Mohon tunggu...
Yovanggie Cahyono
Yovanggie Cahyono Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Manajemen

Mahasiswa Manajemen yang sedang melaksanakan KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Media Branding Lebih Efektif

19 Agustus 2023   01:45 Diperbarui: 19 Agustus 2023   20:26 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ngadipiro, Wonogiri (28 Juli 2023) - Desa Ngadipiro merupakan salah satu desa di kecamatan Nguntoronadi dengan potensi yang sangat besar dari sektor pertanian. Industri tahu menjadi salah satu industri yang menjadi maskot utama dari Desa Ngadipiro. Banyaknya produsen tahu di Desa Ngadipiro menyebabkan tidak adanya identitas yang membedakan antara produsen tahu satu dengan produsen tahu lainnya, sehingga diperlukan adanya upaya branding untuk meningkatkan dapat penjualan sekaligus menunjukkan value antar produsen tahu.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (Yovanggie Cahyono- Fakultas Ekonomi dan Bisnis) memberikan pelatihan pembuatan banner sebagai sarana untuk meningkatkan branding dan penjualan. Visualisasi berperan penting dalam menarik perhatian konsumen. Masyarakat cenderung lebih responsif terhadap informasi yang disajikan dengan cara yang menarik dan menggugah minat. Inilah mengapa pembuatan banner berkualitas tinggi sangat penting bagi UMKM. Melalui program pembuatan banner, UMKM dapat menciptakan visual yang sesuai dengan identitas merek mereka, menampilkan produk atau layanan yang mereka tawarkan secara menarik, serta menyampaikan pesan yang jelas kepada konsumen.

Selain itu, banner yang dirancang dengan baik juga dapat membantu membangun citra positif bagi UMKM. Ketika konsumen melihat banner yang profesional dan menarik, mereka cenderung memiliki pandangan yang lebih baik terhadap bisnis tersebut. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan, serta membantu membangun loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

Dalam mengadopsi program ini, UMKM perlu memastikan bahwa banner yang dibuat mencerminkan nilai-nilai dan identitas merek mereka. Banner harus konsisten dengan desain logo dan gaya visual yang telah ditetapkan. Selain itu, pesan yang disampaikan melalui banner harus jelas, singkat, dan mengundang konsumen untuk berinteraksi lebih lanjut.

Secara keseluruhan, program pembuatan banner untuk UMKM adalah langkah cerdas dalam memperkuat branding dan meningkatkan penjualan. Dalam era di mana visual memiliki dampak besar, banner yang dirancang dengan baik dapat menjadi alat yang kuat dalam menarik perhatian konsumen, membangun citra positif, dan menciptakan ikatan yang lebih dalam dengan pelanggan. Dengan kolaborasi antara UMKM dan profesional desain grafis, program ini dapat membawa manfaat yang signifikan bagi perkembangan bisnis kecil dan menengah.

Melalui program ini diharapkan pengusaha tahu dalam jangka panjang dapat berperan sebagai investasi dan desain yang baik dapat menghasilkan imbal hasil yang signifikan dalam bentuk peningkatan penjualan dan eksposur merek. 

#kknTIMIIperiode2023 #p2kknundip #lppmundip #undip

Penulis : Yovanggie Cahyino (Fakultas Ekonomi dan Bisnis- Manajemen)

Dosen Pembimbing : 

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun