Mohon tunggu...
WANDA AGILAH
WANDA AGILAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magang di Arta Media

Saya adalah mahasiswa UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto yang sedang magang di Penerbit Buku Arta Media

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meraih Pembaca Baru : Arta Media Gaet Generasi Z Lewat Platform Digital

9 Januari 2025   11:13 Diperbarui: 9 Januari 2025   11:13 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Akun Instagram Arta Media (Sumber : Akun Instagram Arta Media @penerbitartamedia)

Purwokerto -- Dalam upaya memperluas jangkauan pembaca, Arta Media, salah satu penerbit buku di Indonesia, meluncurkan inisiatif digital inovatif yang dirancang khusus untuk menarik minat Generasi Z. Langkah ini sejalan dengan perubahan pola konsumsi media yang kini didominasi oleh penggunaan perangkat seluler dan platform digital (09/01/2025). 

Menurut data terbaru dari Asosiasi Media Digital Indonesia, Generasi Z menghabiskan rata-rata 8 jam sehari di platform digital. Melihat potensi ini, Arta Media menghadirkan konten yang dikemas secara kreatif dan relevan melalui berbagai saluran, seperti tiktok, instagram dan platform digital lainnya.  "Kami memahami bahwa Generasi Z memiliki cara konsumsi informasi yang berbeda. Mereka menginginkan konten yang cepat, interaktif, dan autentik. Oleh karena itu, kami menyesuaikan strategi kami untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujar Zidan Abid Maulana Direktur Operasional Arta Media dalam sebuah wawancara. 

Arta Media juga menggandeng sejumlah kreator konten untuk menciptakan kampanye interaktif di platform media sosial seperti TikTok dan Instagram. Langkah ini mendapat sambutan positif dari khalayak luas dimana pendekatan Arta Media menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku Generasi Z. "Arta tidak hanya beradaptasi dengan teknologi, tetapi juga berusaha menjadi bagian dari ekosistem digital yang digemari oleh generasi muda. Ini adalah strategi yang cerdas," tambahnya. 

Sebagai bagian dari strategi ini, Arta Media juga berkomitmen untuk mengedepankan isu-isu yang relevan bagi Generasi Z, seperti keberlanjutan lingkungan, inklusivitas, dan perkembangan teknologi. Konten-konten ini dirancang untuk tidak hanya informatif, tetapi juga mendorong diskusi yang konstruktif di kalangan pembaca muda. 

Dengan langkah ini, Arta Media berharap dapat tidak hanya mempertahankan relevansi di era digital, tetapi juga menjadi pionir dalam menyajikan konten yang berdampak bagi masyarakat. "Kami ingin menjadi suara yang berarti bagi Generasi Z, sekaligus menginspirasi mereka untuk ikut berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik," tutup Zidan. 

Inisiatif ini menunjukkan bagaimana industri media di Indonesia terus bertransformasi untuk menjawab tantangan zaman. Dengan strategi yang tepat, Arta Media optimis dapat meraih pembaca baru dan memperkuat posisinya sebagai salah satu penerbit buku di Indonesia (wa).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun