjadi fokus/konsep pokok aspek pasar dalam penelitiannya (Yanuar, D, 2016). Sedangkan dalam jurnal Iir Tsamrotur Rofa, dkk berbeda dengan pendapat sebelumnya yang mengatakan bahwa dalam aspek pasar yaitu terdapat 5 poin yang menjadi titik fokus/hal pokok penelitian yaitu penawaran, permintaan, bentuk pasar, estimasi dan peramalan permintaan, serta pengambilan keputusan (Rofa, I. T, dkk, 2022). Sama halnya pada jurnal utama, dalam jurnal ini juga mengatakan bahwa aspek pasar penting karena tidak ada bisnis yang dapat bertahan lama tanpa minat untuk barangan dagangan. Pada jurnal Nina Lutfia, dkk yang menjadi fokus pada aspek pasarnya ialah menciptakan pasar potensialnya sendiri dalam penelitiannya yang menunjukkan bahwa permintaan pasar terhadap lampu neon semakin meningkat dari tahun ke tahun dan perluasan wilayah pemasaran meliputi Jawa Tengah yang akan menambah besar pasar potensialnya (Lutfia, N, dkk, 2004).

Dalam jurnal utama pada aspek pasar yang menjadi konsep pokok yaitu permintaan dan penawaran yang di mana kedua poin tersebut menunjukkan hasil yang positif seperti pada permintaan yang meningkat serta penawaran menarik yang ditawarkan Ginza.id kepada konsumen (Sapulette, S.G, dkk, 2023). Kemudian pada jurnal Sabda Dian Nurani Siahaan dan Novita Indah Hasibuan jauh berbeda dengan jurnal utama dan pembeda lainnya yang mengatakan bahwa hal penting yang harus diperhatikan dalam aspek pasar dan pemasaran adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu penyaluran dan komunikasi nilai-nilai pelanggan (customer value) kepada pasar. Ada 4 komponen dari marketing mix yaitu product, price, place, dan promotion. Konsep pasar dan pemasaran yang diterapkan oleh restoran Chicken Crush Tuasan Medan menekankan pada proses penjualan dari produsen kepada konsumen, sistem tersebut bertujuan untuk memperoleh laba dan keuntungan menggunakan sistem marketing mix (Siahaan, S. D. N, dkk, 2021). Berbeda pendapat dengan jurnal sebelumnya, dalam jurnal Andre Setiawan mengatakan bahwa pada aspek pasar hal-hal yang menjadi pokok/utama adalah untuk mengetahui berapa besar luas pasar, dan pertumbuhan permintaan dari produk/jasa yang bersangkutan yang menunjukkan bahwa permintaan pasar akan Rumah Makan Kehidupan cukup menjanjikan untuk pembukaan cabang baru dan juga masakan vegetarian cukup banyak di minati oleh pasar di kota Bandung (Setiawan, A, 2018). Adapun kesimpulan dari jurnal utama bahwa studi kelayakan pengembangan usaha Ginza.id ditinjau dari beberapa aspek yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek teknik produksi, aspek keuangan, aspek manajemen dan aspek hukum. Hasil analisis dari setiap aspek tersebut menyimpulkan bahwa usaha Ginza.id dikatakan layak, karena telah memenuhi kriteria/indikator. Ginza.id merupakan usaha yang bergerak di sektor pakaian/fashion yang memiliki konsep simple dan nyaman. Adanya usaha Ginza.id dapat meningkatkan ekonomi dikalangan anak muda juga dapat bermanfaat bagi stakeholder Ginza.id seperti karyawan, konsumen maupun pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masing-masing pihak (Sapulette, S.G, dkk, 2023)

.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun