Pada tahun 1990an, deregulasi dan liberalisasi sektor komunikasi internasional disejajarkan dalam industri media, sehingga terdapat pasar global untuk produk media. Penggunaan terakhir dari satelit komersial, menunjukkan bahwa penerapan infrastruktur komunikasi internasional yang terbesar yaitu untuk pengiriman produk media - informasi, berita dan hiburan. Pada saat ini penting bagi konglomerat media untuk merencanakan strategi mereka dalam konteks global, dengan tujuan akhir pertumbuhan yang menguntungkan melalui eksploitasi ekonomi lingkup dan skala (OECD, 1992:52).
KonvergensiÂ
Sebelum globalisasi, sebagian besar perusahaan media memiliki bidang bisnis yang berbeda-beda. Misalnya Disney, yang berkaitan dengan film kartun dan operasi taman hiburan, pada awalnya dikenal terutama sebagai bisnis penerbitan; Viacom adalah sindikasi TV dan kabel, dan News Corporation adalah kelompok yang memiliki jaringan surat kabar di Australia. Dengan privatisasi penyiaran di seluruh dunia, ditambah dengan metode baru penyampaian konten media dan komunikasi yaitu, satelit, kabel, dan internet, maka perbedaan antara industri-industri ini dibubarkan dan sekarang menghasilkan produk-produk perusahaan yang sama.
Sebagian besar pendapatan perusahaan media terkemuka di dunia berasal dari televisi. Sebagian besar output hiburan dunia ditransmisikan melalui televisi, yang semakin menjadi global dalam operasinya, teknologi, dan khalayak (Smith, 1998). Faktor yang paling signifikan salah satunya adalah pertumbuhan televisi satelit, yang melintasi batas-batas nasional dan linguistik, sehingga menciptakan khalayak internasional baru. Menurut Screen Digest, pada tahun 1998 lebih dari 2600 saluran televisi beroperasi di dunia, yang sebagian besar merupakan saluran swasta.Â
Ekspansi global televisi dan media tidak akan terjadi tanpa dukungan pengiklan, yang penting bagi budaya penyiaran komersial. Mengingat pentingnya sejarah beriklan di radio dan televisi komersial domestik Amerika. Dimana Amerika merupakan pasar periklanan terbesar di dunia, tiga kali lebih besar daripada saingan terdekatnya, Jepang dalam hal pembelanjaan untuk iklan. Meskipun iklan cetak masih memimpin untuk media periklanan, televisi juga tetap menjadi salah satu media periklanan yang tumbuh paling cepat, terutama secara internasional, dengan menjamurnya saluran televisi di seluruh dunia.
Jaringan berita dan informasi global
Dalam berita internasional, organisasi media yang berbasis di Amerika atau Inggris memproduksi dan mendistribusikan banyak berita dunia dan keluaran urusan saat ini. Dari kantor berita internasional hingga surat kabar dan stasiun radio global, mulai dari penyedia berita televisi hingga saluran berita dan dokumenter 24-jam, kehadiran Amerika dan Inggris tampak luar biasa.
1. Kantor berita
Sebagai kolektor dan distributor berita ke surat kabar, majalah dan lembaga penyiaran secara global, kantor berita memainkan peran sentral dalam menetapkan agenda berita internasional. Meskipun secara tradisional, kantor berita menjual laporan berita dan foto-foto, hari ini mereka telah melakukan diversifikasi operasi mereka, misalnya, dengan menawarkan umpan berita video untuk penyiar dan informasi dan basis data keuangan. Sebagian besar negara di dunia memiliki kantor berita nasional dalam banyak kasus milik negara atau monopoli pemerintah.
2. Associated Press
Dalam hal output berita secara keseluruhan, Associated Press adalah organisasi pengumpulan berita terbesar di dunia, melayani lebih dari 15.000 organisasi berita di seluruh dunia dengan berita, foto, grafik, audio dan video, mengklaim bahwa 'lebih dari satu miliar orang setiap hari membaca, dengar atau lihat berita AP'. AP beroperasi sebagai koperasi nirlaba dengan organisasi anggota yang berlangganan, memasok berita, foto, grafik, audio dan video ke khalayak internasional