BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman, dunia pendidikan khususnya diberikan tuntutan untuk dapat berkontribusi dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas. Berhasilnya dunia pendidikan menjadi sebuah harapan besar bagi seluruh masyarakat daerah maupun wilayah kota. Maka dari itu, saat ini kompetensi yang dimiliki oleh guru menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dan kualitas pendidikan di sekolah.
Di era digital yang semakin berkembang, teknologi telah menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dalam segi kehidupan terutama dalam dunia pendidikan. guru harus mampu beradaptasi dari setiap perkembangan teknologi yang terjadi. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang lebih menarik sehingga dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serda dapa mendorong kreativitas dan antusias siswa dalam proses pembelajaran yang berlangsung.
Dengan perkembangan teknologi ini, tentunya akan banyak tantangan yang terjadi dalam pendidikan, siap atau tidak siap, dengan pesatnya perkembangan teknologi, pendidikan harus mampu menyesuaikan perkembangan tersebut. Hal tersebut yang harus menjadikan seorang guru untuk dapat memiliki kompetenssi yang harus dikuasai, sebagaiman hal tersebut merupakan salah satu tugas utama bagi seorang guru. Dimana ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yang mana salah satunya adalah kompetensi pedagogik.
Kompetensi pedagogik guru merupakan kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan seorang guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan. Menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Kompetenssi pedagogik ini sangatlah penting untuk dapa menciptakan proses pembelajaran yang lebih berkualitas. Dengan hal ini, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sangatlah berperan penting dalam mendukung pengembangan kompetensis pedagogik guru dengan memberikan fasilitas atau menyediakan sumber daya, pelatihan, dan tentunya dukungan yang dibutuhkan.
Dalam pembelajaran, peran media sangatlah penting untuk dapat meningkatkan semangat dan pemahaman peseta didik terhadap materi yang dipelajari. Dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi, peserta didik akan lebih antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu, guru harus mampu memanfaatkan dan menggunakan teknologi yang dapat meningkatkan proses pembelajarn yang menyenangkan bagi peserta didik, sehingga dapat meningkakan hasil belajar peserta didik.
Namun, meskipun sudah tersedianya teknologi, terkadang masih terdapat tantangan-tantangan yang terjadi dalam menerapkannya di kelas. Terdapat beberapa guru seringkali mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi secara optimal yang mana banyak disebabkan oleh kurangnya pelatihan ataupun pemahaman tentang cara pengoprasian teknologi dalam pembelajaran.
Dengan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana Kompetensi Pedagogik Guru dalam memaanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran di SDN Serang 14 serta bagaimana peran Manajemen Berbasis Seklah dapat mendukung Pengembangan Kompetensi Pedagogik guru tersebut.
B. Rumusan Masalah
Bagaimana Kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran?
Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi?
Apa tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan teknologi dalam proses pembelajara?
Bagaimana upaya dan solusi yang dapat dilakukan dari kendala yang dihadapi?
C. Tujuan Pembahasan
Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran
Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi
Untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran
Untuk mengetahui upaya dan solusi yang diberikan untuk mengatasi kendala tersebut.
BAB II
METODE DAN PEMBAHASAN
A. Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan studi dokumentasi. Pendekatan kualitatif ini merupakan metode penelitian yang memberikan pemahaman mendalam terkait fenomena sosial melalui pengumpulan data secara deskriptif. Metode kualitatif ini digunakan oleh peneliti dengan kondisi objek yang bersifat ilmiah (Sugiyono, 2015: 209).
Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui proses wawancara secara mendalam dengan salah satu guru di SDN Serang 14. Wawancara ini dilakukan secara langsung, yang dimana pertanyaan wawancara sudah disiapkan sebelumnya oleh peneliti. Wawancara ini dilakukan agar peneliti mendapatkan informasi yang lebih mendalam terkait penelitian yang dilakukan
B. Pembahasan
1. Kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran
Sebagai seorang pendidik, guru diwajibkan untuk dapat merancang semua perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran serta melakukan evaluasi setelah pembelajaran. dimana semua kemampuan tersebut merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik. Menurut (Suryana,2013) menjelaskan bahwa kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang di dalamnya meliputi pemahaman mendalam mengenai wawasan atau landasan kependididkan, kemampuan dalam memahami peserta didik, melakukan perancangan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermanfaat, mempu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran serta dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Dengan hal ini, tugas guru bukanlah hanya sekedar mengajar di depan kelas saja, melainkan harus memapu merancang semua perangkat pembelajaran agar dapat terlaksananya proses pembelajaran yang sesuai untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kompetensi pedagogik sendiri merupakan kompetensi yang memiliki berbedaan tersendiri dengan kompetensi ataupun profesi lainnya. Dimana kompetensi pedagogik ini harus mampu menguasai segala pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan karakteristik peserta didik, serta guru juga harus mempelajari psikologi dari peserta didiknya. Dengan memiliki kompetensi pedagogik ini, guru diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran dengan lebih efektif dan lebih bermakna bagi peserta didik, serta mampu memecahkan setiap permasalahan yang dialami oleh peserta didik dalam pembelajaran. kompetensi pedagogik ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam mengelolaa kelas pada saat pembelajaran, merancang semua kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran hingga proses evaluasi hasil pembelajaran peserta didik. Selain itu, kompetensi pedagogik ini juga memiliki peran penting dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
Perkembangan teknologi saat ini, menjadikan guru sudah seharusnya mempu mengembangkan kualitasnya dalam menyesuaikan perkembangan zaman yang semakin maju. Dengan memahami penggunaan teknologi dalam penggunaan media pembelajaran, dapat meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Dengan hal ini, perlu diketahui bahwa guru dapat mengombinasikan antara kemampuan pedagogiknya dengan kemampuan dalam menggunakan teknologi untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih efektif.
Tentunya, dalam upaya tersebut sangatlah dibutuhkan kerjasama yang harus dilakukan antara guru, kepala sekolah dan sekolah/instansi pendidikan tersebut, hal tersebut untuk dapat membantu guru dalam meningkatkan kompetensinya secara maksimal. Sehingga, dengan adanya dukungan tersebut, guru akan lebih mudah untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan teknologi dalam menunjang proses pembelajaran yang akan menjadikan pembelajaran dalam berjalan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Kompetensi pedagogik ini sangatlah penting dalam membantu guru melaksanakan proses pembelajaran yang lebih menarik. seperti dari hasil wawancara yang telah dilakukan oleh salah satu guru di SDN Serang 14 mengenai kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi pada pembelajaran. Narasumber menjelaskan
“menurut saya kompetensi pedagogik itu sangat penting, kenapa? Karena kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik. Dengan guru memiliki kemampuan pedagogik, guru akan mengetahui bagaimana karakteristik anak dan dengan karakteristik tersebut guru bisa menggunakan metode atau model pembelajaran yang tepat untuk digunakan, kemudian mampu untuk mengemas materi yang baik atau bahan ajar yang baik ssuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik itu sendiri”. (Guru SDN Serang 14)
Seperti yang sudah disampaikan oleh narasumber, kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru erat kaitannya dengan perkembangan teknologi saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat, guru harus mampu beradaptasi untuk dapat menggunakan berbagai alat teknologi yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran. Narasumber menjelaskan bahwa:
“menurut saya kompetensi pedagogik guru itu merupakan salah satu kemampuan guru juga dalam memilih metode atau model pembelajaran yang tepat, yang mana bisa diaplikasikan dengan teknologi, seperti misalnya guru bisa menyusun materi dengan menggunakan sebuah canva atau membuat sebuah game yang berbasis teknologi sesuai dengan materi yang akan disampaikan”. (Narasumber)
Dari penjelasan narasumber tersebut, kemampuan pedagogik guru dapat memunculkan sebuah gaya pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik, yang mana pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatka teknologi tersebut dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. contoh pembelajaram yang menggunakan teknologi seperti yang dijelaskan oleh narasumber yaitu seperti menggunakan platform canva atau membuat permainan berbasis teknologi yang bisa diaplikasikan melalui debat ataupun diskusi antar peserta didiknya. Dengan begitu, peserta didik akan memilki kesempatan untuk dapat belajar dengan cara yang tidak monoton atau membosankan.
2. faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi
kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik yang mana nantinya akan memberikan pengaruh besar terhadap tujuan sekolah atau tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Sehingga kompetensi pedagogik ini sangatlah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. dalam kompetensi pedagogik sudah dijelaskan bahwa, guru adalah seseorang yang harus bisa memahmi karakter peserta didik berdasarkan lingkungan sosial dan latar belakang dari masing-masin peserta didik.
berikut ini terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi:
- pengalaman pelatihan.
Pengalaman pelatihan ini akan menunjukan seberapa banyak ilmu yang sudah di dapatkan dan dilalui oleh seorang guru mengikuti pelatihan dalam kependidikan. Dengan pengalaman pelatihan ini, guru akan lebih mudah memahami tipe belajar peserta didik yang berbeda-beda, sehingga guru akan lebih mudah dalam memahami setiap peserta didik. pengalaman pelatihan ini juga dapat memudahkan guru untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan di dunia pendidikan, terkhusus perkembangan teknologi. Guru yang memiliki pengalaman pelatihan akan memiliki banyak kemampuan yang dapat dikembangkan melalui kompetensi-kompetensi yang dikuasainya. Semakin banyaknya pengalaman-pengalaman dalam pelatihan, tentunya akan meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam mengajar.
- Motivasi
Motivasi sendiri merupakan dorongan yang muncul untuk dapat melakukan sesuatu tanpa sebuah paksaan. Seorang guru akan memiliki motivasi yang tinggi ketika guru tersebut memiliki keinginan yang besar untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengajar. Guru akan mencari tau metode dan model pembelajaran apa yang kini semakin berkembang dan dibutuhkan oleh peserta didik di zaman sekarang, motivasi ini akan meningkatkan semangat guru untuk dapat terus belajar dan mengembangkan potensinya. Seperti yang dijelaskan oleh narasumber,
“tentunya, kalau ditanya terkait motivasi, seorang guru tidak ingin gaptek ditengah perkembangan teknologi saat ini. Intinya motivasinya harus selalu ingin berkembang, karena peserta didik juga pastinya ingin selalu berkembang, jadi kalau bisa guru juga jangan pernah lelah untuk terus berusaha mengembangkan potensinya. Jadi motivasi untuk diri saya sendiri agar lebih mudah untuk kedepannya, sehingga saya dapat mengenalkan dunia digialisasi kepada peserta didik yang mana pembelajarannya tidak selalu monoton saja”. (Narasumber)
- Ketersediaan Sarana dan Prasarana
Ketersedian sarana dan prasana ini juga merupakan salah satu hal yang menjadi faktor utama dalam mempengaruhi kompetensi pedagogik guru untuk memanfaatkan teknologi. Infrastruktur dan sarana yang mendukung tentunya akan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang akan berlangsung. Dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, guru tentunya akan lebih mudah dalam menerapkan teknologi dalam melakukan pembelajaran. karena, sarana dan prasarana ini adalah alat yang digunakan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensinya yang nantinya dapat menciptakan inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan efisien.
- Supervisi kepala sekolah
Supervisi kepala sekolah adalah kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk memberikan pembinaan kepada guru-guru untuk dapat mengembangkan kreativitas ataupun kinerja guru dalam mengajar. Pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan teknologi tentunya akan sangat terbantu melalui supervisi yang diberikan tersebut. Karena, apabila supervisi dapa dilakukan dengan sebaik-baiknya oleh kepala sekolah, tentunya tidak akan ada lagi guru yang mengalami kesulitan dalam menggunakan teknologi dalam peroses pembelajaran yang lebih menarik. guru tentunya akan sangat terbantu dengan supervisi yang disediakan oleh kepala sekolah tersebut untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pedagogiknya.
3. Tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran
mengingat bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, apalagi di era modern yang dimana teknologi semakin berkembang, menjadikan kebutuhan seorang guru yang berkualitas menjadi sebuah harapan yang besar untuk dapat mengajarkan generasi penerus bangsa yang lebih baik.
berikut ini terdapat tantangan yang biasa dihadapi oleh guru dalam menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran:
- perubahan peran dan keterampilan
menjadi seorang guru tentunya harus mampu menerima setiap perubahan peraturan dalam pendidikan yang kapan saja bisa terjadi. Guru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan segala perubahan apapun itu dalam pendidikan. guru harus dapat beradaptasi untuk bisa menjadi seorang motivator, fasilitator, dan kolaborator yang dapat mendorong siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan yang dimilikinya. Dengan begitu, guru juga harus dapat menguasai penggunaan teknologi di era yang saat ini serba sigital untuk dapat menyesuaikan perkembangan zaman dari peserta didik.
- kesenjangan teknologi dan aksesibilitas
teknologi kini sudah menjadi kunci di era digital saat ini, namun tidak semua sekolah sudah menyediakan atau memiliki akses untuk dapat menggunakan infrastruktur dari teknologi yang dibutuhkan. Tantantangan ini lah yang banyak menimbulkan kesenjangan dapat terjadi antara guru dan peserta didik.
Seperti yang di jelaskan oleh narasumber terkait kendala atau tantangan yang dihadapi dalam memanfaatkan teknologi.
“Kalau ditanya terkait kendala atau kesulitan tentunya ada, semua pastinya ada sisi positif dan negatife nya. Yang saya rasakan kendalanya yaitu perangkat sarana yang ada di sekolah sini masih kurang memadai, misalnya hanya ada 2 proyektor, yang mana sebelum pembelajaran kita harus bertanya terlebih dahulu, apakah proyektornya ada yan mau memakai atau tidak, sehingga penggunaan teknologi ini bener-bener masih terbatas”. (Narasumber)
- perubahan kurikulum dan pembelajaran
teknologi yang semakin berkembang, tentunya meningkatkan tuntutan yang menjadi kubutuhan masyarakat untuk dapaat menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan zamannya. Dengan hal ini, guru perlu untuk terus meningkatkan dan memperbaharui pengalaman serta keterampilannya untuk dapat mengar dengan efektif dan relevan sesuai dengan zaman dan kurikulumnya.
- Kesiapan dan keterampilan guru
Tentunya tidak semua guru sudah memiliki latar belakang keterampilan ataupun pelatihan-pelatihan dalam menggunakan teknologi yang cukup. Saat ini, masih banyak guru yang mengalami kesulitan karena belum memiliki atau menguasai keterampilan dalam menggunakan teknologi khususnya dalam pembelajaran. hal ini banyak disebabkan oleh kurangnya pelatihan dan juga fasilitas yang memadai yang didapatkan.
3. Upaya atau solusi yang dapat dilakukan dari kendala yang dihadapi
Melihat kesiapan guru dalam menghadapu perkembangan teknologi ini diharapkan dapat diiringi oleh solusi yang dapat diberikan untuk menangai permasalaha tersebut. Hal utama yang perlu disiapkan untuk dapat menghadapi segala kendala yang dialami yaitu dengan mempersiapkan sumber dayaa yang lebih respontiv terhadap perkembangan yang terjadi. Dengan demikian. Solusi yang dapat diberikan dari kendala yang dihadapi yaitu salah satunya dengan mempersiapkan guru dalam memanfaatkan teknologi dengan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam menggunakan peralaran teknologi saat ini. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan dalam menggunakan teknologi untuk dapaat digunakan dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan agar dapat meningkatkan semangat peserta didik untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Pemahaman penggunaan teknologi juga perlu didapatkan, agar dapat memberikan hasil belajar yang positif.
Berikut ini terdapat solusi yang diberikan untuk dapat mengatasi kendala yang terjadi:
- Menyediakan pelatihan dan workshop kepada guru.
Mengikuti pelatihan-pelatihan ataupun workshop ini tentunya sangatlah penting bagi seorang guru tentunya pelatihan yang berfokus pada penggunaan teknologi dalam pembelajaran. pelatihan dan workshop ini dapat diberikan kepada guru yang masih mengalami kesulitan dalam menggunakaan atau memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. di sini peran kepala sekolah dalam menyediakan pelatihan sangatlah penting untuk dapat menumbuhkan pendidik yang lebih professional. Pelatihan dan workshop ini dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru terkait penggunaan alat ataupun aplikasi yang lebih relevan di zaman sekarang.
- Melakukan kolaborasi dengan pendidik lainnya.
Kolaborasi ini tentunya sangatlah menguntungkan bagi seorang guru. Membangun jaringan dengan guru lain dapat membantu dalam mendapatkan pengalaman dan praktik pembelajaran yang baru yang tentunya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
- Mendapatkan dukungana dari pihak sekolah
Salah satu hal yang penting untuk dapat mengatasis kendala yang dialami oleh guru dalam memanfaatkan teknologi yaitu dengan mendapatkan duungan dari pihak sekolah itu sendiri. Sekolah tentunya harus mampu menyediakan segala aspek dalam bentuk fasilitas, sumber daya, dan kebijakan yang tentunya dapat mendukung proses pelatihan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.
Seperti yang dijelaskan oleh narasumber, bahwasannya salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu sekolah dapat mengakan pelatihan-pelatihan yang dapaat membanatu guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran.
“jikalau menurut saya, solusi yang dapat diberikanyang pertama tentunya dari pihak sekolah, yang harus menyediakan pelatihan kepada guru yang membutuhkan. Karena pelatihan-pelatihan tersebut sangat dibutuhkan oleh guru-guru yang sekarang masih mengalamau kesuslitan dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran”. (Narasumber)
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi saat ini tentunya sangatlah memberikan pengaruh dalam dunia pendidikan. sebagai seorang pendidik tentunya harus dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi kapanpun itu. Kompetensi pedagogik guru sendiri sangatlah berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Segala perkembangan zaman harus dapat dikuasi oleh guru melalui kompetensi pedagogik tersebut. Hal itu karena kompetensi pedagogiklah yang berperan dalam menyiapkan segala rancangan pembelajaran, kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang di dalamnya meliputi pemahaman mendalam mengenai wawasan atau landasan kependididkan, kemampuan dalam memahami peserta didik, melakukan perancangan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermanfaat, memmpu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran serta dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, guru harus mampu menggunakan teknologi untuk dapat menyesuaikan proses pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik saat ini.
B. Saran
Penulis tentunya masih menyadari jika makalah diatas masih banyak kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Penulis akan memperbaiki makalah tersebut dengan berpedoman pada banyak sumber serta kritik yang membangun dari pada pembaca
DAFTAR PUSTAKA
Nurillahwaty, Eka. "Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan." Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Vol. 1. 2022.
Rudini, Moh, and Ady Saputra. "Kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis tik masa pandemi covid-19." Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8.2 (2022): 841-852.
Lawotan, Yohanes Ehe. "Implementasi manajemen berbasis sekolah (mbs) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere." Jurnal Pendidikan 7.2 (2019): 10-20.
Purnasari, Pebria Dheni, and Yosua Damas Sadewo. "Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetesnsi pedagogik." Publikasi Pendidikan 10.3 (2020): 189-196.
Putra, Aditya Ebyatiswara, et al. "Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru." Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.1 (2023): 201-211.
Sulistyarini, Winda, and Siti Fatonah. "Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning." Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) 2.1 (2022): 42-72.
Nurmayuli, Nurmayuli. "Faktor-faktor yang mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru." Al Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama 5.1 (2020): 77-104.
Aspi, Muhammad, and Syahrani Syahrani. "Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan." Adiba: Journal of Education 2.1 (2022): 64-73.
Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154-167.
Firdaus, M.Pd
Dosen PGSD UNTIRTA
Wanda Aprilia Ningrum
Mahasiswi PGSD UNTIRTA
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI