Wahyu Oktody
NIM 200131601697
Asistensi Mengajar (AM) di berbagai satuan pendidikan adalah kegiatan belajar yang melibatkan kolaborasi antara mahasiswa dengan guru, tutor, fasilitator, atau orang tua di dalam sistem pendidikan yang terdiri dari pendidikan formal, nonformal, dan informal. Pelaksanaan kegiatan AM ini dilakukan pada berbagai satuan pendidikan diseluruh jenjang mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK).Â
Selain itu kegiatan ini dapat dilaksanakan dalam pendidikan non formal seperti  Lembaga Kursus dan Pelatihan, Sanggar Kegiatan Belajar, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, dan lain sebagainya. Kegiatan AM ini terkadang juga dilaksanakan dalam pendidikan informal meliputi aktivitas pendidikan di Keluarga, POS PAUD, Pos Pelayanan Terpadu, dan berbagai Kelompok Hobby/Minat di masyarakat.
Pada kesempatan kali ini praktikkan berkesepatan untuk mengikuti program Asistensi Mengajar yang diselenggarakan pada satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD). Praktikkan mengikuti program AM dengan fokus pada bidang administrasi/manajemen penddikan dan supervisi pendidikan. Pelaksanaan kegiatan Asistensi Mengajar di SDN 03 Asrikaton yang berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini dilakukan selama satu semester.Â
Program yang dilakukan mengacu pada suplemen Asistensi Mengajar Administrasi Pendidikan yang terdiri dari kegiatan akademik, non akademik, administrasi, dan publikasi. Praktikkan dalam pembuatan program kerja tersebut melewati tahap perencanaan terlebih dahulu dengan kelompok kemudian dilanjutkan dengan konsultasi dengan dosen pembimbing.Â
Setelah program kerja tersebut disetujui oleh dosen pembimbing, maka selanjutnya dilakukan forum grup discussion di sekolah dengan guru pamong dan koordinator asistensi mengajar. Praktikkan juga membuat jadwal rancangan program kerja agar program yang dilaksanakan sesuai dengan waktu yang direncanakan sebelumnya. Bidang garapan Asistensi Mengajar selama satu semester meliputi: (1) Akademik dan Supervisi (Pembelajaran Berbasis Teknologi), (2) Non Akademik, (3) Administrasi Sekolah, (4) Bidang Lainnya.
Pada bidang akademik dan kepemimpinan tersebut praktikkan menjalankan program piket, pembinaan disiplin peserta didik serta pengoptimalan pada Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan menjalankan program sekolah yang sudah berjalan yaitu pojok literasi. Pada bidang supervisi praktikkan merancang dan membuat pedoman supervisi sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan supervisi yang ada di sekolah
Pada Bidang non akademik praktikkan melakukan pembaruan pada labelling buku baik diperpustakaan maupun dipojok baca ditiap kelas, melakukan pengelolaan serta perawatan segala sarana dan prasarana yang ada didalam UKS tersebut, pendampingan pada latihan drumband khususnya ketika terdapat acara yang melibatkan ekstrakurikuler drumband didalamnya.
Pada bidang Administrasi Sekolah praktikkan menjalankan beberapa program kerja dibeberapa bidang cakupan yang meliputi: melakukan pemasangan label yang telah dibuat sesuai dengan desain yang sebelumnya sudah di setujui oleh sekolah, Â melakukan digitalisasi data pegawai.Â