TUJUAN KHUSUS
CGP dapat mempraktikkan proses pengambilan keputusan dengan paradigma, prinsip, langkah dan pengujian dalam pengambilan keputusan di sekolah.
PELAJARAN YANG SUDAH SAYA PELAJARI DI MODUL 3.1Â
Kita sebagai guru sering di hadapkan situasi yang menuntut kita mengambil keputusan secara tepat dan cepat. Dalam mengambil keputusan harus berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal, berpihak pada murid dan dapat dipertanggungjawabkan meskipun keputusan tersebut sangat dilematis. Dalam pengambilan suatu keputusan terkadang terjadi pro dan kontra, sering kali bersinggungan dengan prinsip-prinsip etika. Prinsip-prinsip etika sendiri berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati dan disetujui bersama, lepas dari latar belakang sosial, bahasa, suku bangsa, maupun agama seseorang.
Dilema etika merupakan dua keputusan yang sama - sama benar sedangkan Bujukan moral adalah dua keputusan dimana salah satunya adalah keputusan yang salah. Disini tampak jelas bahwa dilema etika adalah keputusan benar lawan benar, sedangkan bujukan moral keputusan benar lawan salah.
Paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika yang bisa dikategorikan menjadi 4 yaitu :Â
1. Individu lawan kelompok (individual vs community)
2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)
Ada 3 prinsip yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan yaitu :Â
- Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking)
- Berpikir berbasis peraturan (Rule-Based Thinking)
- Berpikir Rasa Peduli (Care-Based Thinking)