Mohon tunggu...
Wamin Apriansyah
Wamin Apriansyah Mohon Tunggu... Penulis - Hadapi, Hayati Nikmati

Spesialist Copywritting and Sosial Media, Digital Marketing,

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Strategi Sosial Media Campaign untuk Kampanye Politik

19 Juli 2024   15:22 Diperbarui: 19 Juli 2024   15:24 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seiring perkembangan zaman, pada era digital. sosial media kerap menjadi media kampanye para politisi, menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah pada november 2024.

Kampanye media sosial adalah serangkaian strategi, taktik, aktivitas yang dilakuka oleh kandidat bakal calon yang akan bertarung merebut kekuasaan kepala daerah. Penggunaan media sosial tidak bisa dihindarkan  melihat pengguna sosial media di indonesia terus meningkat.

Pada pemilu 2024 kemarin milenial dan Generasi Z ( Gen Z) menguasai 40% sampai 50% daftar pemilih. karakteristik yang mencolok pada gen z adalah menguasai berbagai teknologi dan informasi. 

Kita dapat belajar dari pilpres 2024 Pasangan prabowo - gibran  mempromosikan "Gemoy" melauli  media sosial seperti tiktok dan twitter berhasil menarik perhatian pemilih, dan mendapatkan suara tertinggi

Pilpres 2024 bisa dijadikan sebagai contoh untuk para kandidat yang akan bertarung di PILKADA. penggunaan sosial media bukan hanya sebagai media kampanye. Perubahan paradigma yang terajadi dimasyarakat informasi bisa didapat darimana saja bukan hanya dari media berita, namun sosial media  seperti tiktok, facebook, dan twitter dapat di konsumsi sebagai informasi.

Media sosial salah satu alat utama kampanye untuk mencapai pemilih potensial. peran yang dapat dimainkan sebagai berikut.

1. Menciptkan Kesadaran ; Penggunan media sosial sebelum masa kampanye juga perlu, untuk membangun kedekatan dan kesadaran, dengan memberikan informasi dan pandangan yang adapat menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat.

2. Interaksi dengan Masyarakat ; Fitur live yang ada di tiktok, Facebook, atau instagram jika digunakan oleh para calon dapat membangun interaksi secara langsung, merespon tanggapan, komentar, kritik dan saran dengan cepat.

3. Penyebaran Informasi : Konsumsi informasi tidak hanya didapat dari media berita, media sosial dapat menyebarkan informasi dengan cepat dan efektif.

Untuk membuat social media campaign yang sukses, penting untuk menentukan campaign goals, target audience, dan Key Performance Indicators (KPI) yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun