Mohon tunggu...
Wanda OktavianiPutri
Wanda OktavianiPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi

Bahagia adalah milik mereka yang bangga menjadi dirinya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Seberapa Penting Sih Pendidikan Multikultural di Indonesia

8 Juni 2022   16:32 Diperbarui: 8 Juni 2022   16:40 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan multikultural ini bisa di definisikan sebagai pendidikan yang berlandaskan dengan asas asas dan juga prinsip multikulturalisme yaitu suatu konsep keberagaman yang juga mengakui, menerimanya dan juga menegaskan dengan berdasarkan nilan nilai serta suatu paham demokratis yang bisa membangun plualisme budaya dengan usaha yang memerangi suatu prasangka dan juga diskriminasi. Adapun tujuan pendidikan multikultural ialah agar bisa untuk memfasilitasi pengalaman dalam belajar yang bisa memungkinkan peserta didik dalam mencapai suatu potensi yang sangat maksimal sebagai seorang pelajar dan juga sebagai seorang pribadi yang aktif serta mempunyai kepekaan sosial yang tinggi di dalam tingkatan lokal, nasional dan juga global sehingga bisa mewujudkan suatu bangsa yang kuat, maju, makmur dan juga sejahtera tanpa adanya perbedaan ras, etnis dan juga budaya. 

Adapun penerapan dalam pendidikan multikultural dapat di implementasikan dengan berbagai macam cara yaitu

Adanya multikultural di dalam kurikulum 

Maksudnya ialah harus adanya pengenalan kultur taupun budaya yang mana hal ini merupakan langkah utama yang sangat diperlukan untuk bisa dilakukan ketika hendak mengajarkan nilai nilai multikultural kepada peserta didik. Oleh sebab itu pengenalan kultur ini juga merupakan suatu faktor yang sangat integral kurikulum di dalam bidang pendidikan tersebut. 

Adanya penenman nilai nilai multikultural di dalam setiap pembelajaran

Maksudnya penanaman nilai multikultural ini dapat dilakukan di dalam proses pembelajaran di kelas. Dalam nilai multikultural ini juga lebih menjuru ke aspek afeksi peserta didik. Nilai multikultural yang dimaksudkan ini ialah bisa meliputi pada indentitas seseorang, adanya kesetaraan, obyektivitas, memahami setiap perbedaan, adanya toleransi dan juga empati di dalam diri seseorang. Sehingga dengan begini suasana di dalam kelas tersebut haruslah dapat dikondisikan dengan sedemikian rupa denga tujuan agar bisa mengedepankan nilai nilai multikultural di dalam proses pembelajaran dan tidak mengabaikan hak individu yang ada di dalam diri seseorang. 

Adanya budaya multikultural di dalam sekolah

Maksudnya ialah harus adanya pemahaman di dalam diri peserta didik mengenai keragaman budaya ialah suatu hal yang sangat penting untuk dapat diajarkan di dalam lembaga pendidikan, sehinggan dengan begitu bisa menciptakan generasi muda yang diharapkan bisa memahami konsep multikultural dengan baik. Namun pada impementasinya seseorang yang memang benar benar memahami konsep multikultural ini ternyata belum tentu ia bisa menerapkan multikultural ini dengan sebaik baiknya. 

Adanya kegiatan penunjang dalam pendidikan multikultural 

Maksudnya adanya berbagai perspektif multikultural yang bisa digunakan sebagai mengenalkan berbagai ragam perbedaan perbedaan kepada peserta didik. Dalam hal contoh ialah adanya perspektif agama-agama, adanya perspektif Negara, adanya perspektif suku bangsa, dan juga adanya perspektif kumunitas sosial tertentu. Selain dari adanya kegiatan penunjang di dalam sekolah, ada juga lembaga lembaga dalam pendidikan yang juga bisa menyelenggarakan adanya kunjungan ke tempat yang bisa juga mendukung terwujudnya di dalam pendidikan multikultural ini. Dalam hal contoh kegiatan penunjang dalam pendidikan multikultural yaitu seperti mengunjungi museum, kunjungan ke rumah ibadah agama lain, kunjungan ke perkampungan komunitas lain dan juga kunjungan ke dalam sekolah lain yang siswanya mayoritas etnis tertentu. 

Jadi dari penjelasan di atas dapat kita tarik kesimpulan ternyata pendidikan multikultural ini sangatlah penting untuk di terapkan dalam lembaga pendidikan (sekolah). Karena pada dasarnya pendidikan multikultural ini merupakan strategi dalam pendidikan yang bisa diaplikasikan pada setiap jenis mata pelajaran di dalam sekolah dengan menggunakan adanya perbedaan perbedaan budanya yang terdapat dalam setiap peserta didik dalam hal contoh adanya perbedaan etnis, ras, gender dan lain sebagainya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun