Karya Inovasi : Alat Permainan Edukatif ( APE ) “ Kotak Ajaib “
Kegiatan bermain kaitannya erat sekali dengan dunia anak – anak karena bermain bagi anak – anak adalah yang menyenangkan. Selain itu, bermain bagi anak – anak memberikan banyak manfaat dan menambah pengalaman baru bagi anak. Menurut, Tadkiroatun ( 2015 ) menyatakan bahwa kegiatan pengembangan seperti bermain yang dilakukan dilembaga PAUD berfungsi untuk membantu merangsang seluruh aspek perkembangan anak baik fisik maupun mental yang meliputi perkembangan kognitif, bahasa, seni, fisik motorik, moral dan nilai – nilai agama serta perkembangan emosi dan sosial. Kegiatan bermain ini seyogyanya dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak membebani anak baik secara fisik maupun mental.
Berdasarkan uraian di atas, penulis termotivasi untuk membuat kegiatan main dengan menggunakan alat permainan edukatif. Alat permainan edukatif merupakan suatu alat atau benda yang dapat dijadikan sarana bermain bagi anak usia dini. Selain sebagai sarana bermaian, alat permainan edukatif juga mampu membantu menstimulasi perkembangan anak seperti pada aspek nilai agama moral, sosial emosial, bahasa, kognitif, fisik motorik halus , fisik motoric kasar serta pada perkembangan seni.
APE yang digunakan untuk kegiatan main tidak harus bagus dan mahal, hasil buatan sendiri ataupun alat permaianan trasidional juga dapat digunakan sebagai APE. Namun APE yang dibuat sendiri haruse memiliki standart keamanan bagi anak – anak seperti bahan yang digunakan pembuatan APE berbahaya atau tidak bagi anak. Selain itu, APE yang dibuat harus menarik dari segi tampilan ataupun warna yang digunakan agar dapat diterima oleh semua anak.
Oleh karena itu, penulis membuat alat permaian edukatif yakni “ Kotak Ajaib”. “ Kotak Ajaib “ ini dibuat oleh penulis untuk dapat digunakan sarana bermain bagi anak – anak TK DWP Sumberwaru.
Adapun tujuan dari pembuatan APE ini adalah bagi anak secara keseluruhan sebagai sarana alat bermain dan membantu menstimulasi perkembangan nilai agama moral, sosial emosial, bahasa, kognitif, fisik motorik halus , fisik motoric kasar serta pada perkembangan seni. Tujuan pembuatan APE bagi guru yakni mampu menstimulasi guru untuk berinovasi membuat kreasi APE yang menarik dan bermanfaat bagi anak didik khususnya TK DWP Sumberwaru dan masyarakat luas pada umumnya.
Menurut Suryadi (2007), bahwa manfaat mainan edukatif sebagai berikut:
1. Melatih kemampuan motorik
Stimulasi untuk motorik halus diperoleh saat menjumput mainan, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya, sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerakkan mainannya, melempar, mengangkat dan sebagainya