Mohon tunggu...
Wahyu Yuwono
Wahyu Yuwono Mohon Tunggu... -

Suka menulis, semenjak suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tips Stand Up Comedy

22 April 2014   08:08 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:21 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo semuanya..

Gua udah jarang banget ngebahas tentang Stand Up Comedy. Padahal gua dulu pengennya ini blog berisikan tentang edukasi untuk pemula yang sedang mendalami Stand Up Comedy. Gua juga pemula dalam dunia SUC ini. Gua juga belum nampil di tv, di radio, ataupun acara yang menghasilkan uang. Gua baru nyobain open mic 3x, dan acara lainnya 3 kali. Jadi baru 6x gua perform suc.

Materi postingan kali ini udah gua siapin selama 3 bulan, tapi karena setiap bulan temanya berbeda, gua jadi ngelupain coretan ini. Nah, karena sekarang waktunya tepat, gua lagi gak ada ide ngomongin percintaan, ya gua omongin tentang SUC aja. Statistik menunjukkan, orang banyak nyasar ke blog gua karena keyword "Materi stand up comedy", dan gua ada di page one google dengan keyword tersebut. Page one ya, bukan urutan pertama.

Oke, langsung masuk ke bahasan utama. Gua akan ngasi tips yang udah banyak sebenarnya di tuliskan di blog lain, tapi gua gak copas kok. Ini asli opini gua aja.

1.Kumpulkan Materi

Sepertinya mudah kan, tapi sebenarnya ini tantangan pertama loh. Materi kalo mau ngena banget ya harus ditulis sendiri. Memang sih, wajar aja lu make materi orang waktu pertama open mic. Misalnya make materinya komika favorit lu. Itu wajar, karena lu masih belum pede, kalo materi yang lu tulis bakalan lucu. Tapi gak bisa selamanya lu make materi orang, gua sendiri make materi beberapa komika favorit gua (Jui Purwoto, Muhadkly Acho) tapi setelah itu gua berusaha untuk ngumpulin materi asli gua. Pas gua perform, mereka tetap ada yang ketawa kok.

Nyusun materi gak bisa sembarangan. Karena lu bakalan sendirian ngomong dipanggung, entar kalo sembarangan nyusun materi, bisa seperti lu nya curhat dipanggung. Di materi yang lu tulis, setidaknya harus ada premis sama punchline. Premis itu bagian pengantar yang biasanya gak lucu, dan punchline itulah yang lucu, yang akan buat orang tertawa.

Sesederhana itu kok. Sederhana tapi bukan Rumah Makan.

2.Kuasai Materi

Nah, proses selanjutnya setelah lu ngumpulin materi adalah menguasai materi. Lu harus ngapalin materi yang lu tulis, latihan didepan kaca, di kamar mandi, kalo memang lu pengen ngedenger reaksi orang, ajak orang terdekat lu, untuk dengerin materi lu. Suruh mereka komen gimana penampilan lu. Tapi jangan bawa orang yang gak ngerti SUC ya. Bisa susah. bisa bisa dia cuman ngomong "Hmm.. Oh.. Ha". Ya, dia kebingungan lu lagi ngapain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun